cover
Contact Name
Muhamad Rudi Wijaya
Contact Email
rudiwijaya68@gmail.com
Phone
+6282175218558
Journal Mail Official
rudiwijaya68@gmail.com
Editorial Address
Dusun Rejo Agung Desa Rejo Agung Kecamatan Batanghari, Kab. Lampung Timur, Provinsi Lampung, 34181
Location
Kab. lampung timur,
Lampung
INDONESIA
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Published by CV Najah Bestari
ISSN : 29649633     EISSN : 2964965X     DOI : -
Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif dari filsafat pendidikan Islam, studi banding pendidikan Islam, kurikulum, proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam, evaluasi, pendidikan Islam, dan pendidikan khusus yang relevan dengan isu-isu pendidikan Islam.
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 4: Juli 2023" : 25 Documents clear
PESANTREN : KARAKTERISTIK DAN UNSUR-UNSUR KELEMBAGAAN Irham Abdul Haris
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tumbuh seiring dengan berkembangnya Islam di seluruh Nusantara. Pemahaman dasar tentang Islam dan Alquran adalah tujuan utama. Pesantren berkembang biak di seluruh negeri sejalan dengan perubahan, mengharuskan pesantren memodernisasi dan memperbarui kurikulum mereka sehingga siswa pergi tidak hanya dengan pendidikan agama tetapi juga sekuler. Ciri-ciri kelembagaan dan pendefinisian pesantren dibahas dalam penelitian ini.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENGGUNAKAN METODE HYPNOTEACHING BAGI SISWA KELAS VIII.2 SMP IT BAITUNNUR PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2019/2020 Imam Subuki
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode hypnoteaching bagi siswa kelas VIII.2 Sekolah Menengah Islam Terpadu Punggur kabupaten Lampung Tengah tahun 2019/2020 pada semester genap. Penelitian in, adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI di kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2, yang memiliki hasil belajar terendah. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus menggunakan model atau desain penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu planing (perencanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes hasil belajar, dimana ada dua tes hasil belajar yaitu pretes dan postes. Tes dalam penelitian ini menggunakan tes formatif dalam bentuk tes obyektif, soal tes diwujudkan dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisa data yaitu dengan membandingkan rata-rata (mean) hasil tes belajar sebelum dan sesudah tindakan dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar PAI dengan indikator, terjadi peningkatkan rata- rata hasil belajar PAI dari hasil pretes sebesar 70,06 meningkat menjadi 73,91 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 76,79 pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 78,94 pada siklus III. Ketercapaian KKM secara kasikal juga mengalami kenaikan dari pra siklus sebesar 36,36% meningkat menjadi 60,61% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 72,73% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 81,82% pada saat siklus III. Artinya, telah terjadi peningkatkan hasil yang signifikan pada siklus III, sehingga metode hypnoteaching dapat dibakukan menjadi sebuah model untuk meningkatkan hasil belajar PAI dengan tindakan sebagai berikut: 1. Melakukan afirmasi dengan cara mengucapkan yel-yel yang melibatkan gerakan tubuh dan emosi, 2. Melakukan visualisasi dengan cara menghadirkan sesuatu dalam alam bayangan disertai gerakan menyentuh anggota tubuh, 3. Melakukan repetisi dengan cara tutor sebaya dalam sebuah kelompok, 4. Mengajak siswa bersyukur atas ilmu yang telah diberikan Allah.
