cover
Contact Name
Dery Yuswanto Jaya
Contact Email
deryyuswantojaya@politala.ac.id
Phone
+62895701107558
Journal Mail Official
komnet@politala.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No.Km.06, Pemuda, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70815
Location
Kab. tanah laut,
Kalimantan selatan
INDONESIA
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet
ISSN : -     EISSN : 30637694     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
KOMNET (Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet), E-ISSN: 3063-7694 is a open access journal published by the Research Division, POLITALA Institute, Indonesia, The KOMNET (Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet) is a scientific journal which is a forum for scholars and experts from various countries to publish scientific articles about important aspects in the fields of Computers, Networks, Information Technology and the Internet, is a peer-reviewed journal published two times a year (June and December). The KOMNET invites manuscripts in the various topics include, Computer Networking, IoT, Mobile Technology and its applications, Artificial Intelligence, Machine Learning, Deep Learning, Computational Intelligence, Natural Language Processing, Big Data, Data Mining, Data Warehouse and its application, Computer Vision, Digital Image Processing and its applications, Information System and its application, Geographic Information System and its application, Graphics, Multimedia and its applications, Computers and Informatics in Education, Learning Models and ICT Teaching Model, Development of Learning Media Based on Informatics Technology. KOMNET Journal (Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet) is focusing on publishing original research, communication, and notes as a result of original and high quality research. The journal also invites well known researchers to write a review paper. KOMNET accepts high quality papers in the field of informatics, computer science, informatics education, and technology. The scope of KOMNET encompasses but not limited to the following: Computer Networking, IoT, Mobile Technology and its applications Artificial Intelligence, Machine Learning, Deep Learning Computational Intelligence, Natural Language Processing Big Data, Data Mining, Data Warehouse and its application Computer Vision, Digital Image Processing and its applications Information System and its application Geographic Information System and its application Graphics, Multimedia and its applications Computers and Informatics in Education Learning Models and ICT Teaching Model Development of Learning Media Based on Informatics Technology
Articles 5 Documents
Search results for , issue "2024: Vol 2 No 2" : 5 Documents clear
APLIKASI PENYEDIA INFORMASI DESTINASI WISATA KABUPATEN KOTABARU BERBASIS WEBGIS Muhammad Yusril Arrahman
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 2 No 2
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/vs3a3974

Abstract

Kabupaten Kotabaru memiliki luas wilayah 9.422,46 km², mencakup lebih dari seperempat (25,11%) luas Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan wilayah yang begitu luas, Kotabaru memiliki banyak destinasi wisata yang potensial. Namun, informasi mengenai objek wisata tersebut seringkali belum tersampaikan dengan baik. Saat ini, beberapa pihak, termasuk Pemerintah Daerah, telah berupaya menyediakan informasi melalui media sosial dan artikel, tetapi masih terdapat kekurangan dalam kelengkapan dan keakuratan data. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan Aplikasi Penyedia Informasi Destinasi Wisata Kabupaten Kotabaru Berbasis WebGIS untuk memberikan informasi yang lengkap, menarik, dan mudah diakses. Metode pengembangan sistem menggunakan model waterfall, dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, JavaScript, dan CSS. Untuk fungsi Sistem Informasi Geografis (SIG), aplikasi memanfaatkan API Leaflet.JS guna menampilkan peta interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memudahkan masyarakat dan wisatawan dalam memperoleh informasi lengkap tentang destinasi wisata, termasuk lokasi secara geografis. Diharapkan, aplikasi ini dapat meningkatkan promosi pariwisata Kotabaru serta membantu pengunjung dalam merencanakan perjalanan secara lebih efektif dan informatif.
APLIKASI PENCARIAN TEMPAT MAGANG SISWA SMKN 1 BANJARMASIN BERDASARKAN RUTE TERDEKAT BERBASIS WEBGIS Dewantoro Wibisono
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 2 No 2
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/zgfrzm90

Abstract

SMK Negeri 1 Banjarmasin adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki lima jurusan, yaitu Akuntansi Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Multimedia. Sekolah ini melaksanakan kegiatan Prakerin (Praktik Kerja Industri) sebagai bentuk pelatihan kerja lapangan bagi siswa untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja. Namun, sistem pencarian dan pendaftaran magang masih dilakukan secara manual, yang dinilai kurang efektif dan efisien. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkanlah aplikasi pencarian dan pendaftaran magang berbasis WebGIS. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi pemetaan untuk menampilkan lokasi tempat magang serta menentukan rute terdekat dari lokasi siswa. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang bersifat sistematis dan berurutan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, sedangkan untuk menampilkan peta digunakan library Leaflet. Dengan adanya aplikasi ini, siswa dapat dengan mudah mencari tempat magang yang strategis dan sesuai dengan jurusannya, sekaligus melakukan pendaftaran secara online. Diharapkan, aplikasi ini dapat meningkatkan efektivitas kegiatan Prakerin serta mendukung peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Banjarmasin.
RANCARAN PENERAPAN IOT UNTUK SISTEM ALARM ANTI MALING MENGGUNAKAN SENSOR PIR Desvira Annisa; Raudhatul Jannah; Risky Pebriana; Sefti Wulandari; M. Zufannor Ihsan; Nor Anisa
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 2 No 2
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/5wv4aw69

