cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
E-journal Widya Non-Eksakta
ISSN : -     EISSN : 23379480     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019)" : 5 Documents clear
ANALISIS PELAKU E-COMMERCE DI INDONESIA Utami, Efri Diah
E-journal Widya Non-Eksakta Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : E-journal Widya Non-Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunan teknologi informasi telah mampu mengubah manusia dalam hal apapun. Salah satunya adalah penggunaan komputer dan internet yang telah mencetuskan bisnis baru yang bernama electronic commerce atau perdagangan secara elektronik (e-commerce). Bisnis e-commerce sangat marak beberapa tahun ini dan memiliki perkembangan yang luar biasa di Indonesia. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui kecenderungan seseorang untuk menjadi pelaku e-commerce jika ditinjau dari jenis kelamin, tempat tinggal, umur, pendidikan, kegiatan utama dan wilayah domisili. Penelitian ini menggunakan Survei. Data dikumpulkan dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2017 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Unit analisis individu berumur 5 tahun ke atas. Dari hasil regresi logistik biner diperoleh hasil bahwa dengan tingkat signifikansi 5 persen kecenderungan seseorang untuk menjadi pelaku e-commerce akan lebih besar pada perempuan, bertempat tinggal di daerah perkotaan, kategori umur remaja (12-25 tahun), berpendidikan tinggi (di atas SMA), kegiatan utama bekerja dan berdomisili di wilayah Indonesia bagian barat.
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT BISNIS BERBAHASA INGGRIS DI IBM ASMI Utami, Linda
E-journal Widya Non-Eksakta Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : E-journal Widya Non-Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dosen yang profesional mampu menguasai materi bahan ajar dan dapat menyampaikannya dengan baik kepada mahasiswa. Mahasiswa pun dituntut dalam menguasai kosakata untuk menunjang kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa atas kompetensi profesional dosen dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris. Populasi pada penelitian ini berjumlah 600 mahasiswa. Sampel diambil secara random dari jumlah populasi yaitu sebanyak 90 mahasiswa. Metodologi dalam penelitian ini adalah metodologi survei. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari angket untuk persepsi mahasiswa atas kompetensi profesional dosen dan tes kosakata serta tes menulis surat bisnis. Terdapat 20 butir angket untuk persepsi mahasiswa atas kompetensi profesional dosen dan 25 soal pilihan ganda untuk tes kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa atas kompetensi profesional dosen dan penguasaan kosakata secara bersama-sama memberikan kontribusi 27,4% terhadap keterampilan menulis mahasiswa. Hal ini berarti bahwa kompetensi profesional dosen dan penguasaan kosakata mahasiswa harus ditingkatkan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat bahasa Inggris.
PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN NASIONAL Husry, Andi Amir
E-journal Widya Non-Eksakta Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : E-journal Widya Non-Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pangan termasuk kebutuhan dasar yang merupakan salah satu hak dasar manusia yang yang pemenuhannya dijamin oleh Undang-Undang. Untuk itu diperlukan Ketahanan Pangan Nasional sebagai dalam memenuhi kebutuhan pangannya. Secara makro pembangunan ketahanan pangan masih menghadapi masalah sistemik, yaitu berkurangnya lahan pertanian, penurunan produksi yang disebabkan karena perubahan iklim dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pemerintah Daerah dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskripsi naratif. Pemerintah Daerah bertanggung jawab atas ketersediaan pangan melalui ketahanan pangan daerah dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional yang dibangun berdasarkan asas kedaulatan dan kemandirian. Untuk itu perlunya kebijakan yang melindungi dan mempertahankan keberadaan lahan pertanian pangan, serta komitmen yang kuat dan good will dari Pemerintahan Daerah untuk memberikan prioritas bagi pembangunan ketahanan pangan di daerahnya.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN RUMAH MAKAN MBAH JINGKRAK DI JAKARTA Susilowati, Tri Yuni
E-journal Widya Non-Eksakta Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : E-journal Widya Non-Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mbah Jingkrak Restaurant is one of the many restaurants that have been established in Jakarta. At present there are around 16 branches spread across various regions in Indonesia. Mbah Jingkrak Restaurant is a development of Bentuman restaurant which specializes in selling Steak and has been modified with Javanese tongue. Mbah Jingkrak Restaurant was originally established in the city of Semarang on Jl. Banyan no. 3 on September 1, 2005. The purpose of this study was to analyze the 7 Ps marketing mix factor that influenced customer satisfaction with the services provided by Mbah Jingkrak Restaurant and analyzed customer loyalty towards Mbah Pingkrat Restaurant in Jakarta. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) Analysis. To determine the effect of price factors (place), place (place), menu (product), physical evidence (physical evidence), promotion (promotion) and employees (people) on customer satisfaction and loyalty. The sample in this research object is visitors who visit the outlets that are used as research objects. This research uses quota sampling technique which is included in proposive sampling. The results of the analysis of the seven marketing mixes that most significantly affect satisfaction are menu and employee factors. Based on the results of satisfaction analysis Mbah Jingkrak Restaurant is in the category of satisfaction and customer loyalty Mbah Jingkrak Restaurant is in the Loyal category.
MEETING ZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR’AN DI ERA PANDEMIK CORONAVIRUS DISEASE 2019 Maududi, Mukhlish Muhammad; Moh. Supendi
E-journal Widya Non-Eksakta Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : E-journal Widya Non-Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Appeals to maintain distance and prohibit direct contact and the increasing number of COVID-19 sufferers force all these activities to be carried out on-line using ommunication technology with various platforms as learning media. The purpose of this study is to describe the phenomenon of using Zoom Meeting as a medium for conducting UHAMKA Lecturer Al-Quran Study activities, during the Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pandemic, activities centered at home including worship, including recitation activities carried out through the Zoom Meeting application. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews and literature studies to support the results of the interviews. From the research results, it is found that technology helps the learning process of the Koran to be more efficient, effective and more economical, the use of zoom communication media is different from conventional face-to-face communication patterns, namely users are more disciplined in terms of time but there is less warmth in communication.

Page 1 of 1 | Total Record : 5