cover
Contact Name
Retno Mumpuni
Contact Email
jurnalscan@upnjatim.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalscan@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, Indonesia.
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 19780087     EISSN : 26866099     DOI : https://doi.org/10.33005/scan
Core Subject : Science,
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2019)" : 7 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI PENUNJUK ARAH BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS : AREA UPN “VETERAN” JATIM) Mumpuni, Retno; Anggraeny, Fetty Tri; Satria, Ramadhan Dani
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v14i1.1458

Abstract

Abstrak. Salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini adalah augmented reality, merupakan teknologi yang menghubungkan objek virtual dunia maya ke dunia nyata dan berjalan secara interaktif. Penerapan dari teknologi ini salah satunya yaitu augmented reality berbasis lokasi, sebuah teknologi yang berfungsi untuk mengidentifikasi lokasi dengan memanfaatkan titik koordinat yang tercatat oleh hasil perangkat GPS (Global Positioning System). Pada penelitian ini dibangun sebuah aplikasi untuk mempermudah pencarian lokasi didalam area kampus UPN ”Veteran” Jatim dengan mengunakan framework BeyondAR dan berjalan sistem operasi android. Dari hasil penelitian dan pengujian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa augmented reality berbasis lokasi dapat dibangun serta diterapkan dengan baik pada aplikasi dan apat dijalankan untuk menemukan lokasi, denah lokasi, serta informasi lokasi yang ada didalam area UPN ”Veteran Jatim”.   Kata Kunci: Android, Augmented Reality, BeyondAR.
METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PROFESI DESAINER GRAFIS DI ORGANISASI KONSORSIUM CONTENT MAKER XYX Kusumantara, Prisa Marga; Pamuji, Akhmad Ramdhan; Putri, Dinta Aprilia
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v14i1.1459

Abstract

Abstrak. Organisasi konsorsium content maker adalah organisasi yang bergerak di bidang jasa periklanan di wilayah Surabaya. Dalam dunia periklanan, peran jasa pembuat konten (content maker) dipegang oleh seorang desainer grafis. Oleh karena itu peran profesi desainer grafis menjadi sangat vital sebagai pendukung proses bisnis utama dari organisasi. Namun begitu, pihak organisasi seringkali merasa kesulitan dalam proses seleksi calon desainer grafis baru. Beberapa penyebabnya meliputi : perangkat proses seleksi masih berbasis manual, prasyarat kriteria yang kurang terdefinisi, pembobotan kriteria/sub-kriteria yang kurang jelas, sehingga secara umum dapat dikatakan proses seleksi masih dominan bersifat subjektif (kurang objektif). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) hadir untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Pendekatan Profile Matching dipilih karena faktor keunikan dari metode ini, dimana nilai alternatif dipilih berdasarkan (kedekatan dengan) nilai target yang ideal, bukan hanya berdasar dari nilai optimum semata. Implementasi metode ini menggunakan 2 kriteria yaitu hardskill (memiliki 4 sub-kriteria) dan softskill (memiliki 6 sub-kriteria). Setelah secara proporsional menentukan : nilai target acuan, nilai bobot GAB, dan nilai bobot kriteria, pada akhirnya metode ini telah berhasil menciptakan luaran perangkingan yang relatif objektif. Alternatif terpilih adalah yang memiliki GAB terkecil terhadap nilai target. Kata Kunci: profile matching, sistem pendukung keputusan, desain grafis
PENGGUNAAN METODE ACCEPTENCE TEST DRIVEN DEVELOPMENT PADA PROSES ACCEPTENCE TEST MENGGUNAKAN CODECEPTION Sugiarto, Sugiarto; Nugroho, Budi; Putri, Azalia Dwi
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v14i1.1460

Abstract

Abstrak. Acceptence test merupakan salah satu jenis pengujian pada pengembangan perangkat lunak, acceptance test tidak hanya dilakukan satu kali melainkan berkalli-kali jika program banyak mengalami perubahan, dalam accpetence test, tester memposisikan diri sebagai pengguna aplikasi. Perilaku pengguna dibentukan dalam sebuah scenario ujicoba, dengan mengadpatasi metode Acceptence Test Driven Development (ATDD), scenario pengujian dan pembuatan script pengujian dilakukan di awal pengembangan perangkat lunak. Pengujian dilakukan untuk menguji aktivitas tambah, ubah, dan hapus pada beberapa form sistem atau aplikasi yang sudah ada. Penelitian ini membuat sebuah proses Automated Acceptence Testing yang biasanya dilakukan secara manual. Pembuatan proses Automated Acceptence Test menggunakan tools codeception. Hasil dari pengujian semua scenario tersebut adalah Passed (Lolos). Namun hasil pengujian sangat bergantung dengan perangkat keras yang digunakan untuk pengujian.   Kata Kunci: Acceptence Test, Acceptence Test Driven Development, Codeception.
SISTEM KENDALI DAN MONITORING PERANGKAT RUMAH MENGGUNAKAN MODUL WI-FI DENGAN MENERAPKAN KONSEP INTERNET OF THINGS Mandenni, Ni Made Ika Marini; Githa, Dwi Putra
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v14i1.1447

