cover
Contact Name
Priyanggo Karunia Rahman
Contact Email
pkarunia.rahman@gmail.com
Phone
+62811757756
Journal Mail Official
ejesh.iainsasbabel@gmail.com
Editorial Address
Gedung Pascasarjana IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Jalan Raya Petaling Km.13 Kelurahan Petaling, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 33173
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
EJESH : Journal Islamic Economics and Social
ISSN : -     EISSN : 3090627x     DOI : https://doi.org/10.32923/ejesh
Core Subject : Economy, Social,
Ekonomi Islam dan Sosial (EJESH) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Ekonomi Syariah, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Jurnal ini berfokus pada kajian ekonomi Islam dan isu-isu sosial yang berhubungan dengan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai jurnal open access, EJESH bertujuan untuk menjadi media publikasi bagi akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mengembangkan keilmuan di bidang ekonomi Islam dan sosial. Setiap artikel yang diterbitkan telah melalui proses peer-review untuk memastikan kualitas dan orisinalitasnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): EJESH: Jurnal of Islamic Economics and Social" : 5 Documents clear
The role of Halal Certification in increasing sales of Micro, Small, and Medium Enterprise Products in Belitung Regency Tibroni, Ahmad
EJESH: Journal of Islamic Economics and Social Vol. 2 No. 1 (2024): EJESH: Jurnal of Islamic Economics and Social
Publisher : Master of Sharia Economics Program, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/ejesh.v2i1.4192

Abstract

The halal aspect has become a global trend and a need for people in the world. Indonesia is a potential halal market in the future. Indonesia has the resources or capabilities, capacity and potential to become a world halal center. So the halal certification system becomes a necessity which is expected to protect both safety and halal aspects. This research uses a qualitative method approach. The results of this research show that halal certification has a role in gaining consumer trust, increasing sales and expanding marketing. Apart from that, halal certification is a strategic step to retain consumers for companies, increase competitiveness and provide added value to a product. MSME players in Belitung Regency stated that having Halal Certification can be an added value and can increase sales and income after being certified halal. Indirectly, Halal Certification has an influence and provides added value to every product sold by MSMEs in Belitung Regency so that consumers do not hesitate to consume food sold in the area.
Penerapan Ekonomi Syariah dalam Industri Pariwisata Halal di Kabupaten Belitung Imron, Sulfi
EJESH: Journal of Islamic Economics and Social Vol. 2 No. 1 (2024): EJESH: Jurnal of Islamic Economics and Social
Publisher : Master of Sharia Economics Program, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/ejesh.v2i1.4193

Abstract

Pariwisata di Indonesia makin berkembang dan mampu bersaing dengan negara-negara lainnya, salah satunya wisata alam, hal tersebut menuntut optimalisasi pengelolaan kawasan wisata alam. Saat ini yang cukup pesat perkembangannya dan menjadi trend didunia internasional adalah pembangunan wisata syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan ekonomi syariah dalam industri pariwisata halal di Desa Kreatif Terong Kabupaten Belitung merupakan kawasan wisata yang menerapkan ketentuan syariah dengan menyediakan fasilitas untuk beribadah bagi umat muslim, seperti musholla, toilet umum, dan kuliner halal. Di dalamnya terdapat daya tarik wisata yaitu menawarkan banyak paket-paket wisata edukasi dan experience berdasarkan budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat. Fasilitas wisata lainnya yang ada di Desa Kreatif Terong yaitu areal parkir, balai pertemuan, jungle tracking, kios souvenir, outbound, selfie area, spot foto, dan tempat makan. Adapun Desa Wisata Kreatif Terong ini terletak di jalur strategis Pariwisata Pulau Belitung. Aksesnya mudah dijangkau.
Peran Bank Syariah Sebagai Sumber Alternatif Pembiayaan UMKM Di Indonesia Absarihim, Absarihim
EJESH: Journal of Islamic Economics and Social Vol. 2 No. 1 (2024): EJESH: Jurnal of Islamic Economics and Social
Publisher : Master of Sharia Economics Program, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/ejesh.v2i1.4194

