Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles
67 Documents
Studi Numerik pada Balok Beton Bertulang dengan Perkuatan Hybrid Menggunakan GFRP (Glass Fiber Reinforced Polymer) dan Wiremesh
Isneini, Mohd;
Alami, Fikri;
Surahman, Ridho
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.3
Dalam pengujian eksperimental yang telah dilakukan, balok beton bertulang yang diberi perkuatan secara hybrid menggunakan GFRP dan wiremesh dengan kombinasi GFRP+wiremesh+wiremesh+GFRP (GWWG) dapat meningkatkan kapasitas beban maksimum yang dapat ditahan hingga mencapai 135%. Selanjutnya dilakukan pengujian menggunakan software berbasis elemen hingga untuk melihat hasil berdasarkan kedua cara tersebut. Dimensi balok yang dimodelkan berukuran panjang 1,7 m, lebar 15 cm dan tinggi 15 cm. Tebal GFRP yang digunakan adalah 1,33 mm/lapis sedangkan wiremesh adalah tipe kawat jala yang dilas berbentuk segi empat dengan diameter kawat sebesar 0,55 mm dan lebar bukaan 7 mm x 7 mm. Dengan mengandalkan geometri dan pembebanan yang simetris, balok hanya dimodelkan seperempat bagiannya saja. Persentase selisih hasil antara pemodelan dan eksperimental yang ditinjau di tengah bentang pada balok normal (BN) adalah 2,94% untuk lendutan, 17,30% untuk regangan serat atas dan 3,00% untuk regangan serat samping. Pola retak yang terjadi pada balok BN dalam pemodelan dan eksperimental menghasilkan pola retak yang sama yaitu retak lentur. Persentase selisih hasil antara pemodelan dan eksperimental yang ditijau di tengah bentang pada balok GWWG adalah 30,60% untuk lendutan, 17,42% untuk regangan serat atas dan 8,26% untuk regangan serat samping. Perkuatan yang diaplikasikan pada balok mengalami debonding sebelum regangan tekan beton mencapai regangan ultimitnya. Hal ini terjadi baik dalam pemodelan maupun eksperimental.
Analisis Numerik Perilaku Lentur Balok yang Diperkuat dengan GFRP dan Wiremesh
Isneini, Mohd;
Alami, Fikri;
Agustina, Nadya
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i2.4
Penelitian ini menggunakan tiga jenis balok yaitu balok tanpa perkuatan (B1), balok dengan perkuatan kombinasi GFRP dan Wiremesh (B2) dan balok dengan perkuatan Wiremesh saja (B3) dengan analisis numerik elemen hingga. Dalam memodelkan beton dan GFRP dideskripsikan sebagai elemen solid, kemudian untuk model tulangan dan wiremesh sebagai elemen truss dan model epoksi sebagai elemen cohesive. Interaksi yang diberikan pada hubungan antara tulangan dan beton serta hubungan antara epoksi dan wiremesh menggunakan teknik interaksi embedded region kemudia pada hubungan lapisan perkuatan dan lapisan epoksi menggunakan teknik interaksi tie constraint. Berdasarkan input beban maksimum hasil eksperimental, perbedaan persentase regangan pada model balok B1 sebesar 2% antara model numerik dan eksperimental, pada balok B2 adalah sebesar 30% dan pada balok B3 adalah sebesar 30%.
