cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
HIKARI
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA Bidang Kajian Linguistik Jepang.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016): Edisi Wisuda 85 (April 2016)" : 6 Documents clear
PENGARUH MEDIA PERMAINAN SPELLING BEE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA HIRAGANA SMA TUNAS LUHUR PROBOLINGGO RETNO DEWI, HASTI
HIKARI Vol 4, No 1 (2016): Edisi Wisuda 85 (April 2016)
Publisher : HIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil data pra penelitian yang diperoleh, bahwa siswa SMA Tunas Luhur masih mengalami kesulitan dalam menuliskan kosakata hiragana. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan media permainan spelling bee untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kosakata Hiragana.. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh permainan spelling bee terhadap kemampuan menulis kosakata Hiragana siswa kelas XI SMA Tunas Luhur Paiton Probolinggo, serta respon siswa terhadap permainan spelling bee. Penelitian ini menggunakan metode true eksperiment design. Kelas XI IPA sebegai kelas kontrol dan kelas XI ICP sebagai kelas eksperimen. Dari hasil analisis data kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh hasil t-test adalah 9,01t (0,05,db) =1,74 >t(0,05,17) = 1,74. Maka Ho diterima dan H1 ditolak, sehingga dinyataan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa media permainan Spelling Bee tidak mempunyaipengaruh positif yang signifikan terhadap kelas eksperimen dalam penguasaan kosakata hiragana pada kelas XI ICP. Namun berdasarkan hasil analisis angket, media permainan spelling bee mendapatkan respon positif dari siswa ditunjukkan dengan keantusiasan dan keaktifan siswa selama penerapan permainan spelling bee. Siswa aktif berdiskusi dan bekerjasama selama berkelompok dan siswa berlomba lomba untuk menjadi kelompok terbaik. Hal ini membuktikan bahwa permainan spelling bee dapat memotivasi siswa dalam belajar kosakata hiragana. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan spelling bee dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata Hiragana walaupun perbedaannya tidak signifikan. Kata Kunci: Media permainan, spelling bee, kosakata hiragana Abstract Based on the result of pre-research data, the students were dealing with difficulty in writing Hiragana letters. In this research, the researcher used spelling bee game media to increase the students’ Hiragana writing skill. This research was aimed to describe the effect of spelling bee towards the writing skill of Hiragana letters of the eleventh graders of SMA Tunas Luhur Paiton Probolinggo and the students’ responses towards the game.The research was conducted in SMA Tunas Luhur Paiton Probolinggo in two meetings. XI ICP was assigned as the experimental class and the class of XI IPA was assigned as the control class. This research is a quantitative research using True Experimental Design because it assigned two subjects to be contrasted. Based on the results of data analysis of control and experimental class, the result of t-test is 9.01 t (.05, db) = 1.74 > t (.05, 17) = 1.74. Thusm Ho was accepted and H1 was rejected; it can be said that there is no significant difference between the learning outcomes of control and experimental class. It can be concluded that Spelling Bee did not provide significant, positive effect towards the experimental class of XI ICP in the term of their mastery of writing hiragana letters. However, based on the results of questionnaire, Spelling Bee obtained positive responses from the students; it can be noticed by students’ enthusiasm and involvement during the implementation of Spelling Bee Game. The students were actively discussing and cooperating with their groups and the students exerted to be the best group. It proved that Spelling Bee Game can motivate the students in learning Hiragana Letters. Therefore, it can be concluded that Spelling Bee can increase the students’ writing ability of Hiragana letter despite the insignificant difference. Keywords: game media, spelling bee, Hiragana letters
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK GUNA MENINGKATKAN PENGUASAAN KATA KERJA DAN POLA KALIMAT BENTUK ~て ANAK TEMA KEGIATAN BERURUTAN (わたしのいちにち) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KREMBUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 KARANI NOVIYANTI, SASI
HIKARI Vol 4, No 1 (2016): Edisi Wisuda 85 (April 2016)
