cover
Contact Name
Sabrina Aulia
Contact Email
admin@compartdigital.com
Phone
+6282306422838
Journal Mail Official
sabrinaaulia@dharmawangsa.ac.id
Editorial Address
Komplek Griya Nafisa 5, Deli Serdang - Sumut
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 30640342     DOI : 10.63854/comptech.v1i2
Core Subject : Science,
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi adalah sebuah publikasi ilmiah yang memfokuskan diri pada penyebaran hasil penelitian dan inovasi terbaru di bidang ilmu komputer dan teknologi. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknlogi berfungsi sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka, yang berfokus pada pengembangan teori, metodologi, aplikasi, dan implementasi dalam berbagai aspek dan ilmu komputer dan teknologi. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi memiliki tujuan untuk menjadi sumber utama informasi bagi perkembangan ilmu komputer dan teknologi. Visi jurnal ini adalah untuk mendorong inovasi, mempromosikan penelitian yang berkualitas, serta memfasilitasi kolaborasi antara akademisi dan industri guna menghasilkan solusi teknologi yang relevan dan aplikatif. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi mengundang kontribusi dari berbagai pihak yang tertarik dalam pengembangan ilmu komputer dan teknologi, dengan tujuan untuk bersama-sama memajukan bidang ini dan memberikan dampak positif bagi kemajuan teknologi.
Articles 32 Documents
LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH MIS ISLAMIYAH GUPPI Putri, Rania Asmalia; Lubis, Ihsan; Lubis, Husni
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 1, No 1 (2024): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v1i1.17

Abstract

Pendidikan yang efektif dan inklusif memerlukan akses yang mudah dan cepat terhadap informasi akademik siswa. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi online yang memungkinkan orang tua untuk memantau laporan hasil belajar bulanan siswa di Sekolah MIS Islamiyah GUPPI secara real-time. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi permasalahan aksesibilitas dan efisiensi dalam mendapatkan informasi akademik, yang sebelumnya membutuhkan kehadiran fisik orang tua di sekolah. Dengan menggunakan metode prototyping dan mengimplementasikan teknologi HTML, PHP, dan database MSQL server, aplikasi ini menawarkan solusi digital yang mempercepat distribusi informasi dan mengurangi kesalahan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak-anak mereka, memberikan informasi yang lebih jelas dan akurat tentang nilai siswa, dan memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga. Saran untuk pengembangan lebih lanjut meliputi penambahan fitur komunikasi dan notifikasi serta pelatihan pengguna untuk maksimalisasi fungsi aplikasi.
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN KELAYAKAN MAHASISWA BARU TEKNIK INFORMATIKA MENGGUNAKAN MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) Ruditya, Raka; Siregar, Yunita Sari; Khairani, Mufida
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.77

Abstract

Penerimaan mahasiswa baru merupakan proses penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi. Program Studi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan menghadapi tantangan dalam menilai dan menyeleksi calon mahasiswa secara manual, terutama dengan meningkatnya jumlah pendaftar setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan berbasis web menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) guna mempermudah proses seleksi. MAUT digunakan untuk mengkonversi berbagai kriteria penilaian ke dalam skala numerik 0–1, memungkinkan perbandingan langsung antar alternatif. Sistem ini mempertimbangkan variabel seperti asal sekolah, jurusan, nilai ujian nasional, serta hasil ujian pendaftaran akademik, kemampuan dasar, dan komputer. Pengembangan sistem dilakukan dengan pendekatan metode waterfall dan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan rekomendasi yang akurat dan efisien dalam menentukan kelayakan calon mahasiswa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi praktis dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk kebutuhan seleksi lainnya.
Cover Maret 2025 Maret, Cover
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 1, No 2 (2025): Maret
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v1i2.42

Abstract

-
PENERAPAN METODE ALGORITMA C4.5 UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU TELKOMSEL Nadia, Isra; Zulham, Zulham; Yasir, Amru
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 1, No 2 (2025): Maret
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v1i2.25

