cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Perpustakaan
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2020): Agustus 2020" : 5 Documents clear
Strategi promosi sebagai upaya mengeksistensikan perpustakaan di era serba digital Virda Haniva
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 9, No 3 (2020): Agustus 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi dalam lingkup komputer dan jaringan, bersatu-padu dengan teknologi komunikasi membentuk suatu jaringan internet dengan jangkauan yang luas. Inovasi terbaru seperti teknologi jaringan wireless dan broadband, penyimpanan besar dengan transfer data berkecepatan tinggi, serta integrasi komunikasi dan teknologi selular dengan internet turut berkonstribusi meningkatkan produksi suatu informasi digital. Informasi digital dari internet berawal dari berbagai jenis layanan database online, web page, e-journal, katalog online, e-books, e-reporting, e-clips, dan e-resources lainnya dimana file digital tersebut berupa teks, audio, video, ataupun gambar. Ketersediaan e-resources melalui teknologi internet dan komunikasi tersebut tentu akan mengancam eksistensi perpustakaan jika dalam menyediakan informasinya masih dengan metode konvensional. Masyarakat akan meninggalkan perpustakaan jika tidak dibarengi dengan promosi yang mengemas perpustakaan menjadi sesuatu menarik. Peran promosi sangat penting guna mengenalkan masyarakat wajah perpustakaan yang modern yang didalamnya melayani jasa informasi yang dapat di pertanggungjawabkan kesahihannya
Promosi Aplikasi iJakarta Sebagai Media dalam Memperkenalkan Perpustakaan Digital di Indonesia Kania Almira Devina
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 9, No 3 (2020): Agustus 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini  menjelaskan  mengenai  promosi  layanan  perpustakaan  digital  iJakarta  yang  dilaukan  oleh  Dinas Perpustakaan  Dan  Kearsipan  Provinsi  DKI  Jakart.  Layanan  perpustakaan  digital  iJakarta  merupakan  layanan perpustakaan digital petama yang ada di Indonesia yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 bertepatan dengan Hari Anak Jakarta Membaca  yang dibangun dengan tujuan ntuk kemudahan akses perpustakaan di era digital saat  ini.  Untuk  dapat  dimanfaatkan  dan  dikenal  luas  oleh  pemustaka,  maka  dibutuhkan  adanya  promosi perpustakaan  yang  berguna  sebagai  salah  satu  cara  dalam  mengenalkan  layanan  perpustakaan  digital  iJakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatir review dengan observasi melalui media sosial dan website resmi perpustakaan digital iJakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa media promosi yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta yaitu dengan menggunakan media secara langsung yang dilakukan dengan promosi dari mulut ke mulut, dan media sosial seperti website resmi, media sosial instagram, facebook, dan twitter. Diharapkan promosi yang telah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta dalam mempromosikan layanan perpustakaan digital iJakarta dapat meningkatkan minat masyarakat luas
Dongeng Online Sebagai Bentuk Promosi Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru Mengenalkan Perpustakaan Pada Anak-anak Antonia Apri Damayanti
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 9, No 3 (2020): Agustus 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dongline atau Dongeng online menjadi salah satu inovasi yang dilakukan Perpustakaan Soerman HS selama pandemi sebagai bentuk promosi untuk memperkenalkan perpustakaan kepada masyarakat khususnya bagi pemustaka anak-anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kegiatan dongeng online yang dilaksanakan Perpustakaan Soerman HS menjadi bentuk promosi perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan pada anak-anak. Untuk metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan metode studi literatur dan internet searching untuk memperoleh data sebagai bahan referensi dan mendukung proses analisis penelitian. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yaitu kegiatan Dongeng Online cukup mampu menarik minat pemustaka anak untuk mengenal Perpustakaan Soerman HS, minat anak pada layanan dongeng online cukup tinggi yang ditandai dengan jumlah penontonnya yang cukup banyak. Namun perpustakaan hanya menyelenggarakan kegiatan ini dua kali, sehinggga sebagai saran peneliti mengharapkan layanan dongeng online dilaksanakan kembali meskipun keadaan sudah normal dari pandemi dan perpustakaan dapat dikunjungi kembali secara offline.
Penerapan media sosial pada dinas kearsipan dan perpustakaan lubuk sikaping di era milenial dalam upaya promosi peningkatan kunjungan perpustakaan Azizah Putri Maharani
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 9, No 3 (2020): Agustus 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan artikel ini untuk mendefinisikan teknologi informasi platform media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan di era milenial ini. Dengan menggunakan literaur pustaka yang mendeskripsikan peran media sosial di perpustakaan dan juga mendeskripsikan promosi perpustakaan untuk menunjang kunjungan pada perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan di Kota Lubuk Sikaping. Penelitian ini menggunakan metode sekunder dan mengumpulkan data yang sesuai dengan penelitian di jurnal artikel yang tersedia di jurnal langganan yang bisa diakses. Dari hasil penelitian ini membahas tentang cara untuk mempromosikan perpustakaan dengan cara mengikuti perkembangan zaman dengan penemuan teknologi informasi yang canggih seperti media sosial. Dan apa yang membuat suatu promosi perpustakaan terjadinya kendala sehingga masih banyak sekarang ini perpustakaan yang belum mengikuti perkembangan teknologi informasi
Analisis Bauran Informasi sebagai Strategi Pemasaran Informasi di Perpustakaan Universitas Indonesia Dewi Ayu Fatimah Shifa
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 9, No 3 (2020): Agustus 2020
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada masa sekarang, perpustakaan menghadapi permasalahan yang cukup pelik. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi dan informasi yang cepat. Fenomena tersebut bukan hanya mempermudah manusia dalam mendapakan informasi namun menjadi ancaman tersendiri akan adanya kepunahan perpustakaan. Oleh karena itu, perlu untuk membangun sebuah branding dan citra positif sehingga keberadaan perpustakaan tetap dianggap sebagai lembaga penyedia informasi oleh masyarakat. Salah satu caranya yaitu dengan mengaplikasikan bauran pemasaran 4P (Price, Product,Place and Promotion). Seperti halnya dengan Perpustakaan Universitas Indonesia yang telah menerapkan konsep tersebut secara penuh. Dalam artikel ini, akan membahas terkait analisis bauran informasi sebagai strategi pemasaran informasi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan observasi secara online dan studi pustaka. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi dari konsep bauran informasi di Perpustakaan UI. Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk menjadi bahan rujukan mengenai implementasi pemasaran informasi dengan konsep bauran informasi di perguruan tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5