cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
BHIRAWA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbitan Berkala Ilmiah (BHIRAWA) diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya, terbit sesuai dengan kebutuhan. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain dan berhak menyingkat dan mengubah tanpa mengurangi maksud dan isi. Pendapat yang dinyatakan dalam jurnal ini merupakan pendapat pribadi tidak mencerminkan pendapat penerbit dan dewan redaksi.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): Desember" : 9 Documents clear
Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie Di Minimarket Indomart Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta Rowiyani Rowiyani; Yosephien Angelina YPE
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mie instan merek indomie di minimarket idomart kecamatan banjarsari kota surakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data secara primer dengan menyebar kuesioner dimana populasi di penelitian ini adalah para konsumen indomie minimarket indomart kecamatan banjarsari kota surakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil hasil analisis linear berganda bahwa citra merek, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek indomie di minimarket indomart kecamatan banjarsari kota surakarta.
Analisis Brand Awareness Iklan Mie Sedaap dengan Choi Siwon Sebagai Celebrity Endorser Muhammad Khoiruman; Ambar Wariati
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertimbangan yang harus dilakukan oleh pemasar dalam memilih endoser suatu produk produk lain menjadi dasar dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut (kinerja) endorser terhadap kesadaran merek Choi Siwon dalam iklan Mie Sedaap. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 132 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan alat analisis yang digunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi Credibility Celebrity, Celebrity dan Celebrity Suitability Attractivenes secara simultan terhadap Brand awareness masyarakat yang melihat iklan Iklan Mie Sedaap versi Choi Siwon. Kredibilitas dimensil selebriti memiliki pengaruh paling besar terhadap kesadaran merek masyarakat.Kata Kunci: Kredibilitas Selebriti, Kesesuaian Daya Tarik Selebriti dan Selebriti, dan Kesadaran Merek
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai Yayasan Pendidikan Islam Mutiara Bangsa Amirudin Amirudin; Rissa Hanny; Ninik Anggraini
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya manusia merupakan satu-satunya sumber daya yang tidak dapat ditiru, seperti memiliki alasan, perasaan, keinginan, kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan pekerjaan. Potensi sumber daya manusia mempengaruhi upaya suatu lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan kerja dan disiplin terhadap kinerja pegawai Yayasan Pendidikan Mutiara Bangsa baik secara parsial maupun simultan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mendeskripsikan hubungan yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang dilakukan oleh penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau angket dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan menghubungi responden yang bekerja di Yayasan Pendidikan Islam Mutiara Bangsa untuk mendapatkan informasi yang lengkap dalam menganalisis data dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 130 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Yayasan Pendidikan Islam Mutiara Bangsa secara parsial dan simultan.Kata Kunci: Lingkungan kerja, kedisiplinan, kinerja pegawai Yayasan Pendidikan Islam.
Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), Pondok Aren - Tangerang Selatan Lucia Maduningtias
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen sangatlah berkembang pesat pada saat ini. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan. Penerapan manajemen juga sangat penting dalam dunia kerja. Adanya beberapa permasalah yang dihadapi STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Pondok Aren - Tangerang Selatan diantaranya faktor kepemimpinan dan pemberian motivasi kepada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Sifat penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel melibatkan 65 responden karyawan yang bekerja di STMGK Pondok Aren. Metode analisis data menggunakan regresi berganda.  Penelitian ini memberikan temuan bahwa Kepemimpinan dan Motivasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dan juga secara simultan. Kepemimpinan dan Motivasi memberikan kontribusi yang kuat dalam membentuk Kinerja Karyawan di STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), Pondok Aren - Tangerang Selatan sebesar 80 persen.Kata Kunci: kinerja karyawan, kepemimpinan motivasi.
Pengaruh Konservatisme Akuntansi Terhadap Penilaian Ekuitas Perusahaan Bayu Pasupati
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konservatisme akuntansi menjadi perhatian banyak pihak. Konservatisme akuntansi juga mengurangi oportunistis pihak manajerial untuk mengenali kabar baik sebagai keuntungan daripada mengakui berita buruk sebagai kerugian dengan tingkat verifikasi yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kembali Dampak Konservatisme Akuntansi terhadap Penilaian Ekuitas Perusahaan. Penilaian Ekuitas Perusahaan menggunakan pengukuran Price-to Book Value (PBV). Penelitian ini adalah riset kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan pada Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI).  Teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konservatisme Akuntansi dengan pengukuran tingkat atau level laba bersih dikurangi arus kas dengan rata-rata total asetnya berpengaruh positif terhadap Penilaian Ekuitas Perusahaan.Kata Kunci: Konservatisme Akuntansi, Price-to Book Value, Penilaian Ekuitas Perusahaan.
