cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
BAHASA DAN SASTRA
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal elektornik Program Studi Bahasa Satra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra" : 10 Documents clear
ANALISIS MAKNA PERIBAHASA DALAM BAHASA KONJHO KECAMATAN SINJAI BARAT KABUPATEN SINJAI AKBAR, AKBAR
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.537 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian ini adalah makna apa saja yang terdapat pada peribahasa dalam Bahasa Konjho? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan makna  peribahasa dalam bahasa konjho. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, simak, dan teknik catat, teknik analisis data dilakukan dengan langkah penerjemahan, dan pendeskripsian makna berdasarkan makna denotatif dan kias. Dari hasil penelitian ini diperoleh data analisis makna peribahasa dalam bahasa Konjho yang terdiri dari tiga puluh delapan peribahasa. Adapun makna yang ditemukan adalah makna denotatif dan makna kias. Kata Kunci: Peribahasa, Bahasa, Konjho, Makna.
MAKNA SIMBOLIK UMAT HINDU DALAM PERSEMBAHYANGAN BULAN PURNAMA DI KECAMATAN BASIDONDO KABUPATEN TOLITOLI RAHAYU, NI KADEK INTAN
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.239 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa makna simbol nonverbal dan verbal dalam persembahyangan bulan Purnama di Desa Labonu Kecamatan Basidondo Kabupaten Tolitoli? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna simbol nonverbal dan verbal dalam persembahyangan bulan Purnama di Desa Labonu Kecamatan Basidondo kabupaten Tolitoli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan sebagai berikut: (1) pengumpulan data, setiap makna secara verbal dan non verbal dalam proses persembahyangan; (2) paparan data yaitu hasil analisis dapat memberikan hasil baik dan dapat dipertanggungjawabkan; (3) penarikan kesimpulan yaitu pengabsahan terhadap hasil yang dianalisis pada data untuk meneliti kebenarannya. Dari hasil penelitian diperoleh data makna simbolik pada proses persembahyangan bulan purnama secara verbal dan non verbal.  Kata Kunci: Semiotik, Makna, Simbol, Persembahyangan, Bulan Purnama 
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 PALU SUKMAWATI, SUKMAWATI
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.65 KB)

Abstract

ABSTRAK - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penulisan kata pada karangan eksposisi siswa SMP Negeri 2 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari karangan eksposisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Palu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik observasi dan teknik catat. Teknik analisis data terdiri dari; (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, di temukan kesalahan-kesalahan penulisan karangan eksposisi siswa SMP Negeri 2 Palu, yang meliputi kesalahan penulisan kata yakni; (1) kesalahan penulisan kata ulang, (2) kesalahan penulisan kata depan, (3) kesalahan penulisan singkatan, (4) kesalahan penulisan imbuhan. Kesalahan ini disebakan karena faktor kurangnya pemahaman siswa tentang penulisan kata yang baik dan benar. Oleh karena itu, siswa harus dibekali pengetahuan mengenai tatacara menulis karangan sesuai kaidah penulisan menurut Pedoman Umum  Ejaan Bahasa Indonesia.Kata Kunci: Kesalahan Penulisan Kata, Karangan Eksposisi.
PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII MTSN 4 PALU SUPRIYATI, IKA
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.701 KB)

