cover
Contact Name
Sabrina Aulia
Contact Email
admin@compartdigital.com
Phone
+6282306422838
Journal Mail Official
sabrinaaulia@dharmawangsa.ac.id
Editorial Address
Komplek Griya Nafisa 5, Deli Serdang - Sumut
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 30640342     DOI : 10.63854/comptech.v1i2
Core Subject : Science,
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi adalah sebuah publikasi ilmiah yang memfokuskan diri pada penyebaran hasil penelitian dan inovasi terbaru di bidang ilmu komputer dan teknologi. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknlogi berfungsi sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka, yang berfokus pada pengembangan teori, metodologi, aplikasi, dan implementasi dalam berbagai aspek dan ilmu komputer dan teknologi. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi memiliki tujuan untuk menjadi sumber utama informasi bagi perkembangan ilmu komputer dan teknologi. Visi jurnal ini adalah untuk mendorong inovasi, mempromosikan penelitian yang berkualitas, serta memfasilitasi kolaborasi antara akademisi dan industri guna menghasilkan solusi teknologi yang relevan dan aplikatif. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi mengundang kontribusi dari berbagai pihak yang tertarik dalam pengembangan ilmu komputer dan teknologi, dengan tujuan untuk bersama-sama memajukan bidang ini dan memberikan dampak positif bagi kemajuan teknologi.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2025): September" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN KELAYAKAN MAHASISWA BARU TEKNIK INFORMATIKA MENGGUNAKAN MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) Ruditya, Raka; Siregar, Yunita Sari; Khairani, Mufida
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.77

Abstract

Penerimaan mahasiswa baru merupakan proses penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi. Program Studi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan menghadapi tantangan dalam menilai dan menyeleksi calon mahasiswa secara manual, terutama dengan meningkatnya jumlah pendaftar setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan berbasis web menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) guna mempermudah proses seleksi. MAUT digunakan untuk mengkonversi berbagai kriteria penilaian ke dalam skala numerik 0–1, memungkinkan perbandingan langsung antar alternatif. Sistem ini mempertimbangkan variabel seperti asal sekolah, jurusan, nilai ujian nasional, serta hasil ujian pendaftaran akademik, kemampuan dasar, dan komputer. Pengembangan sistem dilakukan dengan pendekatan metode waterfall dan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan rekomendasi yang akurat dan efisien dalam menentukan kelayakan calon mahasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi praktis dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk kebutuhan seleksi lainnya.
PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF "SERUPUT!!" SEBAGAI SARANA INTERAKTIF PENGENALAN MINUMAN TRADISIONAL Shefi, Annisa Dwiayu; Tanjung, Mhd Rusdi
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.82

Abstract

Pengetahuan generasi muda mengenai minuman tradisional Indonesia semakin berkurang akibat gempuran budaya modern dan produk minuman instan. Padahal, minuman tradisional merupakan bagian dari warisan budaya yang penting untuk dijaga dan dilestarikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancanglah sebuah board game edukatif berjudul “Seruput!!” yang bertujuan untuk memperkenalkan ragam minuman tradisional Indonesia secara menyenangkan melalui media permainan interaktif. Metode perancangan yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi lapangan, serta wawancara dengan narasumber yang relevan untuk memperoleh data yang akurat. Hasil perancangan berupa board game dengan elemen visual ilustratif dan komponen permainan yang beragam, seperti kartu minuman, kartu aksi, kartu tokoh, kartu prestasi, papan permainan, token, serta buku panduan. Melalui proses uji coba yang dilakukan kepada anak-anak, permainan “Seruput!!” terbukti mampu menarik minat, memotivasi belajar, sekaligus menjadi media alternatif yang efektif untuk mengenalkan budaya kuliner Indonesia. Dengan demikian, permainan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi generasi muda terhadap minuman tradisional serta menjaga keberlangsungan budaya lokal Indonesia.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS ANDROID DI SMP KESATRIA MEDAN Ramadhan, Rahmad; Ramli, Ramli; Hidayat, Dody
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.61