Peranan Kepuasan Nasabah dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada Perusda PAU Pedaringan Surakarta Ridlwan Ridlwan; Purwito Kesdu AC
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menguji pengaruh ketanggapan, bukti fisik, keandalan, jaminan dan empati terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah Perusda PAU Pedaringan Surakarta.Penelitian ini merupakan penelitian survai. Data yang digunakan adalah data primer dengan mengambil sampel nasabah Perusda PAU Pedaringan Surakarta sebanyak 100 responden. Metode analisa data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji partial (uji t), uji serempak (uji F), uji R square dan uji analisa jalur. Hasil uji t sebagai berikut:  ketanggapan, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepiasan nasabah, bukti fisik dan keandalan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Ketanggapan, jaminan, empati berpengaruh negatif terhadap loyalitas nasabah, bukti fisik dan keandalan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah.  Hasil uji F dapat disimpulkan secara simultan variabel ketanggapan, bukti fisik, keandalan, jaminan, empati dan kepuasan nasabah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadaployalitas nasabah Perusda PAU Pedaringan Surakarta. Hasil uji koefiesien determinasi menunjukkan bahwa nilai R squre sebesar 0,886 artinya variabel loyalitas nasabah Perusda PAU Pedaringan Surakarta dijelaskan oleh variabel ketanggapan, bukti fisik, keandalan, jaminan, empati 88,6% dan sisanya 11,4 % dijelaskan variabel lain diluar model penelitian misal citra perusahaan, Pengaruh yang paling dominan dalam meningkatkan loyalitas nasabah adalah pengaruh langsung bukti fisik terhadap loyalitas nasabah Perusda PAU Pedaringan Surakarta. Penggunaan variabel intervening kepuasan nasabah  dalam rangka peningkatan loyalitas nasabah untuk variabel bukti fisik adalah tidak efektif.  Berdasarkan hasil total pengaruh untuk meningkatkan loyalitas nasabah akan lebih efaktif apabila langsung meningkatkan bukti fisik tanpa peningkatan kepuasan nasabahKata Kunci :   Bukti Fisik, Empati, Jaminan, Keandalan, Ketaggapan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah
Dampak Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi Agung Harsanto Eko Siswoyo; Lilis Sulistyani
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan Umum Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) memiliki tuntutan kerja tinggi,  tingkat kejenuhan tinggi, tekanan berat karena tiap harinya harus bertanggung jawab terhadap pemanduan dan pengawasan ratusan bahkan ribuan pesawat yang mengangkut ribuan hingga jutaan orang. Tanggung jawab terhadap keselamatan jiwa tentu saja merupakan beban mental tersendiri yang harus dipikul oleh tiap tiap petugas pemandu lalu lintas penerbangan. Miskomunikasi antara ATC dan pilot merupakan salah satu penyebab terjadinya bencana penerbangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai, kecerdasan emosional memoderasi pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai, dan komitmen organisasi memoderasi pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai.Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia cabang Bandara Adisumarmo Boyolali sebanyak 42 pegawai. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data penelitian berupa data primer dengan metode pengumpulan data melalui kuisioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t, uji F, uji R Square dan uji analisa MRA.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, kecerdasan emosional memoderasi signifikan pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai, hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan dengan adanya kecerdasan emosional memperkuat hubungan antara stres kerja terhadap kinerja pegawai.  Komitmen organisasi tidak dapat memoderasi antara  stres kerja terhadap kinerja pegawai,  hasil uji koefisien determinasi (R2)  dengan adanya komitmen organisasi memperlemah hubungan stres kerja terhadap kinerja pegawai.Kata Kunci:  stres kerja, kinerja pegawai, kecerdasan emosional dan komitmen organisasi
Peningkatan Keputusan Membeli Kartu Prabayar Indosat Melalui Kualitas Produk, Harga dan Promosi Andreyan Kyky Himawan; Linda Nur Susila
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh kualitas produk , harga dan promosi terhadap keputusan memebeli kartu prabayar Indosat. Tehnik pengumpulan data dengan  kuesioner terhadap 100 orang responden pembeli kartu prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang dengan menggunakan teknik sampel accidental sampling. Analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2)Hasil analisis linier berganda  menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan membeli kartu prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli kartu prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang sedangkan harga berpengaruh tidak signifikan. Hasil uji F diperoleh kesimpulan bahwa produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli kartu prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang. Angka adjusted R Square sebesar 0,715 yang artinya bahwa variabel kualitas produk, harga dan promosi mampu mempengaruhi keputusan membeli sebesar 71,5%, sedangkan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Misalnya: citra merek, lokasi dan pelayananKata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Membeli
Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Purchase Decisions Smartphone Produk Samsung Ellena Nurfazria Handayani
BHIRAWA Vol 5, No 1 (2020): Desember
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengalaman masyarakat dalam membeli suatu produk akan sangat mempengaruhi pada suatu merek untuk melihat seberapa bagus atau berkualitas atau tidaknya suatu merek yang akan dibeli nantinya serta juga inovasi produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh pada purchase decisions Smartphone produk Samsung. Tipe penelitian kausal digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk smartphone merek Samsung yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti sehingga ditetapkan sebanyak 60 responden menjadi sampel akhir. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh pada purchase decisions smartphone produk Samsung yaitu terdapat pengaruh atas brand image dan inovasi produk secara positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan dengan kontribusi besarnya pengaruh yang kuat.

Page 1 of 1 | Total Record : 9