Abstract

Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dilengkapi dengan sistem keamanan untuk mencegah tindak pencurian, terutama saat rumah dalam keadaan kosong. Penelitian ini bertujuan merancang sistem keamanan ruangan berbasis mikrokontroler yang dapat memberikan peringatan melalui buzzer dan pengiriman pesan via GSM SIM. Metode pengembangan sistem menggunakan prototype, dengan komponen utama berupa Arduino Uno R3, sensor PIR, buzzer, saklar geser, dan modul GSM. Sensor PIR berfungsi mendeteksi pergerakan manusia dalam radius 5 meter melalui pancaran suhu tubuh. Ketika terdeteksi, sensor mengirim sinyal ke Arduino, yang kemudian memicu alarm buzzer dan mengirim notifikasi SMS ke pemilik rumah. Sistem ini juga dilengkapi dengan LCD untuk menampilkan status deteksi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat bekerja efektif dalam mendeteksi intrusi dan memberikan respons cepat berupa bunyi alarm serta pesan peringatan. Dengan komponen yang sederhana namun efisien, sistem ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan keamanan properti. Kelebihan alat ini adalah respons real-time, biaya terjangkau, dan kemudahan instalasi. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan integrasi IoT atau kamera pengawas untuk meningkatkan fungsionalitas sistem keamanan rumah.
ANALISIS DAN RANCANGAN JARINGAN KOMPUTER: STUDI KASUS TOPOLOGI MESH DAN BUS PADA WARNET KURO GAMING CENTER Putra Sanjaya Kaharap; Tira Margaret; Muhammad Gazali Noor; Muhammad Bayu Saputra; Muhammad Rafliansyah; Nor Anisa
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 2 No 2
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/8q5n4775

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengindetifikasi topologi jaringan yang di gunakan, mengidentifikasikan fungsi dari setiap alat yang ada, mengindentifikasi masalah dan solusi yang ada. Metode yang digunakan adalah metode wawancara semi-terstruktur dengan 1 narasumber selaku pemilik dari Warnet. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Warnet Kuro menggunakan topologi mesh karena keamanan nya lebih tinggi dan kecepatan jaringan nya kuat, namun memiliki kelemahan yaitu banyak nya sambungan perkabelan server, untuk mengatasi nya ialah menghungi bagian pengelola server dan kabel. Penelitian ini menyarankan topologi bus yang memiliki kelebihan yaitu sistem perkabelan nya lebih efektif, dan menghembat biaya operasional. Jaringan komputer menjadi komponen vital bagi warnet untuk menghubungkan pengguna dengan informasi. Pemahaman yang baik tentang topologi jaringan, fungsi alat, dan pengelolaan jaringan menjadi kunci utama kelancaran operasional warnet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa jaringan komputer menjadi komponen yang penting bagi manusia untuk terhubung dengan informasi atau bertukar informasi. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pengelola warnet lain dalam memilih topologi jaringan yang tepat dan optimal.
PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS LOGIKA FUZZY DAN METODE SAW UNTUK PEMBERIAN KREDIT PINJAMAN DI LEMBAGA KEUANGAN Rizky Aulia Akbar; Muhammad Fitri Saputra; Mera
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 2 No 2
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/gbcdec68

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam pembelian pinjaman kredit. Sebuah temuan kunci dari studi ini adalah persyaratan bagi lembaga keuangan untuk memiliki alat yang efektif untuk menghitung rasio pinjaman ke nilai untuk mengurangi risiko yang terkait dengan kegagalan kredit. Metode analisis yang digunakan termasuk mengumpulkan data riwayat kredit, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kredibilitas, dan mengembangkan algoritma logika kabur. Sistem yang dikembangkan kemudian dievaluasi menggunakan data non-publik dari lembaga keuangan untuk menilai akurasi dan keandalan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat meningkatkan akurasi pelaporan kredit dibandingkan dengan metode manual yang digunakan sebelumnya. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan SPK berbasis logika kabur dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu lembaga keuangan dalam proses aplikasi pinjaman, dengan demikian mengurangi risiko kredit dan meningkatkan efisiensi operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Simple Additive Weighting (SAW) dapat meningkatkan akurasi penilaian kelayakan kredit Metode SAW terbukti dapat meningkatkan akurasi dan keandalan dalam proses penilaian. Penggunaa berbagai kriteria seperti pendapatan, riwayat kredit, rasio hutang, pekerjaan, dan agunan memberikan hasil yang lebih komprehensif. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa logika fuzzy mampu menangani data yang tidak pasti dan subjektif, sehingga dapat membantu lembaga keuangan dalam membuat keputusan yang lebih baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5