Strategi Implementasi Program Unggulan Tahfidz al-Qur’an di Lingkungan Pesantren (Studi Kasus MAN 2 Pasuruan) Prifke Felisita F.A; Achmat Mubarok; Achmad Yusuf
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan adalah salah satu Lembaga yang bersinergi dengan Pondok Pesantren, yaitu Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini yang mana peserta didiknya diwajibkan untuk bermukim di Pesantren. MAN 2 Pasuruan memiliki beberapa program unggulan, salah satunya yaitu Program unggulan tahfidz al-Qur’an. Program ini berdiri sejak tahun 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang (1) Strategi implementasi Program unggulan tahfidz a-Qur’an di MAN 2 Pasuruan, (2) Bagaimana peran serta Pesantren dalam pelaksanaan program unggulan tahfidz al-Qur’an, (3) Apa saja yang menjadi factor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program unggulan tahfidz al-Qur’an. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data yang didapat terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berasal dari (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi (a) Pengumpulan data, (b) Kondensasi data, (c) penyajian data dan (d) Penarikan kesimpulan/ Verifikasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) strategi implementasi program unggulan tahfidz al-Qur’an di MAN 2 Pasuruan menggunakan cara pengelompokan jenis kegiatan, alokasi waktu, kalkulasi hafalan, metode dan evaluasi. (2) Peran serta Pesantren dalam penerapan program tahfidz al-Qur’an yaitu dengan menyediakan ustadz/ustadzah penyetor dan menyediakan Asrama tersendiri bagi penghafal al-Qur’an. (3) Faktor pendukung terlaksananya program tahfidz al-Qur’an yaitu Lembaga MAN 2 Pasuruan berdiri di Lingkungan Pesantren, mudahnya mendapatkan murobbiyah untuk penyetoran hafalan siswa, adanya buku mutaba’ah sebagai bentuk buku kontrol hafalan siswa. Yang menjadi faktor penghambat yaitu kurangnya waktu untuk menghafal bagi peserta didik MAN 2 Pasuruan
Pemanfaatan Teknologi E-learning untuk Penskoran Butir Soal Pilihan Ganda pada Pembelajaran Agama Islam Teguh Hadi Wibowo; Mar’atul Azizah Zahro
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi e-learning untuk penskoran butir soal pilihan ganda pada pembelajaran Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan model kajian pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi e-learning dalam proses penskoran butir soal pilihan ganda pada pembelajaran Agama Islam berbasis Excel dan Moodle menjadi langkah inovatif dalam pengolahan hasil tes peserta didik. Penggunaan teknologi e-learning juga memungkinkan pendidik untuk memberikan umpan balik secara instan kepada peserta didik. Hasil penilaian dapat langsung dikomunikasikan kepada peserta didik, sehingga mereka dapat mengevaluasi pemahaman dan kinerja mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam menghasilkan laporan dan analisis statistik terkait hasil tes, sehingga pendidik dapat dengan cepat mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran
PEMBELAJARAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM BESUK PROBOLINGGO JAWA TIMUR Ubaidillah; Ashari
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran karakter khususnya kemandirian dan tanggung jawab ditanamkan pada santri sejak awal dalam berbagai pembelajaran, baik di kelas, luar kelas, serta lingkungan pondok pesantren pada umumnya. Topik pembahasan dalam penelitian ini yang akan peneliti lakukan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, dengan judul “Pembelajaran Karakter Tanggung Jawab pada Santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo”. Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi pembelajaran di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?; 2) Bagaimana pembelajaran karakter tanggung jawab pada santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?; 3) Bagaimana pengalaman ustadz dalam pembelajaran karakter tanggung jawab pada santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?; 4) Bagaimana pengalaman santri dalam pembelajaran karakter tanggung jawab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai the key instrument adalah peneliti sebagai alat pengumpul data utama. Analisis data versi Miles dan Huberman, bahwa ada tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk mendapatkan data yang relevan, maka peneliti melakukan pengecekan keabsahan data hasil penelitian dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian menyatakan bahwa 1) kondisi Pondok Pesantren Bahrul Ulum dengan suasana lingkungan yang asri, tenang, aman, dan sejuk, dapat mendukung terciptanya semangat belajar yang tinggi dan memungkinkan pengembangan potensi santri. Gedung asrama, gedung sekolah, masjid, dan sarana prasarana lainnya yang memadai memberikan kenyamanan bagi santri dalam pembelajaran khususnya pembelajaran karakter; 2) Pembelajaran Karakter Tanggung Jawab Bagi Santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk melalui berbagai kegiatan diantaranya sistem pendidikan pesantren, sistem keorganisasian, program niha’ie (program penghabisan), dan program pengabdian; 3) Pengalaman ustadz dalam pembelajaran karakter tanggung jawab dinyatakan secara bervariasi; dan 4) Pengalaman pembelajaran karakter tanggung jawab yang dirasakan santri dalam interaksi keseharian di Pondok Pesantren Bahrul Ulum adalah 1) Kewenangan dan pengontrolan dari ustadz dan 2) Kehangatan relasi antara santri dan ustadz.