EVALUASI NILAI SISA KAPASITAS JEMBATAN VOIDED SLAB WAY BAKO I BERDASARKAN PERATURAN PEMBEBANAN SNI 1725-2016 dan PPJJR No. 12/1970
Sumantri, Devie Arisandy;
Helmi, Masdar;
Isneini, Mohd
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 25 No. 1 (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v25i1.5
Jembatan dapat mengalami kegagalan struktur karena berbagai macam faktor eksternal. Keadaan Jembatan Way Bako I yang mengalami lendutan cukup besar saat kendaraan melintas dan permukaan aspal yang selalu rusak mengindikasikan adanya potensi kegagalan struktur jembatan. Mengingat kegagalan struktur ini berbahaya bagi penggunanya, maka diperlukan langkah evaluasi sehingga dapat diketahui nilai sisa kapasitas jembatan dan dihindari kegagalan strukturnya. Evaluasi pada Jembatan ini menggunakan metode rating factor (RF) mengacu kepada Pedoman Penentuan Nilai Sisa Kapasitas jembatan dari Dirjen Bina Marga dengan melakukan analisis terhadap kondisi harian (inventory) dan kondisi khusus (operating). Berdasarkan pengamatan lapangan dan perhitungan data penelitian, Jembatan Way Bako I mengalami kerusakan non struktur maupun struktur. Berdasarkan analisis RF menurut SNI 1725-2016 dan PPJJR No. 12/1970 didapat hasil bahwa kapasitas momen pada inventory rating factor dan operating rating factor tidak aman karena memiliki nilai RF < 1. Sedangkan kapasitas geser pada inventory rating factor dan operating rating factor aman karena memiliki nilai RF > 1. Dengan demikian maka Jembatan Way Bako I memerlukan perbaikan struktur.
Desain balok beton menggunakan penulangan lembaran continue fiber reinforced polymer (FRP)
Alami, Fikri
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.6
Fiber Reinforced Polymer (FRP) sudah banyak dipergunakan untuk perkuatan konstruksi beton bertulang maupun untuk penulangan internal beton. Namun penggunaan FRP sebagai penulangan internal pada struktur beton, masih didominasi dengan penggunakan tulangan Bar (FRP Bars). Sementara penggunaan FRP tipe lembaran (FRP Sheet) masih terbatas dikarenakan kesulitan dalam pemahaman metode desain dan juga permasalahan debonding antara lembaran FRP dan beton. Tulisan ini membahas cara mendesain balok beton dengan menggunakan penulangan lembaran FRP, baik berupa lembaran FRP tipe pelat, maupun lembaran FRP yang kontinyu yang dapat dipergunakan sebagai kombinasi penulangan lentur dan geser. Hasil penelitian yang sudah diseleksi juga ditampilkan dalam tulisan ini sebagai perbandingan dengan teori yang dikembangkan.
ANALISIS PENYEBAB RETAK MELINTANG DAN RETAK RAMBUT PADA PERKERASAN KAKU STUDI KASUS JALAN TOLL BAKAUHENI – SIDOMULYO (LAMPUNG SELATAN)
Rainal, Rainal;
Niken, Chatarina;
Karami, Muhammad
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.7
Pekerjaan perkerasan kaku pada proyek jalan tol trans Sumatera ruas Bakauheni- Sidomulyo, terjadi retak setelah pengecoran. Hal ini menyebabkan kerugian bagi pengguna jasa, sehingga perlu untuk menganalisis terjadinya retak tersebut. Hasil analisis ini menjadi bahan pertimbangan dalam pengecoran perkerasan kaku, sehingga retak tersebut tidak kembali terjadi. Pengamatan dalam penelitian ini dilakukan sepanjang 39,4 km dengan dua jalur - empat lajur, yang terbagi menjadi 31.520 segmen. Retak melintang dibagi dua tipe, yaitu retak pertengahan segmen dan retak saw joint. Jumlah retak melintang pertengahan segmen sebanyak 185 buah (0,58% dari total pengecoran), retak melintang saw joint 134 segmen (0,42% dari total pengecoran). Selain retak melintang terdapat juga retak rambut, yang terjadi sepanjang 125 segmen (0,40% dari total pengecoran). Retak pertengahan segmen disebabkan adanya interval pengecoran yang lebih dari 15 menit antara beton yang telah terhampar dengan beton yang belum terhampar, sehingga terjadi perbedaan kembang dan susut pada batasnya. Retak saw joint dikarenakan bergesernya tulangan dowel dari as segmen dan keterlambatan pemotongan beton yaitu lebih dari 18 jam. Untuk penyebab retak rambut dikarenakan tidak meratanya penyiraman cairan curing compound saat proses pengecoran berlangsung. Retak ini juga dapat muncul saat masa pemeliharaan beton. Pemeliharaan dilakukan dengan cara penyiraman air ke permukaan beton, selain itu retak juga dapat muncul karena pemeliharaan yang dilakukan kurang dari 7 hari.
