Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma"
:
10 Documents
clear
Analisis Perbandingan Algoritma FP-Growth dan CP-Tree untuk Data Teks
Dian Sa’adillah Maylawati
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (845.353 KB)
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.1
Frequent Pattern Growth (FP-Growth) dan Compact Pattern Tree (CP-Tree) adalah algoritma Frequent Itemset Mining (FIM) yang menghasilkan frequent itemset dari transaksi database. Frequent itemset dapat digunakan sebagai representasi terstruktur untuk data teks yang merupakan data tidak terstruktur atau semi terstruktur. CP-Tree adalah algoritma FIM yang dikembangkan dari algoritma FP-Growth. Namun, CP-Tree melakukan proses data secara inkremental sedangkan FP-Growth non-inkremental. Artikel ini membahas analisis terhadap algoritma FP-Growth dan CP-Tree dalam menghasilkan representasi terstruktur dari data teks. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi terhadap algoritma FP-Growth CP-Tree diperoleh bahwa frequent itemset yang dihasilkan dari representasi pohon kedua algoritma tersebut sama. Secara proses algoritma FP-Growth lebih sederhana dibandingkan algoritma CP-Tree. Namun, algoritma CP-Tree lebih fleksibel terhadap penambahan transaksi baru dibandingkan algoritma FP-Growth. Hal ini dikarenakan CP-Tree tidak mengulang dari awal untuk proses scanning data dan membuat struktur pohon seperti FP-Growth apabila ada data transaksi baru.
Perencanaan Strategis Sistem Informasi di Dinas Perhubungan Dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard
Rina Kurniawati
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (910.264 KB)
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.7
Perencanaan strategis sistem informasi adalah proses yang akan terus berkelanjutan dan akan memerlukan pembaharuan yang teratur dari hasil respon berdasarkan dorongan eksternal, kebutuhan bisnis dan peluang, juga rencana kerja yang telah terjadwal, budaya organisasi serta kemanfaatan yang didapatkan dari implementasi strategi itu sendiri. Dinas Perhubungan adalah salah satu bidang pemerintah yang ditugaskan untuk melaksanakan kewenangan dalam Otonomi Daerah dimana pelaksanaannya ditugaskan untuk desentralisasi dalam bidang perhubungan. Teknologi yang terus berkembang serta informasi yang harus uptodate belum dapat secara optimal dimanfaatkan oleh Dinas Perhubungan Kota Garut, sehingga sangat sulit untuk unggul dan kompetitif untuk mendukung pelayanan umum. Hal Ini dapat terlihat dengan jelas karena masih kurangnya penggunaan teknologi informasi yang terkomputerisasi untuk mendukung proses operasional di Dinas erhubungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat menerapkan perencanaan strategis yang sesuai untuk dinas perhubungan. Metodologi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ward and Peppard dengan menggunakan teknik analisis five forces competitive,analisis SWOT, analisis value chain dan MC Farlan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dokumen portofolio aplikasi perencanaan strategis sistem informasi yang mencakup strategi bisnis, strategi system informasi dan strategi teknologi informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut.
Perancangan Game Edukasi Tebak Gambar
Dewi Tresnawati
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1176.366 KB)
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.14
Salah satu informasi yang dapat dikemas menjadi suatu media yang mampu memberikan pengalaman baru menggunakan perangkat mobile yaitu game edukasi yang dapat melatih daya pikir dan daya ingat serta mampu mengenalkan budaya dan potensi produk lokal ke masyarakat luas. Game edukasi tebak gambar dapat digunakan sebagai media informasi yang bersifat edukatif serta promotif. Dengan game edukasi tersebut pengguna tidak hanya bermain game namun dapat melatih daya ingat serta mendapatkan informasi mengenai budaya dan potensi produk asli daerah khususnya daerah Garut. Perancangan game edukasi tebak gambar ini menggunakan metodologi digital game based learning - instructional design yang terdiri dari 5 fase, yaitu analysis phase, design phase, development phase, quality assurance kemudian implementation and evaluation. Hasil perancangan menunjukkan sebuah purwarupa game edukasi pengenalan budaya dan produk daerah melalui tebak gambar.
