cover
Contact Name
Khoirul Jazilah
Contact Email
khoirul@lecturer.uluwiyah.ac.id
Phone
+6285850536455
Journal Mail Official
amyta.amaliyatutadris@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Mojosari Mojokerto KM. 4. No. 10 Mojokerto.
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Amaliyatu Tadris (AMYTA)
ISSN : -     EISSN : 29649226     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Amaliyatu Tadris meliputi :1. Metodologi Pembelajaran, 2. Strategi Pembelajaran, 3. Penelitian Tindakan Kelas, 4. Literasi Media Pembelajaran. 6. Pengembangan Kurikulum, 7. Evaluasi Pembelajaran, 8. Pengembangan Profesi Guru, 9. Integrasi Teknologi dalam Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2025): Februari" : 7 Documents clear
Pendidikan Islam Adaptif: Strategi Mendidik Akhlak di Tengah Arus Teknologi Modern wahyudi, imam
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article explores adaptive strategies in Islamic education for cultivating moral character amidst the rapid advancement of modern technology. Using a library research approach, the study analyzes recent literature from academic journals and books published within the last five years. The findings reveal that Islamic education must evolve by integrating spiritual values with the wise use of digital tools. Key strategies include value-based learning, the utilization of Islamic digital media, and strengthening the role of educators as moral exemplars. These approaches are essential to preserve the essence of akhlaq education in the digital age. The study emphasizes the importance of innovation and contextual relevance in Islamic education to effectively shape the character of the younger generation
Meneropong Peranan Kegiatan Keagamaan Dalam Mengurangi Bullying Ummah, Risalul; Rahmawati, Cindy Agustin
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bullying is a social phenomenon that is distressing and has the potential to harm individuals' psychological well-being. In an effort to reduce the level of Bullying, the role of religious activities becomes an important consideration. This article adopts a qualitative literature study approach to examine the role of religious activities in reducing Bullying. The results of the literature analysis indicate that religious activities have the potential to reduce Bullying through moral education, social support, self-control, forgiveness, peace, and responsible technology use. However, the effects may vary depending on contextual factors. This study highlights the need for further research in different contexts to understand the deeper role of religious activities in addressing Bullying. Bullying merupakan fenomena sosial yang meresahkan dan berpotensi merusak kesejahteraan psikologis individu. Dalam upaya untuk mengurangi tingkat Bullying, peran kegiatan keagamaan menjadi perhatian penting. Artikel ini mengadopsi pendekatan studi literatur kualitatif untuk meneropong peranan kegiatan keagamaan dalam mengurangi Bullying. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan dapat berpotensi mengurangi Bullying melalui pendidikan moral, dukungan sosial, pengendalian diri, pengampunan, perdamaian, dan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab. Namun, efeknya dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor kontekstual. Studi ini menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut dalam konteks yang berbeda untuk memahami peran yang lebih dalam dari kegiatan keagamaan dalam mengatasi Bullying
Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Aktivitas Menggunting dan Menempel di KB Citra Bangsa Jiyu Kutorejo Mojokerto Tirta, Amala; Fityani, Siti
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Anak prasekolah memegang peranan krusial dalam membentuk fondasi tumbuh kembang anak secara menyeluruh. priode prasekolah merupakan periode awal yang krusial dalam membentuk fondasi kuat bagi pertumbuhan anak di berbagai aspek kehidupannya. Di lingkungan PAUD, anak-anak dikenalkan dengan metode pembelajaran yang menarik, interaktif, serta responsif terhadap kebutuhan mereka, sehingga mereka dapat mengeksplorasi dunia sekitar secara menyenangkan dan bermakna. Kemampuan motorik halus merupakan salah satu aspek perkembangan yang memerlukan perhatian khusus. Usaha untuk memunculkan keterampilan motorik halus di KB Citra Bangsa dilakukan melalui beragam aktivitas, seperti kegiatan menggunting dan menempel menggunakan berbagai bentuk dan pola. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah 17 anak didik dari Kelompok 2, yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal sebelum tindakan dilakukan, kemampuan motorik halus anak berada pada kategori Mulai Berkembang dengan persentase sebesar 44%. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I pertemuan ke-6, terjadi peningkatan ke kategori Berkembang Sesuai Harapan dengan persentase 70%. Selanjutnya, pada siklus II pertemuan ke-6, peningkatan yang lebih signifikan terlihat dengan capaian 79% dan termasuk dalam kategori Berkembang Sangat Baik.  