ANALISIS KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENYEBABKANKETERLAMBATAN PROYEK PADA PEMBANGUNAN JALAN TOL SERANG – PANIMBANG
Adhi, Santoso Waskito;
Purba, Aleksander;
Kustiani, Ika
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.9
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan analisis faktor. Penelitian dilakukan dengan wawancara/kuesioner terhadap 75 orang dari 15 instansi yang terkait dengan proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis hasil pencapaian faktor-faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang ini menggunakan metode indeks kepentingan yaitu berdasarkan nilai rata-rata (mean) dari skor jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan 9% kelompok faktor masuk dalam kategori cukup berpengaruh dengan rentang nilai mean 2,60-3,40, sebanyak 78% kelompok faktor masuk dalam kategori berpengaruh dengan rentang nilai mean 3,51-4,20. Selanjutnya faktor yang sangat berpengaruh terhadap keterlambatan proyek sebesar 3% dengan rentang nilai mean 4,21-5,00. Faktor yang sangat berpengaruh tersebut adalah faktor basic design dan dokumen tender investasi yang tidak akurat sehingga terjadi perubahan-perubahan dalam perencanaan dan spesifikasi, faktor pembebasan lahan yang tidak sesuai dengan jadwal pengadaan lahan yang telah ditetapkan Pemerintah (Bina Marga) serta faktor proses pengesahan dokumen detail engineering design yang berjenjang dari BPJT berlanjut ke Direktorat Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan Kementerian PUPR.
Analisis Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Transportasi Terhadap Minat Kunjungan Kembali Wisatawan Dan Preferensi Wisatawan di Kabupaten Lampung Selatan
Rachman, Tezza Soraya;
Sulistyorini, Rahayu;
Persada, Citra
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 25 No. 1 (2021)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v25i1.10
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan adanya jalan tol, dermaga eksekutif dan akses ke bandara yang semakin baik berpengaruh dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang datang kembali. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi:karakteristik pasar wisatawan Kabupaten Lampung Selatan, preferensi wisatawan terhadap produk wisata di Kabupaten Lampung Selatan, dan pengaruh pembangunan infrastruktur trasnportasi terhadap kunjungan kembali wisatawan. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebanyak 105 responden sedangkananalisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Persamaan yang dihasilkan adalah Y = 0,090 + 0,648 X1.1 + 0,293 X2.2, dengan variabel X1.1 adalah keterse-diaan jalan tol dan variabel X2.2 adalah kualitas dermaga eksekutif. Hasil penelitian menunjukkan aksesibilitas memiliki pengaruh sebesar 46,4% terhadap peningkatan kunjungan kembali wisatawan, sedangkan 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di masukan dalam model penelitian ini.Karakteristik wisatawan yang berkunjung di sekitar Lampung Selatan: berusia muda, berpenghasilan UMR dan kebanyakan wanita dengan tujuan untuk berlibur pada akhir pekan menggunakan mobil pribadi. Preferensi wisata lebih memilih wisata alam dan kuliner.Dari sisi sarana-prasarana, prioritas wisatawan adalah penyediaan air bersih, sedangkan kelancaran lalu lintas dankualitas jalan yang nyaman merupakan aksesibilitas yang diingikan wisatawan.
