cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue " Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer" : 20 Documents clear
Media Pembelajaran Interaktif perasi Dasar Komputer Pada Smk N 1 Boyolali Ikasari, Indri; Puspitasari, Tri
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.323 KB)

Abstract

ABSTRACT : Learning Media and technology in the information age it is today is the demand and need. This facilitates and understanding of where the media and the material passing over from teacher to student. The media also serve as a subtitute from or material in the from modules or animations that are available during the teaching process to better facilitate student’s understanding of subject matter. The purpose of this study, to produce interactive media.So that teaching and learning activities more effective and efficient, delivery of material to student can be delivered properly. In making interactive learning media SMK N 1 Boyolali using literature methods, observations, interviews, literature, analysis, design, implementation, testing. Making interactive learning media is expected to benefit the SMK N 1 Boyolali on teaching and learning activities,especially teachers in the delivery of content and students can receive the material better. Key word : Interactive Learning Media ABSTRAK : Media Pembelajaran dalam era informasi dan teknologi seperti sekarang ini adalah tuntutan serta kebutuhan. Dimana media ini memudahkan pemahaman dan penyampian materi dari guru kepada siswa. Media juga berfungsi sebagai pengganti wujud atau bahan dalam bentuk modul atau animasi yang tersedia selama proses pengajaran untuk lebih mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Tujuan dari Penelitian untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif, supaya kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efesien, penyampaian materi kepada siswa bisa tersampaikan dengan baik. Dalam pembuatan media pembelajaran interaktif SMK N 1 Boyolali menggunakan metode pustaka, observasi, wawancara, literatur, analisis, perancangan, implementasi, uji coba. Pembuatan media pembelajaran interaktif ini diharapkan bermanfaat bagi SMK Negeri 1 Boyolali pada kegiatan belajar mengajar terutama guru dalam penyampaian materi dan siswa bisa menerima materi dengan lebih baik. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interatif
Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Blangko Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Sragen Suripto, Muhammad Agus
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1495.404 KB)

Abstract

Abstrak: Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi kependudukan. Dalam pelaksanaan administrasi dibutuhkan blangko kependudukan seperti blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan blanko Pengantar Kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sragen adalah instansi pelaksana administrasi dan penyedia serta pengendali dalam penggunaan blangko tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pencatatan transaksi penerimaan dan pengendalian penggunaan blangko masih menggunakan cara konvensional dimana petugas masih melakukan pencatatan pada buku penerimaan dan buku penggunaan, kemudian direkap secara manual pada buku rekap blangko. Hal ini menyebabkan proses pencatatan membutuhkan waktu lama dan proses pencarian laporan menjadi terlambat. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan sistem informasi yang dapat berfungsi mencatat transaksi penerimaan dan pengendali penggunaan blanko. Tujuan utama dari penelitian ini adalah pembuatan sistem informasi administrasi blangko. Penelitian ini diharapkan agar memberi kemudahan dalam proses administrasi blangko kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen. Guna menunjang penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara, analisis sistem, perancangan sistem, pembuatan program, pengujian program, dan implementasi program. Kata Kunci: Sistem informasi blangko, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sragen Abstract: Civil administration is a series of structuring and controlling the issuance and registration of population data through, civil registration and population information management. The administration of residence requires blank of National Identity Cards (KTP), Family Card (KK), and intermediary population blank. Department of Population and Civil Registration of Sragen is an implementing agency and provider as well as controller of the use of those blank. Research showed that in recording the transaction and control of the use blanks required in administration are still using conventional procedure which officers are still taking notes on the book of acceptance and the book usage, then manually recapitulated in the book of blank recaps. This has led to a delayed recording process and overdue in file searching process. To overcome this kind of situation, it is necessary to serve the information systems record transactions and controlling the use of blank receipt. The main objective of this research is to make an information administration system. This research is expected to make ease the administration process in the Department of Population and Civil Registration of Sragen. To support this research, the method of data collection is done by literature study, observations, interviews, system analysis, system design, programming, program testing, and program implementation. Keywords: Blank information system, Department of Population and Civil Registration of Sragen
Pembuatan Video Company Profile Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar Lupitasari, Erlin Andriana
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.697 KB)

