cover
Contact Name
Dery Yuswanto Jaya
Contact Email
deryyuswantojaya@politala.ac.id
Phone
+62895701107558
Journal Mail Official
komnet@politala.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No.Km.06, Pemuda, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70815
Location
Kab. tanah laut,
Kalimantan selatan
INDONESIA
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet
ISSN : -     EISSN : 30637694     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
KOMNET (Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet), E-ISSN: 3063-7694 is a open access journal published by the Research Division, POLITALA Institute, Indonesia, The KOMNET (Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet) is a scientific journal which is a forum for scholars and experts from various countries to publish scientific articles about important aspects in the fields of Computers, Networks, Information Technology and the Internet, is a peer-reviewed journal published two times a year (June and December). The KOMNET invites manuscripts in the various topics include, Computer Networking, IoT, Mobile Technology and its applications, Artificial Intelligence, Machine Learning, Deep Learning, Computational Intelligence, Natural Language Processing, Big Data, Data Mining, Data Warehouse and its application, Computer Vision, Digital Image Processing and its applications, Information System and its application, Geographic Information System and its application, Graphics, Multimedia and its applications, Computers and Informatics in Education, Learning Models and ICT Teaching Model, Development of Learning Media Based on Informatics Technology. KOMNET Journal (Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet) is focusing on publishing original research, communication, and notes as a result of original and high quality research. The journal also invites well known researchers to write a review paper. KOMNET accepts high quality papers in the field of informatics, computer science, informatics education, and technology. The scope of KOMNET encompasses but not limited to the following: Computer Networking, IoT, Mobile Technology and its applications Artificial Intelligence, Machine Learning, Deep Learning Computational Intelligence, Natural Language Processing Big Data, Data Mining, Data Warehouse and its application Computer Vision, Digital Image Processing and its applications Information System and its application Geographic Information System and its application Graphics, Multimedia and its applications Computers and Informatics in Education Learning Models and ICT Teaching Model Development of Learning Media Based on Informatics Technology
Articles 5 Documents
Search results for , issue "2024: Vol 3 No 1" : 5 Documents clear
APLIKASI PENGELOLAAN DAN PENCARIAN TEMPAT MAGANG SMKN 4 BANJARMASIN BERBASIS WEBGIS Raisa Noor Islami
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 3 No 1
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/s35p9c74

Abstract

Setiap kelas XI semester ganjil dan genap SMKN 4 Banjarmasin Melakukan pengenalan kerja didunia industri atau disebut Peraktek Kerja Lapangan (PKL) yang bertujuan menambah bekal siswa dam menghadapi dunia kerja setelah lulus dari sekolahkarena kegiatan ini wajib di laksanakan berkaitan dengan meningkatnya jumlah siswa maka akan berdampak pada pelayanan yang nantinya akan bertambah dan harus lebih baik lagi, khusus nya pencarian tempat magang dan pendaftaran. Metode perancangan sistem yang digunakan untuk mengidentifikasikan komponen-komponen perancangan sistem ini meliputi Perancangan ERD, Flowchart, struktur tabel database, dan beberapa perancangan diagram-diagram yang menjelaskan skenario alur proses sistem ini. Untuk pembuatan sistem ini menggunakan software Sublime dengan bahasa pemograman HTML, Javascript, PHP dan database MySQL. Dengan adanya aplikasi ini dapat lebih mudah dalam pendaftaran tempat magang dimana dan kapan saja, penggunaan efisien android ini lah yang dapat mempermudah dalam segala kegiatan magang sekolah, dengan adanya layanan informasi yang dapat diakses melalui website dengan memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System) yang dapat mengetahui posisi berdasarkan titik geografis tertentu.
ANALISIS IMPLEMENTASI TOPOLOGI STAR DAN HYBRID STUDI KASUS JARINGAN MULTIMEDIA SARI MULIA Arpan Mualief Saprizal; Gregorius Amori; Syarifuddin; Zaid; Nor Anisa
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 3 No 1
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/dzntst76

Abstract

Jaringan komputer menjadi elemen vital di era digital, dan topologinya menjadi kunci keefektifan sistem. Penelitian ini mengidentifikasi topologi jaringan yang digunakan Universitas Sari Mulia, khususnya di ruang multimedia. Metode yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur dengan dua narasumber: bapak Surya (pengurus jaringan ruang lab. multimedia) dan bapak Fajar (pengurus jaringan keseluruhan universitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Universitas Sari Mulia menggunakan topologi star. Alasannya, topologi star mudah diimplementasikan dan skalabel, namun memiliki kelemahan yaitu jika kabel utama putus, seluruh jaringan terganggu. Cara mengatasinya dengan cara memperbaiki lokasi kerusakan atau menggantinya. Server pusat terhubung ke satu switch, kemudian didistribusikan ke router di seluruh kampus. Di ruang lab. Multimedia terdapat 1 router, 2 switch, 30 unit pc dan end user. Penelitian ini membuktikan bahwa topologi star menunjang efektivitas dan keandalan jaringan. Namun, topologi star juga memiliki kekurangan. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan penggunaan topologi hybrid (gabungan star dan bus). Topologi hybrid tidak terganggu jika ada jaringan yang terputus dan mudah diimplementasikan. Kekurangannya adalah biayanya yang mahal dan potensi kelambatan jaringan.
APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL KHAS KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY Danu Dewangga
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 3 No 1
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/me33ky56