Implmentasi Metode Qur’ani Sidogiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Al-Qur’an di TPQ Alo Syaftiyah Purwosari Willyanti Murni Islamiyah
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran Metode Qur’ani Sidogiri di TPQ Alo Syaftiyah Purwosari, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Metode Qur’ani Sidogiri di TPQ Alo Syaftiyah Purwosari, (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran Metode Qur’ani Sidogiri di TPQ Alo Syaftiyah Purwosari. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiandeskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa, (1) perencanaan pembelajaran Al- Qur’an menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri di TPQ Alo Syaftiyah yaitu penentuan kelas, membuat jadwal untuk guru mengajar, menyiapkan target pembelajaran Al-Qur’an. (2) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri yaitu pembukaan, klasikal, privat/individual, dan penutup. (3) hasil pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri yaitu mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan makhorijul huruf dan kaidah tajwid, mampu menghafal surat-surat pendek dan do’a sehari-hari, dan mampu melaksanakan kebiasaan ubudiyah dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
Efektifitas Media E-Book Smart Pada Pembelajaran Agama Islam Di RA Darussalam Pasrepan Pasuruan Imarotus Solichah; M. Jamhuri; Muhammad Nur Hadi
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media pembelajaran untuk pendidikan agama Islam merupakan kegiatan yang ada dalam kaitannya dengan materi agama Islam maupun dalam bentuk alat dan teknik atau metode yang dapat di gunakan secara efektif oleh guru agama. Pembelajaran Agama Islam di RA masih banyak problem yaitu dimana orang tua yang menuntut seorang pendidik agar anak didiknya selalu semangat belajar dan cerdas tetapi belajar hanya di lakukan di sekolah, pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini agar dapat meningkatkan semangat belajar karna media pembelajaran adalah suatu alat untuk menyampaikan pesan kepada anak didiknya. Dengan adanya permasalahan tersebut yang menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi media E-Book Smart terhadap pembelajaran keagamaan di RA Darussalam. (2) Bagaimana respon peserta didik di RA Darussalam terhadap penggunaan media E-Book Smart (3) Bagaimana keefektifan pembelajaran keagamaan anak didik di RA Darussalam melalui penggunaan media E-Book Smart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Sumber data yang berasal dari data primer dan data sekunder. Analisis data terdiri atas tiga tahap yaitu: reduksi data, menampilkan informasi (display data), dan kesimpulan (conclustion). Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran Agama Islam pada anak usia dini melalui penggunaan media pembelajaran yaitu E-Book Smartyang di lakukan di RA Darussalam Krajan Petung Pasrepan Pasuruan maka hasil dari implementasikan, respon serta efektifitas yaitu dapat meningkatkan kemampuan beragama Islam untuk anak usia dini melalui pengajaran menggunakan media E-Book Smart, karna media tersebut adalah salah satu media yang cocok untuk digunakan sebagai pembelajaran anak usia dini dan agar lebih mudah memperkenalkan pendidikan keagamaan pada anak usia dini. Serta dapat berusaha untuk menjelaskan bagaimana perkembangan penggunaan media E-Book Smartdi era digital pada zaman saat ini.
