cover
Contact Name
FAHIMATUL ULYA
Contact Email
p3h@unupasuruan.ac.id
Phone
+6282131150455
Journal Mail Official
fahim.ulya@gmail.com
Editorial Address
jl Imam Bonjol No 99 Rt 03 Rw 03 Bugul lor Panggungrejo
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Ekliptika: Jurnal Inovasi Teknologi Berkelanjutan
ISSN : 27215105     EISSN : 28096371     DOI : https://doi.org/10.55757/ekliptika
Jurnal Ekliptika: Inovasi Teknologi Berkelanjutan merupakan publikasi ilmiah peer-reviewed yang berfokus pada kemajuan dan penerapan teknologi berkelanjutan dalam berbagai sektor industri dan pertanian. Nama "Ekliptika" melambangkan jalur interdisipliner yang menghubungkan berbagai bidang keilmuan dalam menciptakan solusi teknologi yang harmonis dengan lingkungan, ekonomi, dan kesejahteraan sosial. Jurnal ini menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, praktisi industri, dan pemangku kepentingan untuk berbagi hasil penelitian, pengembangan teknologi inovatif, serta implementasi praktis dari prinsip-prinsip keberlanjutan dalam konteks teknik industri dan sains terapan. Publikasi ini mencakup berbagai topik dalam teknologi hijau, efisiensi energi, manufaktur ramah lingkungan, dan pengembangan produk berkelanjutan dengan pendekatan analitis dan empiris. Scope: Teknologi hijau, efisiensi energi, manufaktur ramah lingkungan, dan pengembangan produk berkelanjutan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): July 2020" : 5 Documents clear
PEMAKAIAN AC SISTEM SENTRAL VRV (VARIABLE REFRIGERANT VOLUME) DIBANDINGKAN AC SISTEM SPLIT UNTUK GEDUNG PERKANTORAN Anwar, Syaiful; Laksono, Teguh
Ekliptika : Jurnal Inovasi Teknologi Berkelanjutan Vol. 1 No. 1 (2020): July 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55757/ekliptika.v1i1.203

Abstract

Kajian ini terfokus pada pemakaian AC sistem sentral VRV (Variable Refrigerant Volume) dibandingkan ac sistem split untuk gedung perkantoran. Desain penelitian menggunakan BTU/hours, prinsip dan perhitungan beban kalor ruangan, perhitungan kebutuhan AC. Hasil kajian ditemukan titik optimum pemakaian unit AC VRV dan AC Split Wall pada pemakaian lebih dari 10 unit AC (lebih dari 80.000 btu/h) maka akan jauh lebih efisien menggunakan AC VRV dalam penggunaan energy (daya listrik). Begitu pula dengan nilai COP dari AC sistem Split Wall dan AC VRV juga memiliki perbedaan yang cukup banyak untuk perhitungan gedung 11 lantai yaitu AC Split Wall sebesar 2.785 kw sedangkan nilai COP dari VRV adalah 4.413 kw.
KAPASITAS MESIN CRUSHER DENGAN MOTOR 0.5 HP BERDASARKAN BLADE PADA BEBERAPA PUTARAN TERTENTU Soemardiono, Soemardiono; Khalim, Abdul
Ekliptika : Jurnal Inovasi Teknologi Berkelanjutan Vol. 1 No. 1 (2020): July 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55757/ekliptika.v1i1.204

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kapasitas mesin crusher dengan motor 0.5 hp berdasarkan blade pada beberapa putaran tertentu. Pada penelitian ini dilakukan analisa pengaruh putaran dan diameter blade pada kapasitas mesin Crusher untuk mendapatkan hasil yang optimal, diantara dua putaran mesin yaitu putaran 46 rpm dan putaran 700 rpm dengan blade yang sama, untuk parameter yang kita gunakan adalah parameter pemotongan pada mesin frais. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pada putaran 46 rpm memiliki cutting speed lebih rendah tetapi menghasilkan tatal yang baik dengan material uji kaleng alumunium dengan getaran mesin pelan. Pada putaran 700 rpm cutting speed tinggi hasil tatal kurang baik dengan material uji kertas HVS getaran mesin sangat tinggi.
PENGARUH ZAT ADITIF ECO RACING TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG BAHAN BAKAR PREMIUM PADA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA REVO INJEKSI 110 CC 2014 Setiawan, Deny; Zubaidi, Achma
Ekliptika : Jurnal Inovasi Teknologi Berkelanjutan Vol. 1 No. 1 (2020): July 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55757/ekliptika.v1i1.205