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan sistem kontrolling dan monitoring perangkat rumah dengan terintegrasi jaringan internet yang dapat di remote dimanapun dengan menerapkan konsep internet of things menggunakan modul Wi-Fi ESP8266. Sistem ini memiliki antarmuka yang dibangun dengan bahasa pemrograman web modern dan responsif agar dapat menampilkan data dengan baik serta secara realtime.  Pada penelitian ini menerapkan berbagai sensor-sensor untuk mengetahui keadaan suhu, kelembaban dan intensitas cahaya. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fitur kontrolling seperti menghidupkan dan mematikan lampu serta mengatur tingkat penerangan lampu yang diproses melalui halaman web. Konsep IoT yang digunakan memberikan kemudahaan dalam melakukan komunikasi antar alat sehingga memudahkan dalam memanajemen setiap perangkat, dimana protokol MQTT digunakan sebagai jalur komunikasinya.  Kata Kunci: home automation, microcomputer, Internet of Things, MQTT, web responsive interface DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v14i1.1447
SIMULASI STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE LABORATORIUM KOMPUTER DENGAN PEMODELAN FINITE STATE MACHINE PADA PERILAKU TEKNISI Dermawan, Dodik Arwin; Suyatno, Dwi Fatrianto; Hawari, Mizan Syarif
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v14i1.1448

Abstract

Abstrak. Laboratorium komputer merupakan infrastruktur yang umumnya wajib ada di dunia pendidikan. Hal tersebut tidak terlepas dari fungsi laboratorium komputer sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya di era digitalisasi. Karena pentingnya laboratorium komputer, maka selayaknya dibuat pedoman penggunaan dan perawatan, dengan tujuan agar keberadaan laboratorium komputer tetap dapat dipakai oleh seluruh civitas akademik. Pedoman tersebut umumnya dibuat dalam bentuk teks dan gambar alur kerja yang biasa disebut standard operational procedure (sop). Permasalahan yang muncul adalah teks dan gambar alur kerja pada sop kurang menarik untuk dipahami, sehingga diperlukan sebuah simulasi yang dapat mendiskripsikan sop tersebut. Dalam penelitian ini, simulasi sop dibangun menggunakan pemodelan finite state machine pada perilaku teknisi laboratorium komputer sebagai non player character, karena peranan teknisi sangat penting untuk menjaga dan merawat laboratorium komputer. Hasil pemodelan fsm diimplementasikan ke dalam bentuk role playing game, sehingga keluaran dari penelitian ini adalah sebuah simulasi sop yang menarik dan mudah untuk dipahami.  Kata Kunci: teknisi, finite state machine, non player character, role playing game DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v14i1.1448
PENGUKURAN KINERJA DIVISI TEKNOLOGI INFORMASI PT. HANEDA SUKSES MANDIRI MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD Muttaqin, Faisal; Aditiawan, Firza Prima; Akbar, Fawwaz Ali; Iriansah, Ogy Rachmad
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v14i1.1449

Abstract

Abstrak. Dalam era globalisasi ini menyadari akan perkembangan dunia teknologi informasi semakin pesat dari waktu ke waktu, teknologi informasi telah memberi dampak perubahan bagi organisasi dan cara pandang kinerja yang diharapkan. Perlu adanya pengukuran kinerja teknologi informasi guna menilai sejauh mana kinerja divisi TI PT. Haneda Sukses Mandiri apakah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan Teknologi Informasi. IT Balanced Scorecard merupakan suatu metode analisa dengan empat perspektif yaitu Perspektif Kontribusi Perusahaan, perspektif Orientasi Pengguna, Perspektif Penyempurnaan Operasional, dan Perspektif Masa Depan yang dapat membantu mengevaluasi kinerja teknologi informasi. Dengan menentukan strategi untuk divisi TI, menentukan KPI, dan memberikan kuisioner maka akan didapat nilai kinerja dari divisi TI. PT. Haneda Sukses Mandiri telah memperoleh penilaian kinerja menggunakan IT Balanced ScoreCard. Dengan rata – rata yang dihasilkan dari empat perspektif yaitu Perspektif Kontribusi Perusahaan, Perspektif Orientasi Pengguna, Perspektif Penyempurnaan Operasional dan Perspektif Orientasi Masa Depan adalah 70,60%. Dimana masuk kedalam kriteria cukup baik karena nilai prosentasenya tidak terlalu tinggi namun nilai yang didapat lebih dari 50%.  Kata Kunci: Divisi TI, IT Balanced Scorecard, KPI, Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v14i1.1449
TWITTER SEBAGAI PLATFORM KOMUNIKASI POLITIK DI INDONESIA Emeraldien, Fikry Zahria; Sunarsono, Rifan Jefri; Alit, Ronggo
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 14, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v14i1.1457

Abstract

Abstrak. Twitter adalah platform penting untuk komunikasi politik di Indonesia. Twitter memiliki peran besar dalam komunikasi politik di Indonesia karena setiap orang dapat bergabung dan berpartisipasi dalam tweet, retweet, dan membalas apa pun dengan topik politik teraktual, terutama pada 2013 ketika Twitter telah menjadi media sosial utama di Indonesia setelah Facebook. Namun, dalam komunikasi politik itu sendiri, penggunaan atau peran Twitter dapat berbeda satu sama lain. Twitter dapat digunakan sebagai komunikasi massa, komunikasi interpersonal, media untuk menunjukkan status diri, media berteknologi tinggi untuk berekspresi dan menyampaikan ide seperti sebuah pakaian virtual yang cerdas (smart shirt), dan platform bagi seseorang untuk membentuk karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara untuk menemukan posisi Twitter dalam hal komunikasi politik di Indonesia. Penelitian ini akan menjawab beberapa pertanyaan seperti tentang bagaimana komunikasi politik melalui Twitter di Indonesia, pada tahun 2013, apakah homofili ada di Twitter atau tidak, dan penelitian ini juga mengungkapkan bahwa Twitter bukan hanya sebagai media sosial, tetapi juga merupakan saluran berita terbaru, teknologi penyiaran sosial, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi massa.   Kata Kunci: Twitter, media sosial, komunikasi politik, homofili.

Page 1 of 1 | Total Record : 7