Abstract

ABSTRAK - Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Permasalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelasVIII MTs Negeri 4 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu. Hal ini didukung oleh data yang telah diperoleh yakni dilihat dari penerapan metode diskusi mendapatkan presentase sebesar 88% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yakni berdasarkan empat aspek yang dinilai mencakup 1) aktif dalam 2) menyatakan pendapat, 3) sikap dalam menyatakan pendapat, cakupan materi pertanyaan, dan 4) jawaban atas pertanyaan diperoleh nilai 80 dari jumlah 31 siswa. Nilai 80 tersebut termasuk kategori baik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Kata Kunci : Metode Diskusi, Keterampilan Berbicara,
MAKNA SIMBOLIK DALAM TAHLILAN MASYARAKAT GORONTALO DI DESA PANGGULO WULANDARI, SRI
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.342 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan pokok dalam penelitian ini apakah makna simbolik dalam tahlilan masyarakat Gorontalo? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna simbolik dalam tahlilan masyarakat Gorontalo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, rekam, dokumentasi. Teknik analisi data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, peyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa simbol-simbol yang digunakan dalam tahlilan masyarakat Gorontalo yaitu: 1) baki lobohu/tempat bara, 2) bunga lilin, 3) bakohati, 4) tolangga lo pa’ita, 5) pa’ita, 6) bunga rambe, 7) toyopo dan pala’u, 8) wobulo/baju biru, 9) tinilo. Penggunaan simbol-simbol ini pada tahlilan/hileyiya bertujuan agar roh dari orang meninggal ini dapat pergi dari keluarga dengan hati gembira serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dari yang Maha Kuasa. Kata Kunci : Simbol, Makna, Semiotik, Tahlilan/ hileyiya. 
Interferensi Bahasa Buol Terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia Pada Masyarakat Momunu Kabupaten Buol DAIPORE, YULIANA Z
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.778 KB)

Abstract

ABSTRAK - Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah  bentuk-bentuk interferensi bahasa Buol yang terjadi pada masyarakat Desa Lamadong II Kecamatan Momunu Kabupaten Buol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk yang diakibatkan oleh faktor interferensi dalam tindak tutur masyarakat Momunu Desa Lamadong II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari data lisan. Dengan menggunakan metode simak, metode cakap , dan metode survei. Hasilnya yang diperoleh adalah faktor interferensi fonologi, interferensi morfologi, dan interferensi sintaksis. Contoh interferensi dalam bentuk fonologi “konapa” seharusnya”kenapa”. Bentuk interferensi morfologi “bamasak” seharusnya “ memasak”. Bentuk nterferensi pada sintaksis “berapa jilbab yangkaupakai?” seharusnya “berapa harga jilbab yang kau pakai “.Kata Kunci : Interferensi , bahasa Buol, bahasa Indonesia.
ANALISIS MAKNA SYAIR SAYANG-SAYANG SUKU MANDAR SULAWESI BARAT MELALUI PENDEKATAN HERMENEUTIKA DAFID, MOH.
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.498 KB)

Abstract

ABSTRAK Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk campur kode dalam novel Surga Kecil di Atas Awan karya Kirana Kejora. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dalam novel Surga Kecil di Atas Awan  karya Kirana Kejora. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunkan metode deskriptif dengan objek penelitian campur kode pada teks novel Surga Kecil di Atas Awan  karya Kirana Kejora. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca dan teknik catat. Prosedur metode analisis data terdiri atas: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi data dan kesimpulan. Berdsrkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa campur kode terbagi menjadi dua macam yaitu campur kode ke dalam (inner code-mixing) dan campur kode ke luar (outer code-mixing). Campur kode ke dalam (inner code-mixing) terdapat campur kode bentuk kata, frasa dan klausa. Pada tataran kata, terdapat campur kode dalam kelas kata benda (nomina), kelas kata kerja (verba), kelas kata sifat (adjektiva) dan kata tugas. Pada tataran frase, terdapat campur kode dalam bentuk frase endosentrik. Pada tataran klausa, terdapat campur kode dalam bentuk klausa bebas. Campur kode ke luar (outer code-mixing) hanya terdapat dua bentuk campur kode saja yaitu bentuk kata dan frase. Pada tataran kata , terdapat campur kode dalam kelas kata benda (nomina), kelas kata kerja (verba) kelas kata sifat (adjektiva). Pada tataran frase, terdapat campur kode dalam bentuk frase endosentrik.Kata Kunci : Campur Kode, Novel Surga Kecil di Atas Awan.
TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM PERCAKAPAN NONFORMAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PALU MARDIAH, SITI
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.361 KB)

Abstract

ABSTRAK - Kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pragmatik. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif dalam percakapan nonformal siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian kualitatif deskriptif dimaksudkan untuk mendeksripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif dalam percakapan nonformal siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu. Data dalam penelitian ini berupa data lisan yang akan dideskripsikan dalam bentuk tulisan. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan siswa yang berada di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu yang termaksud dalam tindak tutur ekspresif. