cover
Contact Name
Dian Citaningtyas Ari kadi
Contact Email
rizalmanajemen@gmail.com
Phone
+6282139474255
Journal Mail Official
rizalmanajemen@gmail.com
Editorial Address
jl raya solo no 11 suratmajan Maospati, Magetan Jawa Timur
Location
Kab. magetan,
Jawa timur
INDONESIA
CITACONOMIA : Economic and Business Studies
ISSN : -     EISSN : 2963492x     DOI : https://doi.org/10.99075/citaconomia
Core Subject : Economy,
CITACONOMIA: Economic and Business Studies is a high quality open access peer reviewed research journal. providing a platform for the researchers, academicians, professional, practitioners and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies. This journal focuses on every research discipline related to social behavior science, entrepreneurship and business management such as human resource management, marketing management, financial management, production/operational management, strategic management, sharia business management, halal industry management, tourism management, banking management, industrial management, agribusiness management, business administration, entrepreneurial activities, micro, small and medium enterprises (MSMEs), consumer behavior, purchasing decisions, consumer satisfaction, consumer loyalty and several areas of business behavior
Articles 56 Documents
Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Kepercayaan, Promosi, Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Di Kota Madiun (Studi Kasus Pada Masyarakat Madiun Hikmah Anna Latifah; Dian Citaningtyas Ari Kadi; Septyana Luckyta Sari
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 1 No. 01 (2022): September
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v1i01.94

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kemanfaatan, kepercayaan, promosi, fitur layanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet di Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna e-wallet yang ada di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability Samplimg, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanya 162 responden. Pengumpulan data responden yang disebarkan melalui Google Form. Analasis peneitian ini menggunakan uji validitass, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemudahan, kemanfaatan,kepercayaan, Fitur secara parsial berpengaruh positif, sedangkan promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan, secara simutan kemudahan, kemanfaatan, kepercayaan, promosi dan fitur layanan secara simultan atau secara bersama sama berpengaruh posirif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan
Pengaruh Digital Marketing, Citra Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Desain Interior (Studi Pada Some Renders Madiun) Ruth Amelia Pratiwi; Rizal Ula Ananta Fauzi; Dian Citaningtyas Ari Kadi
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 1 No. 01 (2022): September
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v1i01.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, citra merek, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian desain interior (studi pada Some Renders Madiun). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Sampel Jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 115 responden di Kota Madiun. Penilaian variabel dalam instrumen penelitian menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial digital marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Brand Image Dan Perceived Quality Terhadap Purchase Decision Dengan Purchase Intention Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Konsumen Roti Bluder Mirasa) Hari Purwanto; Dian Citaningtyas Ari Kadi; Indrasari
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 1 No. 01 (2022): September
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v1i01.96

Abstract

Penelitian ini berjudul “Brand Image, Perceived Quality terhadap Purchase Decision dengan Purchase Intention sebagai variabel Intervening pada konsumen Roti Bluder Mirasa”. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh Brand Image, Perceived Quality terhadap Purchase Decision dengan Purchase Intention sebagai variabel Intervening pada konsumen Roti Bluder Mirasa. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan convenient sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul kemudian diproses menggunakan analisis path. Hasil tes menunjukkan bahwa: (1) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision pada konsumen Roti Bluder Mirasa; (2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention pada konsumen Roti Bluder Mirasa; (3) Perceived Quality berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Purchase Decision pada konsumen Roti Bluder Mirasa; (4) Perceived Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention pada konsumen Roti Bluder Mirasa; (5) Purchase Decision berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention pada konsumen Roti Bluder Mirasa; (6) Purchase Intention dapat memediasi Brand Image terhadap Purchase Decision pada konsumen Roti Bluder Mirasa; (7) Purchase Intention dapat memediasi Perceived Quality terhadap Purchase Decision pada konsumen Roti Bluder Mirasa
Pengaruh City Branding “Madiun Kota Pendekar” Dan E-Wom Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Image Destination Sebagai Mediasi Sri Handayani; Rizal Ula Ananta Fauzi; Dian Citaningtyas Ari Kadi
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 2 No. 03 (2023): September
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v2i03.97

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat. Kontribusi positif sektor pariwisata bagi suatu daerah memberi implikasi bagi semua pihak yang terlibat dalam industri pariwisata untuk mengelola pariwisata secara profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh City Branding terhadap “Madiun Kota Pendekar” terhadap minat berkunjung ulang. Untuk mengetahui E- WOM terhadap minat berkunjung ulang. Untuk mengetahui image destination terhadap minat berkunjung ulang. Untuk mengetahui City Branding berpengaruh terhadap minat pengunjung ulang melalui image destination sebagai mediasi. Untuk mengetahui E-WOM berpengaruh terhadap minat pengunjung ulang melalui image destination sebagai mediasi. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan Uji Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan City Branding terhadap “Madiun Kota Pendekar” terhadap minat berkunjung ulang, sehingga hipotesis pertama diterima. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan E-WOM terhadap minat berkunjung ulang, sehingga hipotesis kedua diterima. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan image destination terhadap minat berkunjung ulang, sehingga hipotesis ketiga diterima. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan City Branding berpengaruh terhadap minat pengunjung ulang melalui image destination sebagai mediasi, sehingga hipotesis keempat diterima. 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan E-WOM berpengaruh terhadap minat pengunjung ulang melalui image destination sebagai mediasi, sehingga hipotesis kelima diterima.
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Merek Emina Pada E-Commerce Shopee Nur Rahma Pangastuti; Dian Citaningtyas Ari Kadi; Septyana Luckyta Sari
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 2 No. 03 (2023): September
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v2i03.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas produk, citra merek, persepsi harga, promosi dan kemudahan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk merek Emina pada e-commerce Shopee studi kasus pada pelajar atau mahasiswa di Kota Madiun. Penelitian ini memiliki jumlah populasi yang tidak diketahui. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 130 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan pengambilan data kuesioner melalui google form. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi kualitas produk, citra merek, persepsi harga dan kemudahan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk merek Emina pada e-commerce Shopee. Sedangkan promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk merek Emina pada e-commerce Shopee. Secara Simultan variabel persepsi kualitas produk, citra merek, persepsi harga, promosi dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk merek Emina pada e-commerce Shopee.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Klinik Ilanur 1 Balaraja Tangerang (Studi Kasus Pada Pasien Ilanur 1) Ayu Lestari; Aria Aji Priyanto
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 2 No. 01 (2023): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v2i01.178

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap kepuasan pasien pada Klinik Ilanur 1 Balaraja Tangerang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan uji validitass, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi ini menunjukkan koefisien dari masing– masing variabel bertanda positif, artinya semakin tinggi Kualitas Pelayanan dan Fasilitas, maka akan semakin tinggi pula Kepuasan Pasien. Sedangkan nilai korelasi atau tingkat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat diperoleh sebesar 0,659 artinya memiliki pengaruh yang kuat. Nilai determinasi atau kontribusi pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara simultan sebesar 67,5% sedangkan sisanya sebesar 32,5% dipengaruhi faktor lain.
Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Baitul Hamdi Boarding School Pandeglang Banten Apipah, Siti; Drs. Firdaus Putra; MM Gazali, SE.,M.M
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 2 No. 01 (2023): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v2i01.179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini dilakukan di SMK Baitul Hamdi Boarding School Pandeglang Banten. Responden dalam penelitian ini adalah guru, jumlah populasi guru dalam penelitian ini adalah 30 orang. Metode sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif, dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, yaitu statistik asumsi klasik, uji statistik korelasi dan determinasi, uji regresi dan uji hipotesis. Pada penelitian ini untuk mendapatkan data primer penulis menggunakan teknik penyebaran kuisioner kepada 30 guru di SMK Baitul Hamdi Boarding School Pandeglang Banten. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang positif antara Motivasi terhadap Kinerja Guru SMK Baitul Hamdi Boarding School Pandeglang Banten. Hal ini dilihat dari thitung > ttabel yaitu 2,987 > 2,048. Terdapat pengaruh yang positif antara Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Baitul Hamdi Boarding School Pandeglang Banten. Hal ini dilihat dari thitung > ttabel yaitu 3,793 > 2,048. Terdapat pengaruh yang positif antara Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Baitul Hamdi Boarding School Pandeglang Banten. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 9,293 > 3,34. Pada penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 9,565 + 0,254X1 + 0,548X2. Kata Kunci: Motivasi, Kepuasan kerja dan Kinerja Guru.
Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (Sajadah) Di Bmt Nu Cabang Pragaan Hidayati, Nurul; Sholihah, Lusiyatus
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 2 No. 01 (2023): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v2i01.206

Abstract

Perkembangan anggota yang menggunakan produk tabungan simpanan berjangka wadiah berhadiah (SAJADAH) di BMT NU Cabang Pragaan setiap tahunnya mengalami ketidakstabilan dikarenakan banyak anggota yang memilih tabungan harian, pada tahun 2019 jumlah anggota hanya 4 orang, 2020 mengalami peningkatan sebanyak 13 anggota, kemudian pada tahun 2021 jumlah anggota mengalami penurunan kembali sebanyak 11 anggota, padahal prodak simpanan berjangka wadiah berhadiah (SAJADAH) termasuk tabungan yang mendapatkan hadiah di awal tanpa diundi. Maka dari itu fokus kajian penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran produk tabungan SAJADAH. Metode penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian strategi pemasaran produk tabungan simpanan berjangka wadiah berhadiah (SAJADAH) di BMT NU Cabang Pragaan tergolong baik dengan berusaha meningkatkan komponen strategi promosi dengan menggunakan Personal Selling (Penjualan Pribadi), Advertising (Periklanan), Direct Marketing (Pemasaran Langsung).
Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk “Jalu” Jamur Lunas (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Lamongan) Fathoni, Ali; Fitriyah Dew, Rohmatul
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 2 No. 01 (2023): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v2i01.230

Abstract

Produk Jalu (jamur lunas) cukup disukai oleh masyarakat di Lamongan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu persepsi harga, promosi dan citra merek yang berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap variabel Y yaitu keputusan pembelian Jalu (jamur lunas). Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei eksplanasi (explanatory survey). Metode lain yang ditambahkan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data populasi dan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan yakni data primer yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti. Rating scale dan teknik pengolahan data menggunakan aplikasi statistika SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi harga memiliki nilai sig. 0,015 variabel promosi 0,037 dan variabel citra merek 0,33 yang secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh terhadap Keputusan pembelian konsumen produk jalu (jamur lunas) dimana persepsi harga menjadi variabel yang paling berpengaruh. Hasil dari nilai koefisien determinasi R2 sebesar 36,3 %, menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya 63,7 % (1- 0,363) dijelaskan oleh variable lain selain variabel bebas dalam penelitian ini.
Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Corporate Sosial Responsibility Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2019 – 2021) Nur Kamelia, Lutfy; Rahmanti, Nur; Rahayu, Puji
CITACONOMIA : Economic and Business Studies Vol. 2 No. 01 (2023): Maret
Publisher : CITACONOMIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citaconomia.v2i01.247

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas dan leverage terhadap agresivitas pajak dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 perusahaan properti dan real estate. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling menghasilkan 14 perusahaan properti dan real estate. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan Moderated Regression Alysis (MRA). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial likuiditas dan leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, sedangkan profitabilitas berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Secara simultan likuiditas, profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Corporate social resposibility mampu memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap agresivitas pajak meskipun tidak signifikan. Corporate social responsibility tidak mampu memperkuat pengaruh likuiditas dan leverage terhadap agresivitas pajak.