cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
ISSN : 23563869     EISSN : 26140136     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali dalam setahun (Februari dan Agustus).
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1: Desember 2016" : 4 Documents clear
KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEDISIPLINAN GURU-GURU SD YANG BERSERTIFIKASI PENDIDIK DI KECAMATAN TEPUS GUNUNG KIDUL Wartomo, Wartomo
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 3, No 1: Desember 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.74 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v3i1.a7657

Abstract

Dalam proses pendidikan selalu diarahkan ke peningkatan kualitasnya. Usaha pemerintah untuk meningkatkannya salah satunya melalui pemberian  sertifikasi pendidik kepada para guru. Dalam hal ini perlu diadakan penelitian yang bertujuan mengetahui  sejauhmana  kemampuan kompetensi pedagogik dan kedisiplinan kerja guru-guru SD yang bersertifikasi pendidik di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka diadakan penelitian dengan pendekatan  kuantitatif  korelasional. Penentuan subyek menggunakan  teknik quota area random sampling. Jumlah subyek  25% dari jumlah anggota populasi dan masing-masing  desa pada Kecamatan  Tepus diambil  sesuai jumlahnya. Teknik pengumpulan data  menggunakan metode observasi, dokumentasi sebagai metode pokok, dan interview sebagai metode pelengkap.   Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan  kompetensi  pedagogik  guru-guru SD  yan sudah bersertifikasi  pendidik dalam kondisi bagus (83%), dan kedisiplinan kerjanya dalam kondisi bagus pula (75%). Disarankan selalu dilaksanakan monitoring dan pembinaan terhadap guru-guru SD  supaya tetap  menampilkan kompetensi pedagogik dan kedisiplinan kerja semakin bagus demi peningkatan kualitas pendidikan.
EFEKTIFITAS KINERJA GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI (KEHATI) DAN PROGRAMADIWIYATA DI SD N GIWANGAN Mardini, Siyam
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 3, No 1: Desember 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.328 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v3i1.a7946

Abstract

SD N Giwangan sebagai sekolah Adiwiyata mempunyai lingkungan yang baik tetapibelum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan ketika supervisi akademik, terdapat indikator yang rendah pada pelaksanaan pembelajaran kontekstual danpelaksanaan pembelajaran di luar kelas. Penelitian dilakukan kepada16 guru, untuk mengukur kinerja guru melalui supervisi pelaksanaan proses pembelajaran  sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen, dan kuisener. Prosedur penelitian melalui perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator kinerja guru efektif, jika guru mampu menerapkan pembelajaran kontekstual yang dinilai dari hasil proses pelaksanaan pembelajaran dengan nilai minimal 85,00. Pembelajaran Kehati dan program Adiwiyata memberikan inspirasi baru kepada guru, untuk bisa mengembangkan materi ajar. Pendekatan kontekstual, berdampak siswa senang danaktif karena dilibatkan langsung mengelola lingkungan. Wawasan guru bertambah, guru mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan menyajikan proses pembelajaran dengan sumber belajar lingkungan sekolah. Perubahan pola pikir dan kinerja guru, dapat meningkatkan kinerja guru. Indikator kinerja guru baik jika hasil supervisi proses pelaksanaan pembelajaran semua indikator dilaksanakan guru. Artinya, semua indikator dilaksanakan guru maka kinerja guru efektif.  Berdasarkan hasil penelitian siklus I, bahwa pembelajaran kontekstual dan pembelajaran di luar kelas mencapai 62,50. Siklus I belum semua guru mempunyai kinerja baik. Sedangkan pada siklus II, guru yang menerapkan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran di luar kelas telah mencapai 93,75. Berdasarkan hasil penelitiansiklus I dan II terdapat peningkatan 31,25, sehingga dapat disimpulkan bahwa efektifitas kinerja guru tercapai karena semua indikator dilaksanakan saat pelaksanaan proses pembelajaran. Pemanfaatan Kehati dan program Adiwiyata di SD N Giwangan berdampak pada kinerja guru menjadi lebih baik dan efektif.
PENINGKATAN KOMPETENSI BERWUDHU MELALUI MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS I SD NEGERI REJODANI NGAGLIK SLEMAN Ponimin, Ponimin
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 3, No 1: Desember 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.012 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v3i1.a7989

Abstract

Penggunaan  media pembelajaran yang tepat ikut menentukan keberhasilan  pembelajaran   di kelas. Rendahnya kompetensi  siswa dalam praktek beribadah terutama pada kompetensi menghafal urut-urutan berwudhu yang rendah perlu mendapat perhatian khusus. Melalui penggunaan media lagu diharapkankompetensi siswa dalam praktek beribadah khususnya berwudhu serta kompetensi menghafal urut-urutan berwudhu dapat meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I dengan jumlah siswa 33 anak yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan.Hasil penelitian menyimpulkanbahwamelalui media lagu dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi berwudhu pada siswa kelas I SD Negeri Rejodani Ngaglik SlemanTahun Pelajaran 2015/2016. Persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada saat prasiklus rata-rata prestasi belajar 66,06 dengan ketuntasan 57,58%, siklus I rata-rata prestasi belajar 71,67 dengan ketuntasan 75,76%, dan siklus II rata-rata prestasi belajar 82,12 dengan ketuntasan 87,88%. Adanya peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran PAI. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60%. Pada siklus II meningkat menjadi 88,33%. Sedangkan aktivitas guru siklus I sebesar 70%. Pada siklus IImeningkat menjadi 95%.
Cover JPSD JPSD, Cover
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 3, No 1: Desember 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.079 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v3i1.a7991

Abstract

Cover JPSD

Page 1 of 1 | Total Record : 4