Abstract

UMKM dianggap sebagai salah satu pilar utama perekonomian nasional yang memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi Indonesia. UMKM tetap bertahan walaupun terjadi krisis ekonomi. Seiring berkembangnya perubahan zaman yang makin maju serta tuntutan ekonomi yang kian pesat kini banyak bermunculan pelaku usaha yang menggantungkan kehidupannya pada UMKM. Akan tetapi, terdapat beberapa hambatan bagi masyarakat dalam mengembangkan usahanya, salah satunya terkait Modal Usaha. Perlu dicarikan solusi sebagai alternatif sumber pembiayaan Usaha Mikro, terutama bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Peran bank syariah harus berkontribusi dalam pengembangan UMKM khususnya dalam bentuk pembiayaan modal dan terus meningkatkan pengelolaannya sehingga dapat mengembangkan perekonomian di masa depan, khususnya ekonomi syariah di Indonesia. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pada Januari 2023, di Indonesia memiliki 13 bisnis perbankan syariah dan Bank konvensional yang menawarkan unit usaha syariah berjumlah 20. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran dari perbankan syariah di Indonesia melalui pembiayaan modal kerja UMKM. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, komparatif, dan studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yakni Bank Syariah Indonesia sangat membantu nasabah khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya sehingga perekonomian di Indonesia tetap terjaga dan semakin maju.
Penerapan Etika Pemasaran Islam dalam Penggunaan Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Belitung Zairina, Hendra
EJESH: Journal of Islamic Economics and Social Vol. 2 No. 1 (2024): EJESH: Jurnal of Islamic Economics and Social
Publisher : Master of Sharia Economics Program, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/ejesh.v2i1.4197

Abstract

ABSTRAK Trend pemasaran digital marketing dari tahun ke tahun dipenuhi dengan perkembangan dan inovasi di dunia digital marketing yang muncul tren-tren baru dan menjadi sorotan bagi para marketer yang ingin memenangkan persaingan dalam pasar yang semakin kompetitif. Satu hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran digital adalah etika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam memasarkan produk di media online, para pelaku UMKM di Kabupaten Belitung menggunakan platform online seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, TikTok Shop, Facebook marketplace, Instagram marketplace. Adapun penerapan etika pemasaran Islam dalam penggunaan digital marketing pada UMKM di Kabupaten Belitung adalah ramah kepada customer dan juga cepat respon ketika ada pemesanan, jujur terhadap produk yang dipasarkan, dan tidak ada mandat penipuan dalam pengiriman produk. Kata Kunci : Etika, Digital Marketing, Penerapan ABSTRACT Digital marketing trends from year to year are filled with developments and innovations in the world of digital marketing where new trends emerge and become the spotlight for marketers who want to win the competition in an increasingly competitive market. One thing that must be considered in digital marketing is ethics. The approach used in this study is a qualitative approach. The results of this research are that in marketing products in online media, MSMEs in Belitung Regency use online platforms such as Tokopedia, Lazada, Shopee, TikTok Shop, Facebook marketplace, Instagram marketplace. The application of Islamic marketing ethics in the use of digital marketing in MSMEs in Belitung Regency is to be friendly to customers and also respond quickly when there is an order, be honest about the products being marketed, and there are no fraudulent mandates in product delivery. Keywords: Ethics, Digital Marketing, Application
Konsep Uang dan Kebijakan Moneter dalam Ekonomi Islam Hasallyt, Nena
EJESH: Journal of Islamic Economics and Social Vol. 2 No. 1 (2024): EJESH: Jurnal of Islamic Economics and Social
Publisher : Master of Sharia Economics Program, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32923/ejesh.v2i1.4236

Abstract

Monetary policy in Islamic economics is part of the branch of economics that discusses the nature, function and influence on economic activity in a country. Monetary policy can maintain economic stability, this can be seen by balancing the amount of money that is widely spread in a balanced way. If any money in circulation exceeds or is greater or less than a number of goods and services, then the economy in a country will be chaotic. The method of writing this article uses a qualitative research approach. The data analysis technique is in the form of descriptive analysis. Descriptive itself is a research result that is described as clearly as possible based on research

Page 1 of 1 | Total Record : 5