cover
Contact Name
Andarini Permata Cahyaningtyas
Contact Email
andarinipermata@unissula.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpendas@unissula.ac.id
Editorial Address
FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
ISSN : 23549580     EISSN : 2685211X     DOI : 10.30659/pendas
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung sejumlah dua kali dalam kurun satu tahun pada bulan Januari dan Juli (ISSN: 2354-9580).
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar" : 7 Documents clear
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP ORGANISME DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DILIHAT DARI TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD INKLUSI Mila Roysa; Fina Fakhriyah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.1.1.66-73

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan suatu pendekatan pendidikan yang inovatif dan strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi semua anak berkebutuhan khusus termasuk anak penyandang cacat. Adanya sekolah dasar inklusi dapat menjadikan siswa berkebutuhan khusus menjadi terisolir dan merasa didiskriminasikan di dalam pembelajaran di sekolah, karena setiap anak mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.Pembelajaran mendeskripsikan daur hidup dengan media kartu bergambar dilihat dari kemandirian belajar siswa SD inklusi diharapkan dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran IPA berdasarkan aspek kebahasaan melalui materi daur hidup dan mendeskripsikannya.
UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI KELAS V MELALUI MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TIPE PERISAI KEPRIBADIAN DI SD AL IRSYAD 1 PURWOKERTO Nurtia Lestari
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.1.1.74-86

Abstract

Hasil observasi dan wawancara menunjukkan masih kurangnya kedisiplinan dan prestasi belajar siswa kelas V SD Al Irsyad 1 Purwokerto mata pelajaran PKn materi contoh peraturan perundangundangan. Permasalahan yang ada harus diatasi berkaitan dengan kedisiplinan dan prestasi belajar PKn, Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar mata pelajaran PKn materi contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah melalui model pembelajaranValue Clarification Technique tipe Perisai Kepribadian. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Al Irsyad 1 Purwokerto dengan jumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dimana 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari observasi guru dan siswa, wawancara dengan siswa dan guru, lembar skala sikap, dan tes. Data hasil perilaku disiplin siswa diperoleh dari lembar skala sikap yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Data hasil prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian perilaku disiplin sehari-hari siswa diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 89%, siklus II sebesar 96%, dan hasil penelitian perilaku disiplin siswa berkaitan dengan materidiperoleh nilai persentase siklus I sebesar 93,82%, siklus II sebesar 94,67%, sedangkan hasil penelitian prestasi belajar diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 80,64% dan siklus II sebesar 90,32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku disiplin dan prestasi belajar siswa kelas V SD Al Irsyad dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik Value Clarification Technique tipe Perisai Kepribadian.
PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Muhamad Afandi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.1.1.1-19

Abstract

Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian atau kegiatan ilmiah dan bermetode yang dilakukan oleh guru/peneliti didalam kelas dengan mengunakan tindakan-tindakan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Ilmiah yaitu suatu yang bersifat atau berada dalam keilmuan dan metode yaitu cara berfikir, obyektif, rasional, sistematis berdasarkan fakta untuk menemukan, membuktikan, mengembangkan dan mengevaluasi suatu pengetahuan. Guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas ada tiga hal yang penting yaitu sebagai guru apa yang akanditingkatkan, dengan apa meningkatkan, serta siapa yang ditingkatkan, maka guru yang tahu kondisi kelasnya, setelah guru melakukan penelitian tindakan kelas maka guru membuat laporan kegiatan ilmiah yaitu laporan penelitian hasil lapangan, maka hasil penelitian tersebut dikemas menjadi karya tulis ilmiah tentu karya tulis ilmiah mempunyai kaidah penulisan dengsn demikian hasil penelitian tersebut diringkas sesuai dengan sistematika dan selanjutnya, disusun menjadi naskah yang diterbitkan dalam media jurnal ataupun media lain sehingga dapat menyumbangkan kepada khazanah ilmu pengetahuan. Pendidikan disekolah dasar terdapat pada mata pelajaran seperti Mata Pelajaran PKn, IPS, Bahasa Indonesia, Matematika, bahasa Indonesia. Seorang pendidik harus mampu memiliki kemampuan dalam memahami konsep kurikulum sebagai mata pelajaran, kurikulum sebagi pengalamn belajar, kurikulum sebagai program dengan demikian guru juga diharapkan dapat merancang pembelajaran yang mendidik pada setiap kurikulum dalam satuan pendidikan di seklah dasar serta mampu merancang penilain proses dan hasil belajar.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Rida Fironika
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.1.1.87-95