Perancangan Sensor Jarak Aman Kendaraan Bermotor Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3
Asri Mulyani
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (336.28 KB)
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.22
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang salah satu penyebabnya adalah kelalaian pengguna kendaraan bermotor terhadap aturan jarak aman berkendara serta adanya aturan hukum yang berlaku, untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah alat sensor jarak aman kendaraan bermotor menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai sarana pendukung keselamatan saat berkendara (Safety Riding). Metode perancangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah analisis dan produk berupa hardware prototype sensor jarak aman kendaraan bermotor menggunakan Arduino Uno yang diharapkan dapat dijadikan tolak ukur guna pengembanganteknologi yang lebih mutakhir khususnya untuk kenyamanan berlalulintas.
Perancangan Aplikasi Barbershop Online
Sri Rahayu
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (677.12 KB)
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.29
Accurate Barbershop merupakan tempat usaha yang bergerak di bidang jasa layanan cukur rambut khusus untuk laki-laki. Saat ini untuk melakukan booking jasa tukang cukur masih menggunakan media telepon dan whatsApp atau datang langsung ke Barbershop. Selain itu, Accurate Barbershop hanya menerima booking jasa tukang cukur dengan pelayanan di Barbershop saja, belum menyediakan booking jasa tukang cukur dengan memberikan pelayanan di rumah pelanggan sehingga hal ini kurang memuaskan terhadap pelayanan bagi pelanggan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah merancang Aplikasi Barbershop yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan booking jasa tukang cukur ke rumah dengan menambahkan perhitungan tarif ongkos berdasarkan jarak tempuh dari Barbershop ke rumah pelanggan. Dalam merancang aplikasi Barbershop, penelitian ini menggunakan Rational Unified Process dari tahap Requirements, inception, elaboration construction dan testing. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah perancangan aplikasi Barbershop dengan platform berbasis web yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan booking jasa tukang cukur ke rumah.
Analisis Perbandingan Algoritma FP-Growth dan CP-Tree untuk Data Teks
Dian Sa’adillah Maylawati
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.1
Frequent Pattern Growth (FP-Growth) dan Compact Pattern Tree (CP-Tree) adalah algoritma Frequent Itemset Mining (FIM) yang menghasilkan frequent itemset dari transaksi database. Frequent itemset dapat digunakan sebagai representasi terstruktur untuk data teks yang merupakan data tidak terstruktur atau semi terstruktur. CP-Tree adalah algoritma FIM yang dikembangkan dari algoritma FP-Growth. Namun, CP-Tree melakukan proses data secara inkremental sedangkan FP-Growth non-inkremental. Artikel ini membahas analisis terhadap algoritma FP-Growth dan CP-Tree dalam menghasilkan representasi terstruktur dari data teks. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi terhadap algoritma FP-Growth CP-Tree diperoleh bahwa frequent itemset yang dihasilkan dari representasi pohon kedua algoritma tersebut sama. Secara proses algoritma FP-Growth lebih sederhana dibandingkan algoritma CP-Tree. Namun, algoritma CP-Tree lebih fleksibel terhadap penambahan transaksi baru dibandingkan algoritma FP-Growth. Hal ini dikarenakan CP-Tree tidak mengulang dari awal untuk proses scanning data dan membuat struktur pohon seperti FP-Growth apabila ada data transaksi baru.
