cover
Contact Name
Masdar Helmi
Contact Email
rjiftu@eng.unila.ac.id
Phone
+6281394026283
Journal Mail Official
rjiftu@eng.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung E Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Jl. Soemantri Brojonegoro No.1, Gedung Meneng, Kota Bandar Lampung 35145, Indonesia.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : 08527733     EISSN : 27150747     DOI : https://doi.org/10.23960/rekrjits
Core Subject : Engineering,
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 28 No. 3 (2024): Desember 2024" : 6 Documents clear
Analisis Kelayakan Ekonomi Investasi Pembangunan Embung Pulung Kencana di Kabupaten Tulang Bawang Barat Gusti, Elsa Permata; Kustiani, Ika; Siregar, Amril Ma'ruf
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 3 (2024): Desember 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i3.108

Abstract

Desa Pulung Kencana merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Untuk meningkatkan potensi desa maka direncanakan pembangunan embung yang berfungsi untuk memberikan alternatif pengembangan usaha pertanian warga dan objek wisata berbasis eco dengan tetap menjaga kelestarian alam sebagai daya tarik utama. Lokasi pembangunan embung ini sendiri direncanakan pada lahan yang tidak dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui besarnya biaya, manfaat, dan nilai kelayakan investasi yang diperoleh dari pembangunan embung di Desa Pulung Kencana. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menganalisa kelayakan ekonomi investasi dari pembangunan embung berdasarkan banyaknya biaya yang digunakan dengan keuntungan ekonomi masyarakat sekitar dari adanya pembangunan Embung Pulung Kencana, lalu perhitungan dari biaya dan manfaat tersebut akan diolah untuk menentukan kelayakan dari pembangunan embung tersebut. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan empat metode yaitu Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Benefit Cost Ratio (BCR), dan Payback Periode (PP). Hasil analisis pada kelayakan ekonomi investasi yang telah dilakukan pada Embung Pulung dapat disimpulkan bahwa manfaat pembangunan embung dapat dilihat dari tiga sektor krusial (pertanian, perikanan, dan pariwisata) dan tergolong layak untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya, dikarenakan semua skenario memenuhi kriteria yang ada. ondisi terbaik berada pada skenario kesembilan dengan perhitungan mengunakan suku bunga 10% dan asumsi pendapatan pertahunnya yang dihasilkan sebesar 110%.
Analisis Implementasi Pengendalian Waktu Dan Biaya Pada Pelaksanaan Pembangunan Gedung C Fkip Tahap III Universitas Lampung Dengan Metode Earned Value: Metode Nilai Hasil, Gedung C FKIP, Pengendalian Proyek, Waktu, Biaya Novita Sari, Ike; Kustiani, Ika; Siregar, Amril Ma'ruf
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 3 (2024): Desember 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i3.109

Abstract

Sarana dan prasarana menjadi penunjang utama dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Universitas Lampung melakukan kegiatan rutin yakni pembangunan maupun renovasi gedung-gedung guna menunjang kebutuhan fasilitas pendidikan. Agar kegiatan proyek pembangunan berjalan sesuai jadwal dan sesuai anggaran, maka diperlukan pengendalian proyek seperti pada pembangunan Gedung C FKIP Tahap 3 Universitas Lampung dilakukan dengan menggunakan metode nilai hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja biaya dan waktu dengan implementasi earned value analysis, serta mengetahui variansi pada proyek pembangunan Gedung C FKIP Tahap 3 Universitas Lampung. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data sekunder berupa time scheduling, RAB, gambar rencana, dan laporan progress mingguan proyek. Hasil penelitian menunjukkan waktu yang direncanakan pada kontrak pembangunan Gedung C FKIP Tahap 3 Universitas Lampung yaitu 120 hari kalender dan waktu tersebut sesuai dengan hasil perhitungan Estimate at Schedule pada minggu terakhir diperoleh perkiraan waktu total selesainya proyek yaitu 120 hari kalender, yang artinya proyek selesai tepat waktu dan tidak mengalami penambahan waktu dalam pembangunan atau bisa disebut juga on schedule. Dan biaya aktual yang dikeluarkan oleh pihak kontraktor lebih rendah 9,56307021468% dari rencana dan nilai pekerjaan yang diselesaikan oleh pihak kontraktor.
Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Jl. Imam Bonjol – Jl. Pagar Alam) Diani, Sahara Nugra; Herianto, Dwi; Junaedi, Tas'an
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 3 (2024): Desember 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i3.110

