cover
Contact Name
Dr. Makherus Sholeh, M.Pd.I
Contact Email
aladzka@uin-antasari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ratnakartika@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 20889801     EISSN : 2597937X     DOI : -
Core Subject : Education, Art,
Journal Al Adzka Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah have a number p-ISSN: 2088-9801 and e-ISSN:2597-937X Al-Adzka is a Journal that published scientific study of research results on primary education which contributes to the understanding, development of theories and concepts of elementary education, as well as its application to the education of madrasah Ibtidaiyah in Indonesia. Journal of Al-Adzka check plagiarisme Quetext.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2012)" : 4 Documents clear
Model Persamaan Struktural Pengaruh Motivasi, Kapabilitas dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi S1 Matematika FMIPA-IPB Amin Paris, Muhammad
Al Adzka Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Al Adzka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan jantung pendidikan formal yang berperan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. serta menyiapkan mahasiswa untuk berpikir secara ilmiah, sehingga dapat menghasilkan tenaga-tenaga yang berkualitas atau berprestasi, sesuai dengan bidangnya guna memenuhi tuntutan pembangunan, yang terus berkembang seirama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa diantaranya faktor motivasi, faktor kapabilitas dan faktor lingkungan. Salah satu metode analisis yang dapat digunakan untuk menganalisis hubungan kausal dalam pendidikan seperti dibahas di atas adalah Model Persamaan Struktural (MPS) atau Structural Equation Modeling (SEM) dan menunjukkan bahwa bahwa motivasi, kapabilitas dan lingkungan berpengaruh nyata terhadap prestasi belajar mahasiswa.Kata kunci : SEM, ULS, Motivasi, Kapabilitas, Lingkungan, Prestasi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SD MELALUI PENGGUNAAN VIDEO COMPACT DISC (VCD) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Salma, Syarifah
Al Adzka Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Al Adzka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi komputer yang pesat memungkinkan produk program komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran, salah satunya adalah VCD pembelajaran. VCD dapat dijadikan media pembelajaran sehingga menjadi lebih nyata dan lebih mudah dipahami. Penggunaan media ini dapat membawa siswa lebih aktif dan termotivasi dalam proses pembelajarannya, sehingga hasil belajarnya pun akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPS dengan menggunakan media VCD dalam upaya peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket, observasi, wawancara. Analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, yaitu pre-experimental one-group pretest-postest design. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa dengan menggunakan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa.  Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Motivasi, Media VCD IPS
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SD MELALUI PENGGUNAAN VIDEO COMPACT DISC (VCD) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Salma, Syarifah
Journal of Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/aladzkapgmi.v2i2.38

Abstract

Perkembangan teknologi komputer yang pesat memungkinkan produk program komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran, salah satunya adalah VCD pembelajaran. VCD dapat dijadikan media pembelajaran sehingga menjadi lebih nyata dan lebih mudah dipahami. Penggunaan media ini dapat membawa siswa lebih aktif dan termotivasi dalam proses pembelajarannya, sehingga hasil belajarnya pun akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPS dengan menggunakan media VCD dalam upaya peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket, observasi, wawancara. Analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, yaitu pre-experimental one-group pretest-postest design. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa dengan menggunakan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Motivasi, Media VCD IPS
Model Persamaan Struktural Pengaruh Motivasi, Kapabilitas dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi S1 Matematika FMIPA-IPB Amin Paris, Muhammad
Journal of Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/aladzkapgmi.v2i2.101

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan jantung pendidikan formal yang berperan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. serta menyiapkan mahasiswa untuk berpikir secara ilmiah, sehingga dapat menghasilkan tenaga-tenaga yang berkualitas atau berprestasi, sesuai dengan bidangnya guna memenuhi tuntutan pembangunan, yang terus berkembang seirama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa diantaranya faktor motivasi, faktor kapabilitas dan faktor lingkungan. Salah satu metode analisis yang dapat digunakan untuk menganalisis hubungan kausal dalam pendidikan seperti dibahas di atas adalah Model Persamaan Struktural (MPS) atau Structural Equation Modeling (SEM) dan menunjukkan bahwa bahwa motivasi, kapabilitas dan lingkungan berpengaruh nyata terhadap prestasi belajar mahasiswa.Kata kunci : SEM, ULS, Motivasi, Kapabilitas, Lingkungan, Prestasi

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (In Press) Vol. 15 No. 1 (2025): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 14 No. 2 (2024): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 14 No. 1 (2024): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 13 No. 2 (2023): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 13 No. 1 (2023): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 13 No. 1 (2023): JUNE Vol. 12 No. 2 (2022): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 12, No 2 (2022): JULY - DECEMBER Vol. 12 No. 1 (2022): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 12, No 1 (2022): JANUARY - JUNE Vol. 11 No. 2 (2021): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 11, No 2 (2021): JULY - DECEMBER Vol 11, No 1 (2021): JANUARY - JUNE Vol. 11 No. 1 (2021): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 10 No. 2 (2020): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 10, No 2 (2020): JULI - DESEMBER Vol 10, No 1 (2020): JANUARI - JUNI Vol. 10 No. 1 (2020): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember Vol. 9 No. 2 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9 No. 1 (2019): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 9, No 1 (2019): JANUARI - JUNI Vol 8, No 2 (2018): Juli - Desember Vol 8, No 2 (2018): Juli - Desember Vol. 8 No. 2 (2018): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 8 No. 1 (2018): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 8, No 1 (2018): Januari-Juni Vol 8, No 1 (2018): Januari-Juni Vol 7, No 1 (2017) Vol 7, No 1 (2017) Vol 6, No 1 (2016) Vol 6, No 1 (2016) Vol 5, No 1 (2015) Vol 5, No 1 (2015) Vol 4, No 2 (2014) Vol 4, No 2 (2014) Vol 4, No 1 (2014) Vol 4, No 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 3, No 1 (2013) Vol 3, No 1 (2013) Vol 2, No 2 (2012) Vol 2, No 2 (2012) Vol 1, No 2 (2011) Vol 1, No 2 (2011) More Issue