Keterampilan berbicara perlu diterapkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran bahasa agar siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara secara wajar, jujur, benar, serta bertanggungjawab dengan menghilangkan rasa malu dan ketegangan. Namun siswa kelas XI-JB SMKN 1 Prigen tidak percaya diri dan salah dalam pengucapan kalimat saat diberikan tes berbicara bahasa Jepang. Maka peneliti mengembangkan lagu Itadakimasu untuk membantu keterampilan berbicara bahasa Jepang khususnya materi percakapan antara pelayan dan tamu saat di restoran.Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap pengembangan lagu Itadakimasu. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan media yang dikemukakan oleh Sadiman. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan media lagu Itadakimasu menggunakan teori pengembangan Sadiman terdiri dari identifikasi kebutuhan siswa tentang minat dan permasalahan siswa, perumusan tujuan yaitu siswa dapat melakukan percakapan dengan baik, perumusan butir-butir materi tentang percakapan antara pelayan dan tamu saat di restoran, perumusan alat pengukur keberhasilan menggunakan tes kemampuan berbicara berupa ujaran terstruktur, penulisan naskah media tentang alur pembuatan media lagu Itadakimasu, validasi ahli oleh ahli materi dan ahli media, serta revisi produk mengenai tampilan cover . Setelah revisi diselesaikan, tahap selanjutnya yaitu uji coba terbatas pada kelas XI-JB dengan jumlah 22 siswa. Dari hasil tersebut, terdapat peningkatan yang signifikan. Kelayakan lagu Itadakimasu untuk membantu keterampilan berbicara bahasa Jepang dilihat dari penilaian validasi materi yaitu 85,6% dalam aspek kualitas media dan aspek audiovisual. Sedangkan penilaian validasi media yaitu 89,6% dalam aspek kesesuaian materi dan kelengkapan materi. Penilaian hasil validasi materi dan validasi media terdapat pada interval antara 81%-100% yang memiliki kriteria “sangat kuat”. Respon siswa terhadap pengembangan lagu Itadakimasu untuk membantu keterampilan berbicara bahasa Jepang memperoleh respon baik yaitu siswa tertarik dengan media lagu Itadakimasu baik dalam aspek penyajian materi maupun aspek audiovisual Kata Kunci : Lagu, Itadakimasu, Keterampilan Berbicara ?? ?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????SMKN 1 Prigen ?XI??JB???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????XI??JB?????22???????????????????????????????????????????????????????????????????????????85.6%???????????????89.6%???????????????????????81% - 100% ?????????????????????????????????????????????????????????? ????????????????????