Abstract

Kemajuan teknologi informasi memungkinkan diterapkannya media pembelajaran yang inovatif, salah satunya dengan aplikasi berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi pengenalan hardware komputer berbasis Android yang dapat membantu siswa di SMP Kesatria Medan dalam memahami komponen-komponen dasar komputer. Aplikasi ini dirancang dengan antarmuka yang sederhana dan menarik, sehingga memudahkan siswa dalam penggunaannya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, serta pengujian aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap hardware komputer dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran tambahan yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah.
GAME BOARD INTERAKTIF : SOLUSI KREATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT GENERASI MUDA PADA KEBUDAYAAN NUSANTARA Aslam Saputra, Syaiful; Soraya, Ayu
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.78

Abstract

Kebudayaan Nusantara merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang kaya dan beragam, namun terjadi tantangan besar yang disebabkan arus globalisasi dan rendahnya minat generasi muda terhadap literasi budaya lokal. Penelitian ini mencoba menjawab persoalan tersebut dengan merancang sebuah game board interaktif bernama “Papan Nusantara” yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar usia 10–12 tahun. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap 25 siswa kelas V SD Swasta IKAL Medan, serta didukung data sekunder dari literatur, ensiklopedia budaya, dan studi relevan lainnya. Analisis menggunakan metode 5W+1H membantu memetakan kebutuhan serta merumuskan strategi desain yang tepat. Hasil uji coba menunjukkan bahwa permainan ini tidak hanya membuat siswa lebih antusias, tetapi juga membantu mereka memahami keberagaman budaya Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan kompetitif. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan kreatif melalui media permainan dapat menjadi jembatan efektif antara pendidikan formal dan pelestarian kebudayaan Nusantara.
PENERAPAN DATA MINING UNTUK PREDIKSI MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 Abdilla, Nurul; Gustiana, Zelvi; Yasir, Amru
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.67

Abstract

Pendidikan dalam kehidupan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup seseorang dimasa depan, terlebih kepada para siswa/siswi yang sedang menempuh pendidikan. Dalam hal ini akan dilakukan penentuan seberapa besar minat siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Maka dari itu dibuatlah prediksi minat belajar menggunakan metode Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 merupakan salah satu metode data mining untuk memprediksi kemampuan siswa dalam menyelesaikan bidang studi dilihat dari nilai hasil belajar siswa. Yang hasil akhirnya merupakan sebuah bentuk pohon keputusan dengan nilai akurasi sebesar 90%.
IMPLEMENTASI DESAIN VISUAL YANG KONSISTEN UNTUK MENINGKATKAN CITRA MEREK: STUDI PADA PERUSAHAAN VIVA REALTY Khatami, Nupail; Tanjung, Muhammad Rusdi
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.79

Abstract

Persaingan pada industri real estat kian menuntut perusahaan untuk menampilkan identitas visual yang kuat dan konsisten agar dapat menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan pedoman merek untuk perusahaan Viva Realty, sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan konsistensi elemen visual perusahaan dan citra merek. Metode perancangan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data primer berupa observasi, wawancara, dan kuesioner, serta didukung data sekunder dari literatur seperti buku, jurnal, artikel dan studi relevan lainnya. Analisa awal menunjukkan bahwa terdapat inkonsistensi pada penggunaan logo, tipografi, warna, dan elemen grafis pada materi promosi perusahaan Viva Realty, hal ini berpengaruh pada rendahnya pengenalan merek. Oleh karena itu, dirancanglah pedoman merek yang mencakup panduan penggunaan logo, tipografi, palet warna, elemen grafis pendukung, serta templat media sosial. Pedoman ini dirancang agar dapat diterapkan secara konsisten di berbagai platform dan media promosi. Hasil akhir perancangan menunjukkan bahwa penerapan pedoman merek mampu membuat materi desain promosi tampil lebih konsisten sehingga menciptakan kesan profesional, memperkuat identitas visual, dan meningkatkan citra merek di mata konsumen. Pedoman merek ini diharapkan menjadi acuan utama bagi perusahaan Viva Realty dalam seluruh kegiatan komunikasi visual dan promosi di masa mendatang.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI BARANG MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE STUDI KASUS BAKSO KULINER Fernando, Verry; Syahputra, Edy Rahman
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.71