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk siswa sekolah dasar khususnya kelas V, permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah evektifkah pendekatan Jigsaw dalam kelompok sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Sifat-sifat bangun datar, Bagaimanakah aktivitas, kerjasama dan minat siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keaktivan, kerjasama dan minat siswa dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan -sifat bangun datar bagi siswa kelas V. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Penelitian inidilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Faktor yang diselidikai terdiri dari faktor siswa, yaitu keaktivan, kerjasama dan minat siswa dalam proses pembelajaran serta hasil tes balajar siswa dan faktor guru yaitu kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat.Data dan cara pengambilan data terdiri dari data tentang pelaksanaan pembelajaran oleh guru diambil dengan lembar observasi, angket, data tentang keaktivan, kerjasamadan minat siswa diambil dengan lembar observasi, angket dan data tentang hasil belajar siswa diambil dari hasil evaluasi.
HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SD DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG Sapto Armin Wibowo
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.1.1.20-31

Abstract

Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), guru/tenaga kependidikan sebagai profesi menyandang persyaratan tertentu sebagaimana tertuang di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional, seorang guru dituntut memiliki beberapa kemampuan dan keterampilan tertentu, yang erat kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia melaluisektor pendidikan, oleh karena itu perlu upaya-upaya untuk meningkatkan mutu guru agar menjadi tenaga professional, dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran, yang dilengkapi dengan program pembelajaran, persiapan, kesesuaian bahan ajar, penguasaan kelas, penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat, sehingga peningkatan mutu pendidikan dapat berhasil dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis hubungan supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Pedurungan KotaSemarang, (2) menganalisis hubungan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, dan (3) menganalisis hubungan supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Manfaat penelitian: (1) sebagai salah satu literatur manajemen sumber daya pendidikan dan (2) bahan pengambilan kebijakan dalam meningkatkan kepuasan kerja guru.Populasi dan sampel penelitian adalah guru PNS dan guru tetap yayasan SD di KecamatanPedurungan Kota Semarang sebanyak 115 guru. Dari 115 populasi diperoleh sampel sebesar 89 guru. Sumber data adalah data primer. Pengukuran variabel mengggunakan skala likert. Penelitian adalah penelitian eksplanatori. Analisis data menggunakan regresi liner berganda.Has il penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan yang signifikan supervisi kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru dengan perolehan hasil uji t dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat hubungan yang signifikan motivasi kerja guru dengan kepuasan kerja guru dengan perolehan hasil uji t dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kepuasan kerja guru secara simultan dengan perolehan hasil uji F dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05.
PENINGKATAN KEMANDIRIANDAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI METODE INKUIRIDI KELAS IV SD NEGERI 1 PAMIJEN Vina Novi Triana
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.1.1.32-48

Abstract

Penelitan tentang Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar IPA Materi Energi Panas dan Bunyi Melalui Pendekatan CTL menggunakan metode inkuiri telah dilaksanakan di SD Negeri 1 Pamijen pada bulan November sampai dengan bulan Januari. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA materi energi panas dan bunyi siswa kelas IV SD Negeri 1 Pamijen Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengematan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan skor kemandirian 42,13 dengan kriteria kemandirian tinggi dan rata-rata prestasi belajar sebesar 71,18 dengan persentase ketuntasan belajar 76,47% , sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukan skor kemandirian sebesar 50,63 dengan kriteria kemandirian sangat tinggi dan ratarata prestasi belajar 83,82 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 94,12%. Denganmelaksanakan pendekatan CTL dengan metode inkuiri mengunakan metode inkuiri di kelas IV SD Negeri 1 Pamijen ini peserta didik dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA materi energi panas dan bunyi .
PENINGKATAN MOTIVASI DAN KTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PGSD UMP PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI SD MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) Aji Heru Muslim
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.1.1.49-65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah Startegi Belajar Mengajar DI SD melalui Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A Semester II Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMP yang berjumlah 50 mahasiswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk aktivitas mahasiswa dan angket motivasi untuk motivasi belajar mahasiswa, analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadinya peningkatan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan model Cooperative Learning tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliahStrategi Belajar Mengajar Di SD. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran seperti pada siklus I dengan skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa yaitu 73,25% dengan kriteria baik dan pada siklus II dengan skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa yaitu 84,5% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menununjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar mahasiswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapatmeningkatkan Aktivitas belajar mahasiswa mencapai 11,25% dari siklus I ke siklus II. Selain aktivitas mahasiswa juga dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, pada siklus I motivasibelajar mahasiswa mencapai 73,24% termasuk dalam kriteria termotivasi dan pada siklus II motivasi belajar mahasiswa meningkat dengan persentase 77,62% termasuk dalam kriteria sangat termotivasi. Hal itu dapat dilihat dari perolehan persentase yang mengalami peningkatan 4,38% dari siklus I ke siklus II.

Page 1 of 1 | Total Record : 7