Abstract

Telkomsel merupakan perusahaan operator telepon seluler yang menyediakan layanan untuk pengguna telepon seluler. Operator telepon seluler membuatkan kartu SIM dengan ukuran kecil untuk pelanggan dengan cara harus dimasukan ke setiap ponsel untuk mendapatkan akses layanan tersebut. Salah satu operator seluler yang banyak digunakan dan termasuk dalam kategori terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel. Dalam Penelitian ini menerapkan metode Algoritma C.45 dalam memutuskan kepuasan pelanggan terhadap penggunaan kartu Telkomsel prabayar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan kartu simpati jika di tinjau dari dimensi kepuasaan pelanggan. Metode penelitian yang dipakai yaitu Algoritma C4.5. Dalam Penelitian ini terdapat 500 orang yang merespon, tetapi hanya 20 repon yang menjadi bahan perhitungan. Dalam hasil penelitian pengaruh harga paket sangat berpengaruh secara efektif dan efesien terhadap kepuasan pelanggan di Telkomsel.
PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF "SERUPUT!!" SEBAGAI SARANA INTERAKTIF PENGENALAN MINUMAN TRADISIONAL Shefi, Annisa Dwiayu; Tanjung, Mhd Rusdi
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.82

Abstract

Pengetahuan generasi muda mengenai minuman tradisional Indonesia semakin berkurang akibat gempuran budaya modern dan produk minuman instan. Padahal, minuman tradisional merupakan bagian dari warisan budaya yang penting untuk dijaga dan dilestarikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancanglah sebuah board game edukatif berjudul “Seruput!!” yang bertujuan untuk memperkenalkan ragam minuman tradisional Indonesia secara menyenangkan melalui media permainan interaktif. Metode perancangan yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi lapangan, serta wawancara dengan narasumber yang relevan untuk memperoleh data yang akurat. Hasil perancangan berupa board game dengan elemen visual ilustratif dan komponen permainan yang beragam, seperti kartu minuman, kartu aksi, kartu tokoh, kartu prestasi, papan permainan, token, serta buku panduan. Melalui proses uji coba yang dilakukan kepada anak-anak, permainan “Seruput!!” terbukti mampu menarik minat, memotivasi belajar, sekaligus menjadi media alternatif yang efektif untuk mengenalkan budaya kuliner Indonesia. Dengan demikian, permainan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi generasi muda terhadap minuman tradisional serta menjaga keberlangsungan budaya lokal Indonesia.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS ANDROID DI SMP KESATRIA MEDAN Ramadhan, Rahmad; Ramli, Ramli; Hidayat, Dody
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.61

Abstract

Kemajuan teknologi informasi memungkinkan diterapkannya media pembelajaran yang inovatif, salah satunya dengan aplikasi berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi pengenalan hardware komputer berbasis Android yang dapat membantu siswa di SMP Kesatria Medan dalam memahami komponen-komponen dasar komputer. Aplikasi ini dirancang dengan antarmuka yang sederhana dan menarik, sehingga memudahkan siswa dalam penggunaannya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, serta pengujian aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap hardware komputer dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran tambahan yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah.
IMPLEMENTASI METODE RANDOM FOREST DALAM PREDIKSI PENYEBAB TUNGGAKAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT MEDAN UTARA Hasibuan, Muhammad Ridwan; Rahman, Sayuti; Chiuloto, Kalvin
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 1, No 2 (2025): Maret
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v1i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Random Forest dalam melakukan prediksi penyebab tunggakan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Medan Utara. Metode Random Forest digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tunggakan pembayaran pajak kendaraan bermotor, sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif dalam menangani tunggakan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data historis tentang pembayaran pajak kendaraan bermotor dan faktor-faktor terkait dari Samsat Medan Utara. Proses analisis dimulai dengan tahap pra-pemrosesan data, termasuk pemilihan fitur yang relevan dan penanganan missing data. Selanjutnya, model Random Forest dikembangkan dan dilatih menggunakan data yang ada. Hasil prediksi kemudian dievaluasi menggunakan metrik evaluasi yang tepat. Dengan menerapkan metode Random Forest, penelitian ini dapat memberikan informasi yang berharga tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tunggakan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Medan Utara. Hasil prediksi yang akurat dapat membantu pihak berwenang untuk mengidentifikasi faktor-faktor risiko yang berpotensi menyebabkan tunggakan pembayaran pajak dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mengurangi jumlah tunggakan tersebut.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Medan Utara dan dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif dalam menangani masalah tunggakan pajak kendaraan bermotor.
IMPLEMENTASI METODE MABAC DALAM MENENTUKAN KUALITAS BATU BATA TERBAIK Salsabilla, Salsabilla; Syahputra, Edy Rahman; Lubis, Fahrul Rozi
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 1, No 1 (2024): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v1i1.18