Dinamika Kesiapan Kompetensi Guru Dalam Insersi Kurikulum Cinta di SMP Unggulan Alfaqih Al Farizy, Fairuz Zubady
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Cinta di SMP Unggulan Alfaqih, termasuk hambatan yang dihadapi, potensi yang ada, dan dukungan yang diperlukan untuk mengoptimalkan penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang dibagikan kepada guru-guru SMP Unggulan Alfaqih. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengidentifikasi hambatan, potensi, dan dukungan dalam penerapan Kurikulum Cinta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Cinta telah diterapkan dengan baik, terdapat beberapa hambatan seperti sikap egois pada sebagian siswa dan keterbatasan waktu serta fasilitas pembelajaran. Namun, dukungan dari kepala sekolah dan keterlibatan orang tua memberikan potensi besar untuk memperkuat implementasi kurikulum ini. Efektivitas implementasi Kurikulum Cinta Siswa di SMP Unggulan Alfaqih dapat dikatakan tinggi, terutama dalam menciptakan suasana pembelajaran yang humanis, membangun karakter siswa secara menyeluruh, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Pengaruh Pendekatan Deep Learning Malalui Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Asna Bariroh , Asna
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of implementing the Deep Learning approach through the Problem Based Learning (PBL) model on students’ conceptual understanding and problem-solving abilities in mathematics learning at MBI Amanatul Ummah Pacet. The Deep Learning approach was chosen because it encourages students to think deeply, connect concepts, and develop critical and reflective thinking skills. The research method used was a quasi-experimental design with a Pretest-Posttest Control Group Design. The subjects of the study consisted of 60 eleventh-grade students from MBI Amanatul Ummah Pacet, divided into two groups: an experimental group taught using the Deep Learning–PBL approach and a control group taught using conventional methods. The research instruments included a conceptual understanding test, a problem-solving ability test, observation sheets, and a student response questionnaire. Data were analyzed using the Independent Samples t-test with a significance level of 0.05. The results showed that there was a significant difference in learning outcomes between the experimental and control groups. Students who participated in learning using the Deep Learning–PBL approach showed a higher average improvement in both conceptual understanding and problem-solving abilities. Therefore, it can be concluded that the Deep Learning approach through the Problem Based Learning model has a positive and significant effect on improving mathematics learning outcomes and can create a more meaningful, active, and higher-order-thinking-oriented learning process.
Rekonstruksi Nilai Kepemimpinan Islam melalui Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di madrasah ibtidaiyah: Suatu Kajian Pustaka -, Afidatusholikha
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah berperan penting dalam membentuk kesadaran historis dan nilai moral peserta didik. Namun, praktik pembelajarannya sering masih berorientasi pada hafalan fakta sejarah tanpa menggali makna dan relevansinya bagi kehidupan modern. Artikel ini mengkaji secara konseptual penerapan pendekatan deep learning sebagai paradigma pedagogis alternatif dalam pembelajaran SKI. Penelitian dilakukan melalui metode library research dengan analisis isi terhadap literatur yang relevan mengenai teori deep learning, pedagogi Islam, dan pendidikan karakter. Hasil kajian menunjukkan bahwa deep learning menekankan pemahaman mendalam, refleksi nilai, dan penerapan kontekstual melalui tiga tahapan utama: eksplorasi konseptual, refleksi nilai, dan aplikasi kontekstual. Pendekatan ini memungkinkan peserta didik tidak hanya memahami peristiwa sejarah, tetapi juga meneladani nilai-nilai kepemimpinan para Khulafaur Rasyidin seperti kejujuran, amanah, dan keadilan. Implikasinya, guru berperan sebagai fasilitator reflektif dan perancang pengalaman belajar bermakna, dengan dukungan kurikulum integratif dan teknologi digital. Pendekatan ini sejalan dengan prinsip ta’dīb dan tazkiyah dalam pendidikan Islam, serta mendukung pembentukan pelajar berkarakter religius, reflektif, dan kontekstual sesuai tuntutan abad ke-21.
Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Babussalam SUPARTI , TINUK; Nabila, Nabila Nurul Izzah
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan emosional memainkan peran penting dalam perkembangan anak-anak usia dini, memengaruhi kemampuan mereka untuk memahami emosi, mengelola perasaan, menunjukkan empati, dan membentuk hubungan sosial dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana teknik peran-peran digunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun di RA Babussalam. Metode kualitatif digunakan dalam studi ini, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tinjauan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan peran bermain secara signifikan meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak, ditandai dengan peningkatan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan menamai emosi, mengelola perasaan saat terjadi perselisihan, menunjukkan empati, dan membangun hubungan sosial yang lebih efektif. Oleh karena itu, penggunaan peran bermain dapat dianggap sebagai pendekatan instruksional yang efektif untuk mengembangkan kecerdasan emosional pada masa kanak-kanak.

Page 1 of 1 | Total Record : 7