cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Syntax Jurnal Informatika
ISSN : 2302156X     EISSN : 25415344     DOI : -
Core Subject : Science,
Syntax Jurnal Informatika berfokus pada Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Perancangan Basis Data, Data Mining, Teknologi Web Services, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Computer Vision, Embedded System, Robotika, Sistem Pakar, Machine Learning, E-Commerce, Digital dan Network Security, Neuro Fuzzy, E-Goverment, Bioinformatika, Sistem Informasi Geografis, Applikasi Mobile, Teknologi Games, Jaringan Komputer, Cloud Computing
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 01: syntax" : 6 Documents clear
Perbandingan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Dalam Aplikasi Medis Hanny Hikmayanti H.
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 2 No 01: syntax
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.216 KB) | DOI: 10.35706/syji.v2i01.193

Abstract

Abstrak - Dalam dunia medis aplikasi jaringan saraf tiruan banyak digunakan. Jaringan saraf tiruan mampu memprediksi dan menganalisis suatu masalah, dan sistem jaringan syaraf tiruan mampu menganalisis suatu masalah. Keterbatasan manusia dalam hal kemampuan untuk mendeteksi sesuatu dengan kuantitas objek yang tinggi sangat berpengaruh pada kondisi kemampuan daya tahan tubuh manusia, sehingga hasil akursi deteksi yang diharapkan jauh di bawah standar yang ditetapkan. Dengan menggunakan teknik kecerdasan buatan untuk melakukan deteksi objek yang mampu melakukan deteksi sesuai dengan akurasi standar yang ditetapkan.  Pada penelitian ini tujuannya membandingkan beberapa metode kecerdasan buatan dalam aplikasi medis mengenai penyakit kanker. Hasil perbadingan dari berbagai metode kecerdasan buatan dalam aplikasi medis akan dapat dilihat metode yang banyak dipakai dan mampu memberikan tingkat nilai akurasi paling presisi.  Kata Kunci:  Jaringan saraf tiruan, Artificial Intelligence, Medis
Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Data Siswa (Studi Kasus SMK Negeri 1 Karawang) Ahmad Fauzi
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 2 No 01: syntax
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.386 KB) | DOI: 10.35706/syji.v2i01.221

Abstract

Abstrak – Sekolah memiliki tanggungjawab dalam pelaksanaan pendidikan bagi semua siswa didiknya. Pelaksanaan pendidikan yang dilakukan harus didukung dengan manajemen data yang baik. Data menjadi sumber utama untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. SMKN 1 Karawang dalam pelaksanaan administrasi pendidikan memiliki data siswa yang belum terkelola dengan baik. Tujuan pemanfaatan teknologi informasi bagi manajemen data siswa adalah dibangunnya aplikasi untuk mengelola data siswa. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode prototyping untuk menghimpun banyak masukan dari sekolah. Hasil dari rancang bangun ini adalah aplikasi yang membantu mengelola data siswa dan menghasilkan informasi bagi sekolah, siswa, orang tua, dan pihak lain yang membutuhkan.   Kata Kunci: ecommerce, Unified Modelling Language
Analisis dan Prediksi Kinerja Mahasiswa Menggunakan Teknik Data Mining Sofi Defiyanti
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 2 No 01: syntax
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.466 KB) | DOI: 10.35706/syji.v2i01.192

Abstract

Abstrak - Prestasi belajar merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam bidang pendidikan. Prestasi belajar yang tinggi selalu menjadi harapan semua pihak. Bagi pihak perguruan tinggi prestasi belajar mahasiswanya merupakan salah satu indikator efektif proses belajar mengajar, yang sekaligus dapat digunakan untuk meningkatkan citra perguruan tinggi tersebut. Di perguruan tinggi prestasi belajar yang dicapainya oleh mahasiswa menggunakan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Beberapa teknik data mining diantaranya adalah decision tree, naïve bayes, dan artificial neural network dapat digunakan untuk menganalisa kinerja mahasiswa. Penelitian yang sudah dilakukan didapat bahwa pengujian dan validasi dengan menggunakan 10 cross falidation dengan mengukur tingkat accuracy dan ROC curve didapat bahwa dengan menggunakan data dua semester sebelumnya untuk memprediksi kinerja mahasiswa memiliki akurasi yang paling tinggi adalah metode decision tree sebesar 67,63% dengan nilai  ROC curve masuk kedalam good classification. Kata Kunci: Data Mining, Prestasi Belajar, Kinerja Mahasiswa 
Implementasi Arsitektur Jaringan Komputer di Laboratorium Komputer Unsika Ade Andri Hendriadi; Azhari Ali Ridha; Arip Solehudin
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 2 No 01: syntax
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.692 KB) | DOI: 10.35706/syji.v2i01.194