Perencanaan Strategis Sistem Informasi di Dinas Perhubungan Dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard
Rina Kurniawati
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.7
Perencanaan strategis sistem informasi adalah proses yang akan terus berkelanjutan dan akan memerlukan pembaharuan yang teratur dari hasil respon berdasarkan dorongan eksternal, kebutuhan bisnis dan peluang, juga rencana kerja yang telah terjadwal, budaya organisasi serta kemanfaatan yang didapatkan dari implementasi strategi itu sendiri. Dinas Perhubungan adalah salah satu bidang pemerintah yang ditugaskan untuk melaksanakan kewenangan dalam Otonomi Daerah dimana pelaksanaannya ditugaskan untuk desentralisasi dalam bidang perhubungan. Teknologi yang terus berkembang serta informasi yang harus uptodate belum dapat secara optimal dimanfaatkan oleh Dinas Perhubungan Kota Garut, sehingga sangat sulit untuk unggul dan kompetitif untuk mendukung pelayanan umum. Hal Ini dapat terlihat dengan jelas karena masih kurangnya penggunaan teknologi informasi yang terkomputerisasi untuk mendukung proses operasional di Dinas erhubungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat menerapkan perencanaan strategis yang sesuai untuk dinas perhubungan. Metodologi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ward and Peppard dengan menggunakan teknik analisis five forces competitive,analisis SWOT, analisis value chain dan MC Farlan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dokumen portofolio aplikasi perencanaan strategis sistem informasi yang mencakup strategi bisnis, strategi system informasi dan strategi teknologi informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut.
Perancangan Game Edukasi Tebak Gambar
Dewi Tresnawati
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.14
Salah satu informasi yang dapat dikemas menjadi suatu media yang mampu memberikan pengalaman baru menggunakan perangkat mobile yaitu game edukasi yang dapat melatih daya pikir dan daya ingat serta mampu mengenalkan budaya dan potensi produk lokal ke masyarakat luas. Game edukasi tebak gambar dapat digunakan sebagai media informasi yang bersifat edukatif serta promotif. Dengan game edukasi tersebut pengguna tidak hanya bermain game namun dapat melatih daya ingat serta mendapatkan informasi mengenai budaya dan potensi produk asli daerah khususnya daerah Garut. Perancangan game edukasi tebak gambar ini menggunakan metodologi digital game based learning - instructional design yang terdiri dari 5 fase, yaitu analysis phase, design phase, development phase, quality assurance kemudian implementation and evaluation. Hasil perancangan menunjukkan sebuah purwarupa game edukasi pengenalan budaya dan produk daerah melalui tebak gambar.
Perancangan Sensor Jarak Aman Kendaraan Bermotor Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3
Asri Mulyani
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.22
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang salah satu penyebabnya adalah kelalaian pengguna kendaraan bermotor terhadap aturan jarak aman berkendara serta adanya aturan hukum yang berlaku, untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah alat sensor jarak aman kendaraan bermotor menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai sarana pendukung keselamatan saat berkendara (Safety Riding). Metode perancangan yang digunakan adalah R&D (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah analisis dan produk berupa hardware prototype sensor jarak aman kendaraan bermotor menggunakan Arduino Uno yang diharapkan dapat dijadikan tolak ukur guna pengembanganteknologi yang lebih mutakhir khususnya untuk kenyamanan berlalulintas.
Perancangan Aplikasi Barbershop Online
Sri Rahayu
Jurnal Algoritma Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33364/algoritma/v.15-1.29
Accurate Barbershop merupakan tempat usaha yang bergerak di bidang jasa layanan cukur rambut khusus untuk laki-laki. Saat ini untuk melakukan booking jasa tukang cukur masih menggunakan media telepon dan whatsApp atau datang langsung ke Barbershop. Selain itu, Accurate Barbershop hanya menerima booking jasa tukang cukur dengan pelayanan di Barbershop saja, belum menyediakan booking jasa tukang cukur dengan memberikan pelayanan di rumah pelanggan sehingga hal ini kurang memuaskan terhadap pelayanan bagi pelanggan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah merancang Aplikasi Barbershop yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan booking jasa tukang cukur ke rumah dengan menambahkan perhitungan tarif ongkos berdasarkan jarak tempuh dari Barbershop ke rumah pelanggan. Dalam merancang aplikasi Barbershop, penelitian ini menggunakan Rational Unified Process dari tahap Requirements, inception, elaboration construction dan testing. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah perancangan aplikasi Barbershop dengan platform berbasis web yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan booking jasa tukang cukur ke rumah.