Abstract

ABSTRACT:Multimedia also be able to produce something more interesting, one of the multimedia used is for visualization company profile to the public. Multimedia is the right media information to makes the delivery of information in a audio or video. A lot of public more interested in seeing the video than read brochures or newspaper. Via the video, the public easier to understand know more about the company profile Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar. The purpose of this research is to promote Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar Tasikmadu, Karanganyar to more known by the public. Hoped from this research is for the author to gain knowledge about the process of making a good and interest company profile , for Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar is promotional tool for the public the university is compose an additional research report. This research use data collection methods include observation, interviews, literature, method of approach: analysis, design, shooting and capturing, editing, implementation and testing is done to get the maximum video capable the attention of the public. Key Word : Video Company Profile Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar ABSTRAKSI: Multimedia juga mampu menghasilkan sesuatu menjadi lebih menarik, salah satu penerapan multimedia adalah untuk visualisasi company profile kepada masyarakat luas. Multimedia merupakan media informasi yang tepat untuk mempermudah penyampaian informasi dalam bentuk audio ataupun video. Banyak masyarakat luas lebih tertarik melihat tayangan video dibandingkan dengan membaca brosur-brosur atau surat kabar. Lewat tayangan video, masyarakat lebih mudah memahami dan mengenal lebih jauh tentang company profile agrowisata Sondokoro tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempromosikan Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Diharapkan dari penelitian ini adalah bagi penulis dapat memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan company profile yang baik dan menarik, bagi Agrowisata Sondokoro sendiri merupakan sarana promosi untuk masyarakat dan bagi universitas merupakan suatu tambahan yang akan menyusun laporan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode pendataan yang meliputi observasi, wawancara, kepustakaan, metode pendekatan : analisis, perancangan, pengambilan gambar dan capturing, pengeditan, implementasi serta uji coba dilakukan secara maksimal supaya mendapatkan hasil video yang mampu menarik perhatian masyarakat. Kata kunci : Video Company Profile Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar
Pembuatan Video Klip Lagu Smartschool Pride And Happiness Sebagai Media Dokumentasi SMK Smart IT Medan Khusnia, Dina
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.851 KB)

Abstract

ABSTRAKSI: Video Klip adalah salah satu media penyampaian informasi yang sangat ideal dalam menyampaikan sebuah ide, pesan dan citra kepada para penontonnya.Dengan penggabungan elemen penglihatan, audio dan gerakan, serta rancangan produksi yang baik dapat menciptakan sebuah video klip dengan kesan yang menarik pada penontonnya. SMK Smart IT Medan memiliki lagu Mars Sekolah yang berjudul SmartSchool Pride And Happiness, yang belum terdokumentasi dalam bentuk multimedia (audio video). Pihak yang bersangkutan ingin mendokumentasikannya dalam bentuk audio video.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan video klip yang menarik dari lagu SmartSchool Pride And Happiness. Manfaat dari penelitian ini adalah digunakan sebagai media dokumentasi bagi SMK Smart IT Medan. Adapun Metode penelitian yang penulis gunakan adalah : interview, kepustakaan, analisis, perancangan, capturing, pengeditan, uji coba dan implementasi. Kata Kunci : Produksi Audio Video, Multimedia ABSTRACT: Video clips are one of the ideal communication media to convey an idea, message and image to the audience. By merging elements of visual, audio, and motion, as well as a good production design can create a video clip with an interesting impression on the audience. SMK Smart IT Medan has a song Mars School with title SmartSchool Pride And Happiness, which has not been documented in the form of multimedia (audio video).The school want to document them in the form of audio video. The purpose of this research is to produce an interesting video clip of the song SmartSchool Pride And Happiness. The benefits of this research are used as a medium of documentation for SMK Smart IT Medan. There search method used by the writer are : interviews, library research, analysis, design, capturing, editing, testing and implementation. Keyword : Audio Video Production, Multimedia
Instalasi Jaringan Lokal Area Network Dengan Memanfaatkan Program Netop School Sebagai Remote Akses Di Laboratorium Komputer Kkpi Smk Veteran 1 Sukoharjo ., Tribudiyono
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2133.195 KB)

