JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap tahunnya.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)"
:
10 Documents
clear
EFEKTIVITAS TIME TOKEN DAN TS-TS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN SQ
Desi Fatmawati;
Edy Purnomo;
Yon Rizal
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The purpose of this research is to determine the effectiveness of the Time Token and TS-TS learning model in improving social skills by paying attention to students' spiritual intelligence. The method used is a quasi-experiment. Hypothesis testing is using Anova and t-test. Based on the results of the research it is found (1) there is a difference between the model of learning social skills Time Token and TS-TS on Integrated Social Science subjects, (2) Time Token learning model is more effective than the TS-TS for students who have a high SQ in improving social skills, (3) TS-TS learning model is more effective than Time Token for students who have a low SQ in improving social skills, (4) there is an interaction between the use of learning models and SQ against social skills of students.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas antara model pembelajaran Time Token dan TS-TS dalam meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan kecerdasan spiritual siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Pengujian hipotesis menggunakan anava dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) adanya perbedaan keterampilan sosial antara model pembelajaran Time Token dan TS-TS pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) model pembelajaran Time Token lebih efektif dibandingkan TS-TS bagi siswa yang memiliki SQ tinggi dalam meningkatkan keterampilan sosial, (3) model pembelajaran TS-TS lebih efektif dibandingkan Time Token bagi siswa yang memiliki SQ rendah dalam meningkatkan keterampilan sosial, (4) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan SQ terhadap keterampilan sosial siswa.Kata kunci: keterampilan sosial,SQ, time token, TS-TS.
EMPATI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IOC DAN ROLE PLAYING DENGAN MEMPERHATIKAN IQ
Amalya Oudri Windi;
Edy Purnomo;
Yon Rizal
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The goal of this research is to know the effectiveness of the IOC learning model and role playing to improve student empathy by looking at the intelligence quotient of eighth grade students at SMP Negeri 20 Bandarlampung years 2014/2015. Methods used in this study was a quasi-experimental. Population of this study amounted six classes, samples taken by cluster random sampling amounted two classes. The results showed: (1) theres a difference of students empathy given by IOC with a given of role playing, (2) students empathy which are given IOC is higher than students who given role playing for students who have a high level of intelligence quotient in integrated social learning, (3) students empathy which are given role playing is higher than student who given IOC for students who have a low level of intelligence quotient in integrated social learning, and (4) theres an interaction between learning model with an intelligence quotient of the empathy students.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran IOC dan role playing untuk meningkatkan empati siswa dengan memperhatikan intelligence quotient siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 6 kelas, sampel diambil berdasarkan cluster random sampling berjumlah 2 kelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan empati siswa yang diberikan IOC dengan siswa yang diberikan role playing, (2) empati siswa yang diberikan IOC lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan role playing bagi siswa yang memiliki tingkat intelligence quotient tinggi dalam pembelajaran IPS Terpadu, (3) empati siswa yang diberikan role playing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan IOC bagi siswa yang memiliki tingkat intelligence quotient rendah dalam pembelajaran IPS Terpadu, dan (4) ada interaksi antara model pembelajaran dengan intelligence quotient terhadap empati siswa.Kata kunci: empati, IOC, IQ, role playing
PERBANDINGAN LIFE SKILLS DENGAN CO-OP CO-OP DAN GROUP RESUME MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI
Arrum Maishah Saba Putri;
Edy Purnomo;
Yon Rizal
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This research aims to confirm the difference of life skills among thestudents of VII grade at SMPN 1 Candipuro whose uses Co-op Co-op and GroupResume models by referring to the self-concept. The population in this research are112 students and the samples are 56 students. The result of research: (1) there is adifference of life skills between Co-op Co-op learning model with Group Resumelearning model on the subject of Integrated Social Science, (2) students life skillswhose uses Co-op Co-op learning model gain a higher than Group Resume learningmodel, both are applied for the students who have a high self-concept on the subjectof Integrated Social Science, (3) students life skills whose uses Co-op Co-oplearning model gain is lower than Group Resume learning model and both areapplied for students who have low self-concept on the subject of Integrated SocialScience, (4) there is an interaction between the learning models with the selfconcepttoward the life skills.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan life skills siswa kelasVII SMPN 1 Candipuro menggunakan model Co-op Co-op dan Group Resumedengan memperhatikan konsep diri. Populasi 112 siswa dan sampel 56 siswa. Hasilpenelitian: (1) terdapat perbedaan life skills antara model pembelajaran Co-op Coopdengan Group Resume pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) life skills siswapada model pembelajaran Co-op Co-op lebih tinggi dibandingkan dengan modelpembelajaran Group Resume bagi siswa yang memiliki konsep diri tinggi padamata pelajaran IPS Terpadu, (3) life skills siswa pada model pembelajaran Co-opCo-op lebih rendah dibandingkan model pembelajaran Group Resume bagi siswayang memiliki konsep diri rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu, (4) terdapatinteraksi antara model pembelajaran dengan konsep diri terhadap life skills.Kata kunci: co-op co-op, group resume, konsep diri, life skills
HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN TGT DAN TAI DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA
Agus Komari;
Pujiati Pujiati;
Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This research is supported by learning outcomes economy which is low. The purpose of this research is to know the difference of economic learning outcomes and the presence or absence of interaction between students whose learning using TGT and TAI models regarding to the learning interest. Methods which is used is quasi experimentation. The population are 159 students with 53 students as the sample. Data collection is through interviews, observation, documentation, tests and poll. Hypotheses testing is using two sample independent test and variance two ways analysis. Based on analysis of data, it obtained that there are differences between learning outcomes economic and there is interaction between students whose learning are using TGT and TAI model regarding to the interest of learning.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dan ada tidaknya interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TGT dan TAI dengan memperhatikan minat belajar. Metode yang digunakan eksperimen semu. Populasi berjumlah 159 siswa dengan sampel 53 siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varians dua jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi dan ada interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TGT dan TAI dengan memperhatikan minat belajar.Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, TAI, TGT
PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA DALAM KELUARGA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR
Ridho Putra Sandi;
Tedi Rusman;
Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This study aims to determine the effect of the educationattitude in family and the students learning activity in the school of the accounting study. The method used is descriptive approach verification ex post facto and surveys. The population in this study are all the students of class XI IPS consist of 101 students and the sample is 81 students who are determined by the Cochran formula. The sampling technique is probability sampling by using simple random sampling. The hypothesis testing uses simple linear regression and multiple linear regression. The results show that: There is an impact of attitude education in family on the results of the accounting study. There is an impact of the students learning activity in the school on the results of the accounting study. There is an impact of attitude education in family and the students learning activity in the school on the results of the accounting study.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan etika dalam keluarga dan aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 101 siswa dan sampel 81 siswa yang ditentukan dengan rumus cochran. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh pendidikan etika dalam keluarga terhadap hasil belajar akuntansi. Ada pengaruh aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi. Ada pengaruh pendidikan etika dalam keluarga dan aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi.Kata kunci: aktivitas, etika, hasil belajar
PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA DALAM KELUARGA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR
Ridho Putra Sandi;
Tedi Rusman;
Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This study is aims to determine the effect of the attitude education in family and the students learning activity in the school of the accounting study. The method used is descriptive approach verification ex post facto and surveys. The population in this study are all the students of class XI IPS consist of 101 students and the sample is 81 students who are determined by the Cochran formula. The sampling technique that is probability sampling using simple random sampling. The hypothesis testing uses simple linear regression and multiple linear regression. The results show that: There is an impact of attitude education in family on the results of the accounting study. There is an impact of the students learning activity in the school on the results of the accounting study. There is an impact of attitude education in family and the students learning activity in the school on the results of the accounting study.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan etika dalam keluarga dan aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 101 siswa dan sampel 81 siswa yang ditentukan dengan rumus cochran. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh pendidikan etika dalam keluarga terhadap hasil belajar akuntansi. Ada pengaruh aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi. Ada pengaruh pendidikan etika dalam keluarga dan aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar akuntansi.Kata kunci: aktivitas, etika, hasil belajar
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN DL DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI
Wingga Eka Pasera;
Tedi Rusman;
Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This study examines the social studies learning outcomes comparison with method Inquiry and Discovery Learning (DL) with regard achievement motivation in studying in class VIII SMP Negeri 1 Banjit. The result of data analyzing showed: (1) there is a difference of students result study of social studies using Inquiry methods and DL methods, (2) there is a difference of students average result study for the students who have high and low achievement motivation, (3) students result study using DL are higher than Inquiry methods for the students who have high achievement motivation in learning, (4) students result study using DL are lower than Inquiry methods for the students who have low achievement motivation in learning, (5) there is an interaction between learning method and students achievement motivation to the students result study of social studies.Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan metode Inquiry dan Discovery Learning (DL) dengan memperhatikan motivasi berprestasi kelas VIII SMP Negeri 1 Banjit. Hasil analisis (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Inquiry dan DL, (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan rendah, (3) hasil belajar menggunakan metode DL lebih tinggi dari pada metode inquiry untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, (4) hasil belajar siswa menggunakan metode DL lebih rendah dari pada metode Inquiry untuk siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, (5) ada interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu.Kata kunci : DL, hasil belajar, inquiry
HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN NHT DAN LT DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI
Ahmad Jaenudin;
Pujiati Pujiati;
Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This research assess about learning outcomes of integrated social class by using NHT and LT model considering the motivation of achievement. Data collection is through observation, interview, documentation and tests. Hypothesis testing is using two independent samples t-test and two ways anava. The research results: (1) there were differences in learning outcomes of integrated social class between students who use the model of learning cooperative NHT type compared to LT type, (2) the average learning outcomes of integrated social class on the students who are taught by using NHT model is higher than by using LT model on the students who have low motivation achievement, (3) the average learning outcomes of integrated social class on the students who are taught with NHT is lower than LT on the students who have high motivation achievement, and (4) there are interactions between cooperative learning model with the motivation of achievement on the subjects of integrated social class.Penelitian ini mengkaji tentang hasil belajar IPS Terpadu dengan menggunakan model NHT dan LT dengan memperhatikan motivasi berprestasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan anava dua jalan. Hasil penelitian (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan tipe LT, (2) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT lebih tinggi dibandingkan dengan LT pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT lebih rendah dibandingkan dengan LT pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, dan (4) Ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran IPS Terpadu.Kata kunci: hasil belajar, LT, NHT
PERBANDINGAN KECERDASAN MORAL DAN SPIRITUAL ANTARA MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN ROLE PLAYING
Eka Mitra;
Edy Purnomo;
Yon Rizal
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The problem in this research is the lack of moral on intelligence integrated social studies class VIII even semester SMP Sejahtera Bandar Lampung. The purpose of this study to determine differences in moral intelligence using cooperative learning model cooperative script and role playing. The research method used in this study is a quasi experimental research method with a comparative approach. The Results showed: (1) there is a differences of moral intelligence of students whose learning using cooperative learning model of Cooperative Script and Role Playing, (2)the moral intelligence in students who have low SQ learning using cooperative learning model of Cooperative Script higher than the Role Playing model, (3) moral intelligence to students who have a high SQ learning using cooperative learning model of Cooperative Script lower than using Role Playing model, (4) there is an interaction effect between the SQ model of cooperative learning on students' moral intelligence on integrated social science subjects.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan moral pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Sejahtera Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecerdasan moral dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan rolle playing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan kecerdasan moral siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan Rolle Playing, (2) Kecerdasan moral siswa yang memiliki SQ rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Rolle Playing, (3) Kecerdasan moral pada siswa yang memiliki SQ tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih rendah dibandingkan menggunakan model pembelajaran Rolle Playing, (4) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dankecerdasan spiritual terhadap kecerdasan moral siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.Kata kunci: CS, kecerdasan moral, RP, spiritual
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH, BUDAYA MEMBACA, KOMPETENSI GURU, TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Achmad Rifa'i;
Pujiati Pujiati;
Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This study aims to determine the effect of the use of the school library, reading culture, and students perception of teacher competence on learning outcomes Economy class XI IPS at SMA Negeri 1 Trimurjo academic year 2014/2015. The method used in this research is descriptive approach verification ex post facto and surveys. The population in this study amounted to 63 students with a sample of 54 students using simple random sampling technique. Data were collected through questionnaires and observation. Based on the analysis of data obtained as follows: (1) there is an influence the use of the school library to the learning outcomes of Economics, (2) there is an influence of reading culture on learning outcomes Economic, (3) there is an influence students' perception of teacher competence on learning outcomes Economics, and (4) there is an influence of the use of the school library, reading culture, and student perceptions of teacher competence on learning outcomes Economics.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah, budaya membaca, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa dengan sampel 54 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Data yang terkumpul melalui angket dan obsevasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Ekonomi, (2) terdapat pengaruh budaya membaca terhadap hasil belajar Ekonomi, (3) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi, dan (4) terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah, budaya membaca, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi.Kata kunci: belajar, kompetensi, membaca, perpustakaan