Publisher : HIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Guna Meningkatkan Penguasaan Kata Kerja dan Pola Kalimat Bentuk ~?Anak Tema Kegiatan Berurutan (????????) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Krembung Tahun Ajaran 2014/2015”. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 masih menjadi permasalahan baik bagi guru ataupun siswa. Tujuan penelitian pengembangan LKS ini untuk mendeskripsikan kelayakan LKS, efektifitas LKS, dan respon siswa terhadap LKS dalam meningkatkan penguasaan kata kerja dan pola kalimat bentuk ??. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan bahan ajar dari Warsita (2008:227). Uji coba produk secara terbatas dilakukan di SMA Negeri 1 Krembung selama empat kali pertemuan. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan melalui angket yang disebarkan pada 40 siswa kelas XI dengan rincian 20 angket diberikan kepada siswa kelas XI IPS Lintas Minat dan 20 angket kepada siswa kelas XI-MIA2. Kelayakan LKS dilihat melalui hasil validasi isi dari dua orang ahli materi, serta hasil validasi konstruksi dari tiga orang ahli media. Hasil validasi isi dengan kriteria penilaian sangat baik adalah 88,26%, sedangkan validasi konstruksi dengan kriteria penilaian sangat baik didapatkan hasil 90,43%. Efektifitas LKS diukur melalui analisis t-signifikansi terhadap nilai tes siswa kelas XI-MIA2. Hasil uji coba terbatas menunjukkan rata-rata nilai pre-test dengan total 45,77 kemudian mengalami peningkatan pada nilai rata-rata post-test sebesar 85,27. Sesuai dengan perhitungan t-signifikansi tersebut, nilai t pada uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Krembung yakni 19,26 > t(5%, db = 29) 2,04. Angket respon diberikan kepada siswa setelah menggunakan LKS. Hasil yang diperoleh dari angket respon yaitu 84,52% dengan kriteria penilaian sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, LKS, Pendekatan Saintifik, Kata Kerja, Pola Kalimat Bentuk ??
PENGARUH MEDIA KOTOBA GAZOU (GAMBAR KOSAKATA) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NAHDLATUL ULAMA 1 GRESIK HARIATI RUSNI, CICIK
HIKARI Vol 4, No 1 (2016): Edisi Wisuda 85 (April 2016)
Publisher : HIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penguasaan kosakata merupakan salah satu faktor penunjang agar siswa dapat mengkomunikasikan ide atau pikiran dalam bahasa Jepang. Sebenarnya siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari kosakata, sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan kosakata. Oleh karena itu, digunakan media kotoba gazou (gambar kosakata) untuk pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh media kotoba gazou (gambar kosakata) terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI MIA 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimen design. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa. Data dalam penelitian ini adalah nilai pre test dan post test siswa. Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan media gambar biasa, sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan media kotoba gazou (gambar kosakata). Berdasarkan hasil perhitungan perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan rumus t-test diperoleh 3,14 > (0,01,62) = 2,36 > (0,05,62) = 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media kotoba gazou (gambar kosakata) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang.   Kata Kunci : Media kotoba gazou (gambar kosakata), kosakata.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PAILKEM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ARISAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA (あーん) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SURABAYA NISMA ANUGRAHENI, BETTY
HIKARI Vol 4, No 1 (2016): Edisi Wisuda 85 (April 2016)
Publisher : HIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PAILKEM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ARISAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA (???) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SURABAYA Betty Nisma Anugraheni Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya bettynisma.anugraheni@gmail.com Abstrak Strategi merupakan salah satu pendekatan yang digunakan guru untuk menarik perhatian siswa dan membuat siswa nyaman akan proses pembelajaran yang sedang dilakukan. Salah satu strategi yang digunakan untuk pembelajaran adalah strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan. Strategi ini digunakan untuk mengukur kemampuan menulis huruf Hiragana (???) pada siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan menulis huruf Hiragana dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan. Dalam melakukan analisis data, digunakan metode penelitian eksperimen murni. Teknik pengumpulan data adalah dengan memberikan soal berupa pre-test dan post-test. Selain itu juga menyebarkan angket pada kelas eksperimen. Sampel penelitian ini 66 orang siswa SMA Negeri 14 Surabaya kelas XI tahun ajaran 2014/2015, namun dalam pengolahan data hanya 36 siswa yang dianalisis karena hasil dari penggunaan random sampling. Hasil analisis penelitian ini adalah bahwa strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis hurufHiragana siswa kelas XI SMA Negeri 14 Surabaya. Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai t-score (-6,982) < nilai t-tabel (-2,11), menunjukkan bahwa penggunaan strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis huruf Hiragana di SMA Negeri 14 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis angket, strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan mendapatkan respon positif dari siswa dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf Hiragana. Kata Kunci: PAILKEM, Kartu Arisan, Menulis huruf Hiragana
EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF "COLLEGE BALL" TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF KATAKANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2014 /2015 NUR ALIFAH, SITI