Abstract

ABSTRAKSI : Permasalahan yang dialami oleh Laboratorium KKPI di SMK Vetran 1 Sukoharjo adalah minimnya peralatan yang tidak sesuai dengan jumlah siswa praktek serta pengawasan penggunaan komputer yang kurang optimal. Terutama penggunaan satu Printer untuk digunakan seluruh siswa yang sedang praktek, dan Penggunaan Komputer oleh siswa yang tidak sesuai dengan materi yang sedang diajarkan (misal bermain game dll.) Salah satu alternatif pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang memungkinkan hal tersebut adalah dengan pemanfaatan program Local Area Network (LAN) dan NetOp School. Dengan Local Area Network (LAN), satu printer bisa digunakan secara bersama-sama. Net Op School adalah sebuah program yang khusus di ciptakan untuk membantu dalam proses pembelajaran maupun pengawasan penggunaan komputer oleh siswa. NetOp School terbagi menjadi dua yang pertama adalah NetOp School Teacher, yang di gunakan oleh guru,dan NetOp School Student yang di pasangkan di komputer siswa atau student. Dengan software ini guru bisa memonitor seluruh tampilan layar siswa atau melihat program apa saja yang di jalankan oleh siswa dan sebaliknya, guru bisa menampilkan apa yang ada di monitornya supaya terlihat di komputer siswa. Guru melalui NetOp School teacher bisa berkomunikasi secara tulisan maupun dengan video audio, selain itu guru bisa mengunci komputer siswa bila siswa melakukan tindakan yang tidak berkenan. Dengan NetOp School guru juga bisa mematikan/menghidupkan komputer siswa secara remote.
Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Wibowo, Endro Joko
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.579 KB)

Abstract

Abstrak – Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi mampu memberikan efektifitas dan interaktifitas dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran matematika pengenalan bangun ruang kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Tamanrejo Tunjungan Blora, sebagai suatu software yang mampu memberikan efektifitas dan interaktifitas siswa dalam memahami bangun ruang. software ini mengikuti perkembangan teknologi pendidikan, siswa dalam belajar kapan saja dan dimana saja. Metode penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua bagian yaitu, metode pendataan yang terdiri dari, studi kepustakaan, observasi, wawancara subyek penelitian dan metode pendekatan yang terdiri dari, analisis kebutuhan, perancangan, pemograman, uji coba dan implentasi. Dengan media pembelajaaran ini, pengenalan bangun ruang bagi Siswa SD Negeri Tempelann Blora, akan lebih visual, interaktif, menari, mudan dan cepat dimengerti. Kata kunci : media, pembelajaran, interaktif, animasi, flash
Perancangan Sistem Informasi Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jepara Dengan SMS Gateway Purnawirawan, Heru
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.98 KB)

Abstract

Abstrak : Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang dengan begitu pesat, semua itu bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi manusia dalam melaksanakan tugas dan kepentingannya. Mengingat pesatnya kemajuan teknologi yang sudah merambah ke semua bidang, dapat dipastikan bahwa hampir semua orang saat ini sudah memanfaatkan teknologi seluler baik GSM maupun CDMA, serta media intenet, yang sebenarnya hal ini dapat diarahkan untuk menjadi nilai tambah dalam rangka kemajuan dunia pendidikan Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan ( SPP ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Jepara saat ini masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan mencatat pada kartu pembayaran kemudian data pembayaran direkap secara manual pada buku. Hal ini menyebabkan proses pembayaran membutuhkan waktu lama dan tingkat kesalahan yang besar , selain itu juga menghambat tingkat kecepatan akses data dan penyampaian informasi menjadi terlambat.Tujuan utama penelitian ini adalah perancangan sistem informasi pembayaran sumbangan penyelenggaran pendidikan ( SPP ) dengan SMS Gateway. Penelitian ini diharapkan agar memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan pembayaran SPP sekolah serta kemudahan dalam penyampaian informasi SPP sekolah kepada siswa dan orang tua siswa . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kepustakaan, analisis, perencanaan, perancangan atau desain sistem. Kata Kunci : Siswa, SPP, SMS Gateway, Gammu Abstract : Developments in science and technology is evolving so rapidly today, all it aims to make it easier for people to carry out tasks and interests. Given the rapid advances in technology that has penetrated into all fields, it is certain that almost all people today are utilizing mobile technology both GSM and CDMA, as well as internet media, it actually can be directed to be an added value in order the progress of education Information Systems of (SPP) Payment in the Vocational School (SMK) School 3 Jepara today still using the conventional way which is by writing in the payment card and then manually recapitulated in the book. This causes the payment process takes a long time and high error rate, but it also retards level data access speed and delivery of information becomes too late. The main purpose of this study is the design of information systems (SPP) Payment with SMS Gateway. This study is expected to provide the ease of implementation of school payment as well as the ease of delivery of information school tuition to students and parents.. The method used in this study were observation, interviews, library research, analysis, planning, design or system design Key word : Student, SPP, SMS Gateway, Gammu
Sistem Informasi Pengolahan Data Iuran Badan Pembantu Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Donorojo Yulansari, Kiki; ., Sukadi
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.806 KB)