Abstract

Teknologi otomotif di Indonesia semakin berkembang, mengikuti kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki mobilitas tinggi dalam sarana transportasi. Dampak dari perkembangan tersebut kebutuhan bahan bakar juga semangkin meningkat jumlah pemakaiannya. Zat aditif digunakan untuk memberikan peningkatan sifat dasar dan nilai angka oktan tinggi yang dapat meningkatkan kinerja mesin. Pada pengujian ini dilakukan dengan campuran premium dan pil eco racing serta pengujian tanpa pil eco racing. Uji coba dilakukan dengan menggunakan motor Honda Revo Injeksi 110 cc, test uji dilakukan dengan metode campuran dengan menenpuh jarak antar satu kota ke kota lain, sedangkan pengujian emisi dilakukan menggunakan alat gas analyzer . Hasil kajian ini menunjukkan bahwa eco racing terbukti mampu meningkatkan kinerja mesin motor, menghemat bahan bakar dan mengoptimalkan pembakaran, sehingga pembakaran di ruang mesin terjadi dengan sangat baik dan menghilangkan sisa emisi gas buang hingga 99%.
PROGRAM CONTOUR RAMP DAN POCKET STANDART PADA PROSES PEMBUATAN PRODUK BOTTOM CARRIER MENGGUNAKAN MESIN CNC MILLING RETROFIT PU 3A Sholeh, M.; Wijaya, Agung
Ekliptika : Jurnal Inovasi Teknologi Berkelanjutan Vol. 1 No. 1 (2020): July 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55757/ekliptika.v1i1.206

Abstract

Pemograman merupakan salah satu media yang amat penting dalam dunia permesinan khususnya dalam pengerjaan di mesin CNC Milling Retrofit 3A. Dalam hal ini, pemilihan program harus benar – benar diperhatikan guna mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu permasalahan yang penulis ingin bahas dalam skripsi kali ini adalah “Analisa Program Contour Ramp Dan Pocket Standart Pada Proses Pembuatan Produk Bottom Carrier Menggunakan Mesin CNC Milling Retrofit 3A” Pada saat pengujian menggunakan matrial alpha bronze berlangsung program contour ramp lebih unggul dari segi waktu pengerjaan dengan selisih 0.356 menit/pcs, tetapi untuk hasil produksi kurang menguntungkan, Sedangkan untuk program pocket standart hasil produksi lebih unggul dengan selisih 3pcs dari nilai yang masuk batas toleransi H7, tetapi untuk waktu pengerjaan kurang menguntungkan. Hal itu membuktikan bahwa suatu pemograman bisa meningkatkan dan menurunkan kualitas hasil produksi dan ketahanan suatu tools yang digunakan.
VOLUME RUANG BAKAR PADA RANCANG BANGUN TUNGKU PELEBURAN ALUMINIUM SKALA LABORATORIUM BAHAN BAKAR LPG Shaleh, M.; Tulloh, Moh Hidayah
Ekliptika : Jurnal Inovasi Teknologi Berkelanjutan Vol. 1 No. 1 (2020): July 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55757/ekliptika.v1i1.207

Abstract

Penggunaan kaleng Aluminium yang sangat luas akan mengakibatkan timbulnya limbah yang dampaknya akan sangat berbahaya untuk lingkungan. Sehingga perlu dilakukan daur ulang dari limbah Aluminium untuk digunakan sebagai bahan baku material. Salah satu cara daur ulang tersebut adalah dengan melakukan pengecoran kembali limbah aluminium menjadi bahan baru.Pengecoran logam dilakukan dengan cara memanaskan limbah aluminium sampai temperatur cair. Tujuan penelitian ini yaitu meneliti proses pembuatan tungku krusibel dengan bahan bakar gas LPG. Pengujian dengan cawan lebur tiga variabel diameter 138mm,112mm dan 88mm selama waktu 30 menit. Hasil pengujian paling efisien terdapat pada variabel ke tiga dengan volume 4678,6 Cm3 selama 30 menit = 0,15 kg elpiji.

Page 1 of 1 | Total Record : 5