Abstract

Abstract - Internet access is very important to looking for and sending information. Internet usefull for knowing new information especially about technology in crease but also can be down of studies quality. At practice goes on so the student in permit for un access internet because it will be concentrate of student who has practice (except internet practice). Master data who was more than 700 user not be stabelize so will be need server ClearOS as master data and mikrotik router for user hotspot with using topology new network. The method who has used for this research using mono polating method with forward enginering method with research step following to Network Development Life Cycle (NDLC). Result of design application and architecture implementation network of computer laboratory UNSIKA are with apply bandwith management using ClearOS can be border on internet access while practice in computer laboratory UNSIKA, except that who was used internet facility. With appliying mikrotik router as user management hotspot beetween giving upload/download with maximal, user name and password can be border on internet access by hotspot in computer laboratory UNSIKA. With using router mikrotik and server ClearOS can be manage and knowing bandwith effect for network access local and internet, so can be based of learning process about network management, with applying ClearOS as master data in computer laboratory UNSIKA can be solve of manage more then 700 user.Kata Kunci: Network Architecture, Network Topology, Server ClearOS, Mikrotik Router, WEBHTB, and Bandwidth Management.
Desain Aplikasi Belajar Membaca Untuk Anak Berbasis Multimedia Aries Suharso; Ade Andri Hendriadi; Acep Rahmat
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 2 No 01: syntax
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.499 KB) | DOI: 10.35706/syji.v2i01.220

Abstract

Abstrak - Pada dasarnya anak usia dini belum saatnya diajarkan membaca karena dapat mempengaruhi perkembangan anak, namun dengan metode yang menyenangkan salah satunya dengan melalui game dapat mengurangi kejenuhan pada saat peroses belajar membaca pada anak usia dini, memperkenalkan huruf dengan aplikasi belajar membaca berbasis multimedia adalah salah satunya. Aplikasi interaktif belajar membaca berbasis multimedia merupakan salah satu metode pembelajaran terkomputerisasi yang dikembangkan untuk mempermudah proses belajar mengajar, Metode ini  sebagai penunjang metode konvensional yang ada salah satunya  metode  flash card. Aplikasi belajar membaca berbasis multimedia ini digunakan sebagai media pembelajaran pra membaca huruf arab dan huruf alphabet dengan nuansa multimedia yang dilengkapi dengan gambar-gambar dan animasi serta audio  diharapkan dapat menarik siswa untuk belajar. Dalam tahapan penelitian ini penulis menggunakan metode rekayasa dengan konsep pengembangan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model klasik waterfall software yaitu analisis , desain, develpment, uji coba dan implmentasi, sementara pada proses pembuatan aplikasi penulis menggunakan perangkat lunak Flash MX 8 dengan bahasa pemrogramannya Action Script. Perangkat lunak grafis yang digunakan adalah Adobe Photoshop.7  dan CorelDraw 12, untuk audio menggunakan perangkat lunak Jet Audio. Aplikasi Interaktif Belajar Membaca Berbasis Multimedia ini,diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar dan meningkatkan minat siswa dalam proses belajar.  Kata kunci: Media Belajar Berbasis Multimedia, Game flash carad, Multimedia
Desain dan Implementasi Aplikasi Penjualan di Apotek Puri Kosambi Oman Komarudin; Ahmad Fauzi; Dede Purnama Giri
SYNTAX Jurnal Informatika Vol 2 No 01: syntax
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1300.045 KB) | DOI: 10.35706/syji.v2i01.219

Abstract

Abstrak – Apotek merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak dibidang penyaluran obat–obatan dan hal–hal yang berhubungan dengan medis. Dalam kegiatan menjalankan usahanya apotek melakukan banyak pencatatan data transaksinya kedalam buku besar. Di Apotek Puri Kosambi proses pencatatan laporan-laporan masih dilakukan dengan cara lama dan sederhana, membuat pelayanannya kurang maksimal dan rentan terjadinya kesalahan dalam pencatatan. Aplikasi Penjualan Di Apotek Puri adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat data penjualan dan pembelian serta dapat digunakan untuk membuat laporan yang berkala sehingga memudahkan untuk mendokumentasikan laporan, dalam proses pembangunan aplikasi penjualan yang akan digunakan di apotek Puri Kosambi, peneliti menggunakan bahasa pemrograman Java, dengan editornya Neatbeans 7.0RC1 dan pembuatan database nya menggunakan MySQL yang dibungkus di xampp. Kata kunci: Pembelian, Penjualan, Apotek

Page 1 of 1 | Total Record : 6