Abstract

Abstract : Many obstacles and difficulties faced by administrators in the data processing because of the many students and data processing that takes time because one-time transaction officer must copy several times the same statemenet that the report was then submitted to the principal. Besides the difficuly of reporting constaints faced administrative officer is the time input tuition payment data that takes a long time so sometimes interfere with student learning. As the development advances in technology and information that provides as easy and practical facility officials will want efficiency administrators a computerized system that is packaged. Of the problems faced clerk at SMK Negeri 2 Donorojo the authors try to provide a solution by making the information system of data processing tuition payments SMK Negeri 2 Donorojo enought with a single input then it will automatically times the report. With the application can hopefully make the payment process more efficient and practical. Key words : Data Processing, Information Systems. Abstraksi : Banyak kendala dan kesulitan yang dihadapi petugas administrasi dalam pengolahan datanya karena banyaknya siswa dan pengolahan data yang memakan waktu karena satu kali transaksi petugas harus menyalin beberapa kali laporan yang sama yang kemudian laporan itu diserahkan kepada kepala sekolah. Selain sulitnya pelaporan kendala yang dihadapi petugas administrasi adalah waktu penginputan data pembayaran BP-3 yang memakan waktu lama sehingga terkadang menggangu waktu belajar mengajar siswa. Seiring berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi yang memberikan fasilitas yang mudah dan praktis maka petugas administrasipun menginginkan keefisienan sebuah sistem yang dikemas secara komputerisasi. Dari permasalahan yang dihadapi petugas administrasi di SMK Negeri 2 Donorojo maka penulis mencoba memberikan solusi dengan membuat sistem informasi pengolahan data pembayaran BP-3 SMK Negeri 2 Donorojo yang cukup dengan satu kali inputan maka akan secara otomatis laporan akan tercetak sehingga petugas tidak perlu lagi untuk menyalin beberapa kali laporan. Dengan aplikasi ini semoga bisa membuat proses pembayaran lebih efisien dan praktis. Kata kunci : Pengolahan Data, Sistem Informasi
Pembuatan Media Pembelajaran KKPI Pada SMK Muhammadiyah 01 Boyolali Supiyarto, Bambang; ., Hartono
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2156.238 KB)

Abstract

DESKRIPSI – Dalam kegiatan belajar mengajar KKPI dengan metode konvensional secara tatap muka atau ceramah membuat proses penyampaian materi menjadi kurang efektif, kurang menarik dan kurang menyenangkan, maka sangat dibutuhkan suatu inovasi pendamping pada metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Tujuan pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran KKPI kelas X. Manfaat media pembelajaran ini adalah menjadi solusi proses pembelajaran yang menarik dan lebih lengkap sehingga tujuan proses pembelajaran dapat tercapai. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan metode pendataan dan pendekatan masalah Pembuatan media pembelajaran ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 01 Boyolali khususnya, dan SMK-SMK lain pada umumnya
Pembuatan Website Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Pacitan Hendrianto, Dani Eko; Yulianto, Lies
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.395 KB)

Abstract

Abstract : Internet as an information transmitter of its existence has now become a necessity. The internet is quite large perceived benefits especially in the business world, entertainment, education and government. Forestry and Plantation Pacitan feel the need to utilize information technology to inform the public about the office in the form of websites. Website or often abbreviated with the site terms are a number of web pages that have topics related to each other, sometimes accompanied by image files, video, photo or other file types. A web site typically placed on a web server that can be accessed over a network like the Internet, via the internet addresses that are recognized as the URL. In the Website manufacture Forestry and Plantation Pacitan authors use the method library, observation and interviews. The design of manufacturing systems using, Dreamweaver8 Macromedia and Adobe Photoshop CS5. The results of this study are expected to produce a website as a medium to deliver information to the public relating to Pacitan and plantation forestry. Keywords: Website, Forestry and Plantation Abstaksi : Internet sebagai penyampai informasi keberadaannya kini sudah menjadi kebutuhan. Manfaat internet cukup besar dirasakan terutama dalam dunia bisnis, hiburan, pendidikan dan pemerintahan. Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pacitan merasa perlu memanfaatkan teknologi informasi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai instansinya dalam bentuk website. Website atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai dengan berkas-berkas gambar, video, foto atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Dalam pembuatan Website Profi Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pacitan penulis menggunakan metode pustaka, observasi dan wawancara. Perancangan pembuatan sistem menggunakan, Macromedia Dreamweaver 8 dan Adobe Photoshop CS5. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini yaitu menghasilkan website sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat Kabupaten Pacitan yang berkaitan dengan kehutanan dan perkebunan. Kata kunci : Website, Dinas Kehutanan dan Perkebunan

Page 1 of 2 | Total Record : 20