Abstract

Batu bata telah menjadi bahan bangunan penting selama ribuan tahun, dan kualitasnya sangat mempengaruhi kekuatan serta daya tahan struktur bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas batu bata yang digunakan dalam proyek konstruksi gedung perkantoran dengan menerapkan metode MABAC (Multi-Attributive Border Approximation Area Comparison). Metode ini dipilih karena kemampuannya dalam menangani kompleksitas dan ketidakpastian dalam penilaian multiatribut, yang mencakup kriteria seperti kekuatan, daya serap air, ketahanan terhadap cuaca, dan faktor harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode MABAC efektif dalam memberikan peringkat dan menentukan alternatif batu bata terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode MABAC dapat meningkatkan akurasi dalam pemilihan bahan bangunan, yang berkontribusi pada keselamatan dan keberlanjutan struktur bangunan. Saran untuk penelitian selanjutnya termasuk memasukkan kriteria tambahan seperti estetika, keberlanjutan lingkungan, dan dampak kesehatan untuk penilaian yang lebih komprehensif.
GAME BOARD INTERAKTIF : SOLUSI KREATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT GENERASI MUDA PADA KEBUDAYAAN NUSANTARA Aslam Saputra, Syaiful; Soraya, Ayu
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 2, No 1 (2025): September
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v2i1.78

Abstract

Kebudayaan Nusantara merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang kaya dan beragam, namun terjadi tantangan besar yang disebabkan arus globalisasi dan rendahnya minat generasi muda terhadap literasi budaya lokal. Penelitian ini mencoba menjawab persoalan tersebut dengan merancang sebuah game board interaktif bernama “Papan Nusantara” yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar usia 10–12 tahun. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap 25 siswa kelas V SD Swasta IKAL Medan, serta didukung data sekunder dari literatur, ensiklopedia budaya, dan studi relevan lainnya. Analisis menggunakan metode 5W+1H membantu memetakan kebutuhan serta merumuskan strategi desain yang tepat. Hasil uji coba menunjukkan bahwa permainan ini tidak hanya membuat siswa lebih antusias, tetapi juga membantu mereka memahami keberagaman budaya Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan kompetitif. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan kreatif melalui media permainan dapat menjadi jembatan efektif antara pendidikan formal dan pelestarian kebudayaan Nusantara.
PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MPASI) OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHT PRODUCT Khairani, Sumi; Wulan, Nur; Ekawan, Triki
CompTech : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Vol 1, No 2 (2025): Maret
Publisher : Compart Digital

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63854/comptech.v1i2.49

Abstract

Salah satu masalah utama yang dihadapi orang tua dalam menentukan Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah kesulitan dalam menentukan makanan yang sesuai dan tepat. United Nation Children Fund (UNICEF) dan World Health Organization (WHO) menganjurkan usaha penurunan angka kesakitan dan kematian anak dengan cara pemberian asi yang sebaiknya diberikan minimal 6 bulan lamanya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem pendukung keputusan dalam menentukan makanan pendamping asi (MPASI) optimal menggunakan metode Weight Product. Metode Weight Product dapat membantu dalam mengambil keputusan akan tetapi perhitungan dengan menggunakan Metode Weight Product ini hanya menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif yang terbaik. Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini, orang tua dapat memperoleh rekomendasi makanan yang tepat berdasarkan kriteria-kriteria yang ditetapkan. Hasil dari penelitian ini adalah Metode Weight Product (WP) dalam mengimplementasikan sistem pendukung keputusan menentukan makanan pendamping asi berbasiskan website berhasil memberikan saran makanan yang merupakan nilai tertinggi dari perhitungan Metode Weight Product (WP).

Page 1 of 4 | Total Record : 32