HIKARI Vol 4, No 1 (2016): Edisi Wisuda 85 (April 2016)
Publisher : HIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Kata kunci : startegi pembelajaran aktif college ball, huruf katakana Penguasaan huruf katakana sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa dalam mempelajari bahasa Jepang. Penelitian ini digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam menulis huruf katakanadi SMA Negeri 4 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh serta respon siswa terhadap efektifitas sebuah strategi pembelajaran aktif college ball untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis huruf katakana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis rancangan eksperimen murni (true experimen design). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo dengan sampel kelas lintas minat Bahasa Jepang 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas lintas minat Bahasa Jepang 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis datadari nilai pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh hasil t-testadalah 2,56 , dengan harga t kritik pada ts0,05 = 1,66 dan pada ts0,01 = 2,36, sehingga diperoleh 1.66 ≤ 2.36 ≤ 2.56. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui jika nilai t-test hitung lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1%, maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif college ball berpengaruh positif terhadap kelas eksperimen dalam meningkatkankemampuan menulis huruf katakana. Dalam proses penerapan strategi pembelajaran aktif college ball ini dapat diamati siswa menjadi bersemangat mengikuti pembelajaran, strategi pembelajaran aktif college ball juga dapat melatih kerjasama yang baik antar anggota kelompok dan melatih keberanian siswa untuk maju menjawab soal.Berdasarkan hasil analisis angket diketahui bahwa siswa berpendapat bahwa strategi pembelajaran aktif college ball dapat membantu siswa dalam proses belajar huruf katakana (82.14%), dan strategi pembelajaran aktif college ball efektif dalam pembelajaran hururf katakana (85%). ?? ?????:?college ball????????????? ?????????????????????????????????????????????????????????????4?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????College ball????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????10??????????????????????????????1??????3????????? ????????????????????????????t??????5%??????????1.66?1%??????????2.36?2.56???????????1.66 ≤ 2.36 ≤2.56???????????????????????????????????????????????????????????????????????????? College Ball???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????82.14%?????????????????????????85%????? ?????????????????????4??????10??????????????????????
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKTIF TEKS ACAK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT HIRAGANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO YESA OLIVIA, ISABELLA
HIKARI Vol 4, No 1 (2016): Edisi Wisuda 85 (April 2016)
Publisher : HIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membaca kalimat hiragana siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Berdasarkan wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Jepang, pada proses kegiatan belajar dalam kelas dapat diketahui bahwa siswa kelas X masih mengalami kesulitan dalam membaca kalimat bahasa Jepang. Oleh karena itu, digunakan strategi pembelajaran aktif teks acak dengan media kartu kata hiragana untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa terhadap kemampuan membaca kalimat bahasa Jepang. Strategi pembelajarn aktif teks acak ini merupakan strategi pembelajaran yang mampu menjadikan siswa berpikir kreatif dan aktif, sedangkan media kartu kata berisikan kata hiragana yang akan mengasah daya pikir siswa dalam membaca kata hiragana sampai pada tahap membaca kalima. Media kartu kata ini telah divalidasikan kepada ahli media dengan hasil layak digunakan dengan sedikit revisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data pre test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol 1,67 ≤ 2,00 ≤ 2.,10. Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif teks acak menggunakan media kartu kata efektif digunakan atau mempunyai pengaruh positif pada kelas eksperimen. Sedangkan berdasrkan hasil angket respon dari 30 siswa dibagi menjadi tiga aspek. Aspek pertama yaitu pemahaman siswa terhadap membaca kata hingga kalimat hiragana dengan jumlah presentase 84%, aspek kedua yaitu media kartu kata berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap kalimat hiragana dengan presentase 86%, aspek ketiga yaitu pengaruh efektivitas strategi pembelajaran teks acak menggunakan kartu kata pada proses belajar membaca kalimat hiragana dengan presentase 82%. Kata Kunci:Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak Menggunakan Kartu Kata ?? ?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????True experiment?????????????????2??????????????????t??????????????1.67 ≤ 2.00 ≥2.10???????????????????????????????? ????????????????????????????????84%????????????????????????????????????????????????86??????????????????????????????????????????????82?????????????????????????????????????????????????????? ??????????????????????

Page 1 of 1 | Total Record : 6