Abstract

Kalimantan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan dengan Banjarmasin sebagai ibukotanya. Provinsi Kalimantan Selatan terdiri dari 11 Kabupaten dan 2 Kota ini mayoritas berpenduduk etnis suku banjar. Dalam urusan seni dan budaya, Provinsi Kalimanyan Selatan sangat kaya akan seni dan budaya daerah, salah satunya adalah seni musik. Alat Musik Tradisional merupakan salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh hampir semua daerah yang ada di Indonesia. Saat ini, warisan budaya yang tak ternilai harganya tersebut mulai ditinggalkan, antara lain alat musik tradisional cenderung lebih kuno dibandingkan alat musik modern sehingga kurang mendapatkan tempat dihati masyarakat khususnya generasi muda. Dengan pengembangan teknologi Augmented Reality hal tersebut diatasi karena dengan adanya aplikasi Augmented Reality, yang dapat menampilkan bentuk 3D dari alat musik tradisional tanpa melihat bentuk fisiknya secara langsung. Aplikasi ini menggunakan metode Waterfall untuk pengembangan aplikasi agar tidak terjadi banyak kesalahan. Penggunaan aplikasi ini dengan cara mengarahkan kamera smartphone para marker alat musik, dan akan menampilkan objek 3D alat musik tradisional Kalimantan Selatan sesuai dengan marker yang dipindai. Untuk penelitian selnajutnya bisa menambahkan efek animasi pada objek alat musik ketika di play maka alat musik dapat bergerak sesuai dengan aslinya.
APLIKASI PEMETAAN PENCARIAN FASILITAS SOSIAL PADA KOTA BANJARMASIN BERBASIS ANDROID Muhammad Rachman
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 3 No 1
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/v1mbzx66

Abstract

Kota Banjarmasin atau yang biasa sering disebut Kota Seribu Sungai adalah ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan, yang berada di Indonesia serta termasuk kota terbesar dan terpadat di Kalimantan. Kota ini juga termasuk dalam antara salah satu kota besar di Indonesia dan juga termasuk Kota terpadat di luar pulau Jawa. Letak Kota Banjarmasin nyaris di tengah-tengah Indonesia. Merupakan wilayah yang sedang dan terus mengalami perkembangan yang pesat dalam berbagai bidang, termasuk fasilitas sosial yang begitu banyak. Fasilitas sosial, yaitu termasuk fasilitas yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam lingkungan permukiman yaitu antara fasilitas: kesehatan, pendidikan, perbelanjaan dan niaga, peribadatan, rekresi/budaya, olahraga dan taman bermain, pemerintah & pelayanan umum serta pemakaman umum. Bagi seseorang yang bepergian ke suatu daerah yang belum dikenalnya, dia akan kesulitan untuk mencari lokasi fasilitas sosial. Untuk mendapatkan beberapa informasi tentang tempat fasilitas sosial ini biasanya seseorang akan bertanya pada orang-orang yang ada di sekitarnya. Namun pekerjaan ini tentu tidak selalu menyenangkan, karena bisa saja informasi yang diberitahukan dari orang yang ditanya tersebut terdapat kekeliruan informasi. Untuk mempermudah tindakan pada kondisi ini, maka dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui tempat fasilitas sosial dan mencari jalur ke tempat-tempat fasilitas sosial tersebut. Aplikasi pemetaaan pencarian fasilitas sosial adalah salah satu solusi untuk mengatasi kondisi permasalahan seperti ini.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SMARTPHONE DENGAN MENERAPKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) Muhammad Bayu Saputra; Muhammad Gazali Noor; Putra Sanjaya Kaharap; Tira Margaret; Muhammad Rafliansyah; Nor Anisa
KOMNET : Jurnal Komputer, Jaringan dan Internet 2024: Vol 3 No 1
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/p8c60150

Abstract

Perkembangan dan penjualan smartphone di pasaran semakin marak dan bersaing dengan segala  macam fitur yang tersedia, sehingga konsumen seringkali dihadapkan pada permasalahan-permasalahan diantaranya kesulitan dalam pemilihan smartphone. Hal ini disebabkan bermunculan smartphone dengan kemampuan yang menarik, harga relatif murah dan fasilitas penunjang lainnya. Pemilihan smartphone dapat ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diantaranya harga, RAM, Memory Internal, Fasilitas Kamera dan Ukuran Layar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan pemilihan smartphone  dengan menerapkan metode simple additive weighting (SAW), sehingga dapat memberikan solusi terhadap konsumen untuk memilih smartphone. Perancangan sistem pendukung keputusan pemilihan smartphone ini menggunakan pendekatan berorientasi kepada objek yaitu dengan menggunakan Flowchart,Codingan, Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan smartphone yang dapat membantu konsumen melakukan pemilihan smartphone sesuai dengan keinginan dan  kebutuhan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5