Manajemen Implementasi Progrram Literasi Dalam Pembelajaran Pai Di Sman 1 Gondag Wetan Rifda kamalia; Achmat Mubarok; Achmad Yusuf
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui (1) Perencanaan program literasi dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Wetan, (2) Pengorganisasian program literasi dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Wetan, (3) Pelaksanaan program literasi dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Wetan, (4) Pengontrolan program literasi dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Wetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara mendalam, Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada tahap perencanaan sudah direncanakan dengan baik. proses perencanaan yang dilakukan menggunakan inovasi literasi yang berbasis OPOTUMON yang telah dirangkai dari beberapa kata.sedangkan perencanaan yang dilakukan dalam pembelajaran PAI melalui beberapa persiapan yaitu guru menyusun RPP, dalam penyusunan RPP guru juga menentukan pendekatan, metode, media dan model pembelajaran yang telah disesuaikan dengan pembelajaran literasi. (2) pada tahap pengorganisasian sudah cukup baik dan sistematis. kegiatan pengorganisasian yang dilakukan dengan cara membuat struktur organisasi tim literasi, membagi tugas dan tanggung jawab, menyusun kegiatan literasi yaitu membuat penjadwalan. koordinasi dan komunikasi yang terjalin sudah cukup baik. (3) pada tahap pelaksanaan sudah cukup baik. pelaksanaan program literasi yang dilakukan di SMAN 1 Gondang Wetan mempunyai 2 macam yaitu literasi rutin dan literasi tidak rutin. (4) pada tahap pengontrolan sudah cukup baik pengontrolan dilakukan untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam manajemen program literasi di SMAN 1 Gondang Wetan dilihat dari hasil tugas yang peserta didik kumpulkan melalui link yang ada di grup telegram dan hanya tim literasi dan guru yang dapat mengakses link tersebut, maka dari itu dapat diketahui sejauh mana peningkatan literasi bagi peserta didik
Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SMA Tri Bhakti Wonorejo Siti Rahayuning Bauna Khoiriyah; Askhabul Kirom; Muhammad Abdullah
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembentukan karakter religius dalam pembiasaan shalat dhuha merupakan hsil dari pembinaan dan pendidikan yang sungguh-sungguh terhadap berbagai potensi rohaniah umat, khususnya peserta didik. Dalam islam karakter adalah tingkah laku dan akhlak, sesuai dengan apa yang diajarkan dalam ajaran agama islam, bahwa karakter religius adalah watak, tabiat akhlak atau kepribadian yang dibentuk dengan menginternalisasikan berbagai kebijakan berdasarkan ajaran agama. Pembentukan karakter religius dalam pembiasaan shalat dhuha masih banyak problem yaitu siswa masih sering telat sehingga tidak hadir dalam proses pembiasaan shalat dhuha. Dengan adanya permasalahan tersebut yang menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana strategi pembentukan karakter religius siswa melalalui pembiasaan shalat dhuha di SMA Tri Bhakti Wonorejo? (2) bagaimana implikasi pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di SMA Tri Bhakti Wonorejo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Sumber data yang berasal dari data primer dan data skunder. Analisis data terdiri atas tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data (data presentation), dan verivikasi data (data verification) Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter rligius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di SMA Tri Bhakti Wonorejo yaitu siswa di wajibkan mengikuti shalat dhuha di SMA Tri Bhakti Wonorejo dengan tujuan menanamkan karakter religius dan juga amanah dari pondok pesanteren Hidayatul Mubtadi’in. kegiatan ini dilaksanakan setiap hari sebelum pembelajaran di mulai dan juga banyak manfaatnya salah satunya yaitu: ilmunya bisa bermanfaat dan siswa siswi terbiasa melaksanakan shalat dhuha di sekolah maupun dirumah.
IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DI SMK DARUL ULUM PURWODADI Aning Agustyarini; Askhabul Kirom; Muhammad Abdullah; H. Saifullah
An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) Vol. 2 No. 4: Juli 2023
Publisher : Najah Bestari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pondasi yang dapat mencegah seseorang melakukan perbuatan yang tidak baik, di sebutkan bahwa tujuan Pendidikan Nasional dalam kaitannya dengan Pendidikan Agama Islam adalah dengan mengembangkan manusia seutuhnya, yakni manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berbudi pekerti yang luhur. SMK Darul Ulum mengadakan program yang mendukung pembinaan Akhlak tersebut. Sebagaimana sejarah mencatat bahwa faktor pendukung keberhasilan dakwah nabi antara lain karena dukungan Akhlak-NYA yang mulia. Metode yang di gunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data mennggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa melalui program pembiasaan ini berdampak baik bagi siswa, siswa mampu menerapkan beberapa sikap atau Akhlak terpuji terhadap Allah SWT yaitu dengan melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim. Akhlak terhadap sesama manusia, yaitu mempunyai rasa persaudaraan yang di aplikasikan melalui bersalam-salaman setiap selesai shalat, sopan santun terhadap guru, teman baik begitu pula kedisiplinannya masuk sekolah meningkat dari setiap harinya.

Page 1 of 3 | Total Record : 25