Abstract

Simpang Jl. Imam Bonjol – Jl. Pagar Alam termasuk simpang tak bersinyal yang sering mengalami kepadatan arus lalu lintas. Pada persimpangan jalan, sering terjadi kemacetan pada waktu-waktu tertentu yaitu pada pagi dan sore hari. Tujuan penelitian untuk mengetahui aru lalu lintas (Q) dan kapasitas simpang (C), menganalisis derajat kejenuhan dan besarnya tundaan, dan mengetahui tingkat pelayanan. Metode yang digunkan untuk menganalisis kinerja ruas jalan pada simpang menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI, 2014). Kesimpulannya arus lalu lintas tertinggi sebesar 1881,3 skr/jam dan kapasitas simpang sebesar 3002 skr/jam untuk hari senin dan arus lalu lintas tertinggi sebesar 2122,3 skr/jam dan kapasitas simpang sebesar 2968 skr/jam untuk hari sabtu yang artinya kepadatan pada simpang tersebut sudah ramai dan mengakibatkan sedikit kemacetan pada jam sibuk. Nilai derajat kejenuhan pada hari senin 0,63 dan hari sabtu 0,72 serta tundaan berhenti 11,05 det/skr untuk hari senin dan 12,11 det/skr untuk hari sabtu yang artinya kondisi pada simpang tersebut mulai tidak stabil dan kecepatan menurun. Tundaan yang didapatkan bahwa tingkat pelayanan simpang tak bersinyal pada saat ini berada pada tingkat C yang artinya tingkat pelayanan pada simpang tersebut masih dikategorikan baik karena rentan tundaan antara 11-20 det/skr.
Pengaruh Abu Ketel Sebagai Bahan Pengganti Sebagian Semen Dalam Campuran Beton Normal Terhadap Kuat Tekan: Abdullah, Habib Ilham; Irianti, Laksmi; Helmi, Masdar; Widyawati, Ratna
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 3 (2024): Desember 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i3.112

Abstract

Limbah abu ketel yang dihasilkan dari proses pengolahan kelapa sawit sering kali tidak dimanfaatkan dan berpotensi mencemari lingkungan sekitarnya. Abu ketel berasal dari pembakaran tempurung kelapa sawit pada suhu antara 700?C hingga 800?C. Oleh karena itu, penting untuk memanfaatkan limbah abu ketel ini, khususnya sebagai campuran dalam beton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan abu ketel terhadap waktu pengikatan semen dan kekuatan tekan beton melalui eksperimen di laboratorium. Variabel yang diteliti mencakup persentase penggantian abu ketel terhadap sebagian semen (0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%). Sampel uji berupa pasta beton dan beton kubus dengan dimensi 15x15x15 cm pada umur 28 hari. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa penggunaan abu ketel dapat mempercepat proses pengikatan semen dan menghasilkan slump yang lebih rendah. Semakin tinggi persentase abu ketel, semakin rendah slumpnya. Kadar optimal substitusi abu ketel pada beton kubus 28 hari adalah 5%, dengan kekuatan tekan 29,47 Mpa. Selain itu, penggunaan abu ketel pada persentase lainnya (5%, 10%, dan 15%) cenderung dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan kekuatan tekan beton pada umur 28 hari, dengan persentase 5% menunjukkan hasil yang optimal. Dengan demikian, penggunaan abu ketel dalam beton memberikan dampak positif pada kekuatan tekan beton serta membantu dalam pemanfaatan limbah industri.
The Deformasi perkerasan kaku pada usia dini: Deformation of rigid pavement at an early age Diego, Diego Maradona Maharduta; Niken, Chatarina; Widyawati, Ratna
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 3 (2024): Desember 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i3.114

Abstract

Sering ditemui keretakan pada perkerasan kaku. Salah satu penyebabnya ialah retak yang disebabkan oleh susut yang tidak mampu diakomodasi beton. Bila susut usia dini tidak bisa diakomodasi, maka resiko penurunan kinerja menjadi lebih besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deformasi yang terjadi pada jalan beton di Provinsi Lampung, Indonesia sejak pengecoran sampai beton berumur 24 jam. Sampel penelitian berupa perkerasan kaku berukuran 5000×4500×300 mm dengan fs’ 4,5 MPa dan f”c 25 Mpa yang merupakan jalan tol sesungguhnya. Curing beton dilakukan dengan cara menyelimuti beton dengan geotextile dan dibasahi setiap 2 jam sejak beton berusia 13 jam 30 menit. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Alat yang digunakan pada penelitian ialah Vibration Wired Embedded Strain Gauge (VWESG) dan penelitian dilakukan selama 24 jam sejak beton dicor. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskripsi hasil pengamatan dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deformasi beton yang terjadi pada perkerasan kaku di Indonesia dari yang terbesar hingga yang terkecil secara berurutan dimulai dari bagian tengah, bagian sisi panjang, bagian sisi pendek, lalu bagian sudut segmen.
Penanganan rembesan dan perkuatan tanah menggunakan metode insitu test (pressure meter test) studi kasus : proyek Bendungan Margatig Anggraini, Nora; Wahono, Endro Prasetyo; Kusumastuti, Dyah Indriana
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 3 (2024): Desember 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v28i3.116

Abstract

The purpose of this writing is to determine the handling of seepage and soil reinforcement required in the case study of the Margatiga Dam Project, East Lampung. Based on the results of geological investigations, the Margatiga Dam is composed of quarter-old rock layers with a fragment composition in the form of fine sand - gravel, with a hardness level of soft - hard and the need for foundation repairs. Based on the lithological conditions of the Margatiga Dam Extraction Gate foundation and the Spillway building which are composed of relatively deep and quite porous alluvial sand deposits, this causes the curtain grouting results to be ineffective, therefore it is necessary to change the design to control seepage from the Grouting Curtain to the boundary wall. Based on the simulation checks in the Plaxis Software for Seepage and Excavation Staging, processing was carried out using Secant Pile and Soldier Pile with a depth of 30 meters with a stretch of 140 m and overlapping with the left side of the Embankment Curtain Goruting. and the right side 5 m. PMT results in the field show that the maximum stress in the rock layer under the spillway foundation is 0.016 MPa and 0.630 MPa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6