ANALISIS PENGARUH ANOMALI IKLIM TERHADAP CURAH HUJAN DI PROVINSI BENGKULU
Ismail, Muhammad Rizky;
Zakaria, Ahmad;
Susilo, Gatot Eko
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.11
Propinsi Bengkulu adalah salah satu daerah di Indonesia yang dipengaruhi oleh anomali iklim, diantaranya adalah bencana banjir dan kekeringan. Dengan demikian, diperlukan penelitian untuk mengetahui pengaruh anomali iklim terhadap curah hujan di Propinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: daerah yang dominan terpengaruh oleh anomali iklim, perulangan anomali iklim dan kecendrungan pertum-buhan anomali iklim di Propinsi Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode fast fourier transform (FFT) dan lomb periodogram. Hasil penelitian menunjukkan periode frekuensi dominan adalah perulangan 2,8 tahun untuk FFT, sedangkan lomb periodogram adalah 3,8 – 4,4 tahun. Hasil analisis FFT menunjukkan nilai amplitudo dari data BMKG adalah 1,2 mm2-3,4 mm2, sedangkan dari data TRMM nilai amplitudo adalah 0,1 mm2 – 0,6 mm2. Dengan menggunakan metode lomb periodogram didapatkan nilai amplitudo 2,5 mm2 – 25 mm2 dari data BMKG dan dari data TRMM diperoleh amplitude sebesar 0,28 mm2- 0,37 mm2. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah anomali iklim yang berpengaruh menurut hasil FFT adalah IODM dengan perulangan 2,8 tahun, sedangkan dari lomb periodogram yang berpengaruh adalah ENSO dengan perulangan 3,8 – 4,4 tahun. Disimpulkan pula bahwa daerah dominan terpengaruh oleh anomali iklim menurut data BMKG adalah Kepahiyang, sedangkan untuk TRMM adalah daerah Fatmawati dan Pulau Baai. Untuk kecenderungan pertumbuhan pengaruh anomali iklim, bahwa setiap stasiun kecuali Fatmawati BMKG, punya kecendrungan naik.
ANALISIS FAKTOR YANG MENENTUKAN KEBERHASILAN PEMBANGUNAN JALAN TOL (STUDI KASUS LEMATANG – KOTABARU)
Akbar, Aldharin Rizky;
Sulistyorini, Rahayu;
Afriani, Lusmeilia
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i1.12
Pembangunan jalan tol merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam memudahkan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan mobilitas dari segi ekonomi, maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menentukan keberhasilan pembangunan jalan tol trans Sumatera di Propinsi Lampung melalui aspek efisien jarak dan waktu, aspek ekonomi masyarakat, aspek pariwisata, aspek keamanan, dan aspek lingkungan. Analisis dalam penelitian ini melihat secara lengkap baik dari sisi eksternal maupun internal dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa jalan tol trans Sumatera dapat membantu masyarakat menangani masalah kemacetan, aksesibilitas, jarak tempuh lebih efisien dan dapat mengundang para investor baru untuk berinvestasi di Propinsi Lampung. Selain itu, jalan tol memiliki dampak terhadap perekonomian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan tingkat kecelakaan pada jalan tol trans Sumatera terbilang tinggi semenjak jalan tol tersebut resmi beroperasi.
PEMILIHAN RUTE JALAN TOL MENGGUNAKAN MODEL PILIHAN DISKRIT DARI PENGGUNA. (Studi Kasus Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang)
Susanto, Darmawan Adi;
Purba, Aleksander;
Niken, Chatarina
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 24 No. 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v24i2.13
Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan model pilihan rute yang dapat menjelaskan probabilitas pengguna jalan memilih jalan tol, dan untuk memperkirakan sensitivitas pilihan rute jika terjadi perubahan pada atributnya. Kuisioner stated preference digunakan sebagai media untuk mendapatkan data primer. Kuisioner ini ditujukan kepada pengguna kendaraan golongan I pada jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang. Formulir survei didesain menjadi dua bagian yang berisi data karakteristik responden dan data preferensi responden dengan empat level pilihan dari dua variabel bebas: kenaikan tarif tol dan penghematan waktu tempuh. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan model logit binomial untuk mendapatkan model regresi linear selisih utilitasnya. Dalam model juga dimasukkan faktor karakteristik tingkat pendapatan responden. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa atribut yang paling sensitif mempengaruhi model pilihan rute adalah penghematan waktu tempuh.