cover
Contact Name
Dian Citaningtyas Ari kadi
Contact Email
rizalmanajemen@gmail.com
Phone
+6282139474255
Journal Mail Official
rizalmanajemen@gmail.com
Editorial Address
jl raya solo no 11 suratmajan Maospati, Magetan Jawa Timur
Location
Kab. magetan,
Jawa timur
INDONESIA
CITACONOMIA : Economic and Business Studies
ISSN : -     EISSN : 2963492x     DOI : https://doi.org/10.99075/citaconomia
Core Subject : Economy,
CITACONOMIA: Economic and Business Studies is a high quality open access peer reviewed research journal. providing a platform for the researchers, academicians, professional, practitioners and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies. This journal focuses on every research discipline related to social behavior science, entrepreneurship and business management such as human resource management, marketing management, financial management, production/operational management, strategic management, sharia business management, halal industry management, tourism management, banking management, industrial management, agribusiness management, business administration, entrepreneurial activities, micro, small and medium enterprises (MSMEs), consumer behavior, purchasing decisions, consumer satisfaction, consumer loyalty and several areas of business behavior
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 01 (2025): Maret" : 5 Documents clear
Analisis Kualitas Pelayanan (SERVQUAL) dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Butik Online Omah Kebaya Madiun. Siput Biarsih; Asmike, Metik
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 4 No. 01 (2025): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v4i01.1794

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Apakah ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan?kepuasanbutik online Omah Kebaya Madiun. Penelitian ini dilakukan di Omah Kebaya Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Omah Kebaya Madiun yang sudah pernah melakukan pembelian, dengan jumlah sampel 41 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur dan menggunakan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan kualitas pelayanan dan harga (secara bersama-sama) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian secara keseluruhan memiliki implikasi bahwa kualitas pelayanan dan harga merupakan faktor penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan butik online Omah Kebaya. Maka dengan memberikan pelayanan yang berkualitas dan harga yang terbaik tentu akan menarik minat konsumen untuk berbelanja.
Pengaruh Sistem Kompensasi, Beban Kerja Dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Uban Fauzi; Sundjoto; Sri Rahayu
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 4 No. 01 (2025): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v4i01.1883

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem kompensasi,beban kerja dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Uban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan dengan mengukur variabel -variabel secara objektif, menguji hubungan antar variabel, serta membuat generalisasi berdasarkan data yang diperoleh dari sampel. Peneliti mengambil sampel keseluruan yaitu 72 karyawan. Design penelitian adalah penelitian eksplanatori bertujuan untuk menguji teori atau hipotesis, baik untuk memperkuat maupun menolak teori yang sudah ada. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan kuesioner, observasi langsung dan dokumentasi. Dengan variabel independent: Sistem kompensasi, beban kerja, kondisi lingkungan kerja. Variabel dependent: Prestasi kerja karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Uban. Dengan nilai signifikansi (sig) = 0,040 < 0,1. Beban Kerja berpengaruh positif terhadap prestasi kerja karyawan pada Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Uban. nilai signifikansi (sig) = 0,000 < 0,1. Dan dengan nilai signifikansi (sig) = 0,045 < 0,1 Kondisi Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Uban dengan memperbaiki system kompensasi dan lingkungan kerja, dapat menciptakan gairah kerja, sehingga produktivitas kerja meningkat.Akurat dalam mengambil keputusan untuk menetapkan karyawan penerima reward dengan lebih efektif dan efisien. Implementasi metode VIKOR diharapkan dapat meningkatkan keakuratan penilaian kinerja, meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan, serta pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan profit Perusahaan.
Pengaruh Persepsi Nilai Publik, Kualitas Layanan Elektronik, Dan Ekspektasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Pak LLDIKTI Wilayah V Arditia, Sofian; Setyanta, Budi
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 4 No. 01 (2025): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v4i01.2094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi nilai publik, kualitas layanan elektronik (yang terdiri dari kualitas performa teknis dan kualitas fungsi layanan), serta ekspektasi terhadap kepuasan pengguna aplikasi E-PAK LLDIKTI Wilayah V. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 102 orang dosen tetap yayasan dan dosen PNS di lingkungan LLDIKTI Wilayah V. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nilai publik, kualitas fungsi layanan, dan ekspektasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas performa teknis tidak berpengaruh signifikan.
Fraud Triangle Dan Good Corporate Governance Dalam Memitigasi Fraud Di Bank Pembangunan Daerah Sari, Wahyu Devita; Sulistiyowati , Liliek Nur; Setyahety, Ririh Anggraini
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 4 No. 01 (2025): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v4i01.2146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fraud triangle terhadap fraud atau kecurangan dengan Good Corporate Governance sebagai variabel moderasi pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang terdaftar di OJK Tahun 2019-2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi OJK dan website resmi BPD yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) melalui bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Financial Target dan Ineffective Monitoring berpengaruh positif signifikan terhadap fraud. Sedangkan, Change in Auditor tidak berpengaruh terhadap fraud. Selanjutnya, Good Corporate Governance dapat memoderasi pengaruh Financial Target dan Ineffective Monitoring terhadap fraud. Namun, Good Corporate Governance tidak dapat memoderasi pengaruh Change in Auditor terhadap fraud serta Good Corporate Governance berpengaruh terhadap fraud. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan penerapan prinsip tata kelola yang baik sebagai langkah strategis untuk mencegah terjadinya fraud. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan literatur akuntansi sektor publik, khususnya dalam pemahaman tentang peran variabel moderasi dalam hubungan antara faktor-faktor determinan dan kualitas pelaporan keuangan.
Antecedents Of Work Enggagement: Perspective Justice And Organizational Atmosphere Murniyati, Dwi; Asmike, Metik
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 4 No. 01 (2025): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v4i01.2191

Abstract

Penelitian ini mengambil sudut pandang dari pendekatan eksternal individu yang mempengaruhi keterlibatan karyawan di tempat kerja. Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis kondisi lingkungan tempat kerja yang sangat membutuhkan keterlibatan karyawan dengan seluruh kapasitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah komitmen kerja dipengaruhi oleh keadilan ditempat kerja dan atmosfer organisasi. Penelitian ini melibatkan 100 karyawan dengan metode pengambilan sampel non probability sampling yaitu convenience sampling. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 25. Penelitian ini berfokus pada perspektif keadilan dan atmosfer organisasi terhadap komitmen kerja. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan instrumen kuesioner skala likert 1-5. Hasil riset ini menunjukkan bahwa keadilan di tempat kerja dan atmosfer organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap work engagement. Pada riset yang akan datang diharapkan dapat meneliti terkait dengan keterlibatan ditempat kerja dengan menggunakan variabel yang lebih personal seperti variabel motivasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5