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memberikan peluang besar bagi UMKM untuk meningkatkan efisiensi operasional, termasuk dalam pengelolaan distribusi barang. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi distribusi barang menggunakan metode prototype pada studi kasus Bakso Kuliner yang telah beroperasi sejak 2010 di Medan, Sumatera Utara. Permasalahan utama yang dihadapi adalah sistem distribusi manual yang rentan kesalahan pencatatan, kesulitan monitoring stok real-time, dan lambatnya pengambilan keputusan distribusi. Metode prototype dipilih karena memungkinkan pengembangan sistem secara iteratif dengan melibatkan pengguna dalam evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Sistem dikembangkan berbasis web menggunakan PHP, MySQL, dan XAMPP dengan pemodelan UML (Use Case, Activity, Sequence, dan Class Diagram). Hasil penelitian menunjukkan sistem dapat meningkatkan akurasi pengelolaan stok, memungkinkan monitoring distribusi real-time, dan mempermudah pengambilan keputusan operasional melalui laporan yang akurat dan tepat waktu.
PEMBUATAN VIDEO GRAPHIC MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG SKINCARE DAN MAKE-UP SEBAGAI SARANA PROMOSI TOKO SKINNEEDS WORLD Raissa, Namira; Desipriani, Desipriani
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.80

Abstract

Video “Your SKINNEEDS to Know” dirancang sebagai media pembelajaran remaja mengenai skincare dan make up. Karya ini menggunakan pendekatan vlog dan motion graphic dengan gaya visual yang ringan, colorful, dan girly untuk menarik perhatian sekaligus memudahkan pemahaman. Penelitian memadukan wawancara remaja sebagai data primer dan literatur terkait sebagai data sekunder. Media utama didukung dengan berbagai elemen pendukung seperti poster, T-shirt, sticker pack, hingga gift pack, sehingga tercipta identitas visual yang konsisten.Berdasarkan kuesioner terhadap 95 responden, video dinilai mudah dipahami, menarik, serta efektif meningkatkan pengetahuan tentang skincare berbahaya dan make up palsu. Karya ini juga memperkenalkan Skinneeds sebagai solusi penyedia produk aman dan asli.
Cover September 2025 September, Cover
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.88

Abstract

-
IMPLEMENTASI METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN PEGAWAI BERBASIS WEB PADA PERUSAHAAN Atoriq, Muhammad Agit; Rusydi, Ibnu; Rahman, M Arif
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.74

Abstract

PT. Patra Niaga sebagai anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) memiliki peran penting dalam pendistribusian energi nasional, khususnya bahan bakar minyak. Kegiatan operasional yang melibatkan pekerjaan berisiko tinggi menuntut adanya sistem pengajuan izin kerja yang efisien dan aman. Namun, proses perizinan kerja yang masih dilakukan secara manual menimbulkan sejumlah permasalahan seperti keterlambatan persetujuan, miskomunikasi antar tim, hingga tidak tersimpannya data pekerjaan secara optimal. Hal ini berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan kerja dan menurunkan efisiensi operasional perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem informasi berbasis web berupa Work Management System (WMS). Sistem ini dirancang untuk memfasilitasi pengajuan, verifikasi, dan pemantauan izin kerja secara digital dan real time. Dengan sistem ini, proses administrasi menjadi lebih cepat, transparan, dan terdokumentasi dengan baik, serta memungkinkan manajemen melakukan kontrol dan pengawasan secara efisien. Teknologi ini juga meminimalisir kesalahan komunikasi dan kehilangan data, serta mendukung pemenuhan standar keselamatan kerja. Hasil dari implementasi sistem menunjukkan bahwa proses pengajuan izin kerja dapat dilakukan lebih efisien dan terdokumentasi dengan baik. Sistem juga meningkatkan efektivitas komunikasi antara tim lapangan dan kantor, serta mempermudah pelacakan progres pekerjaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12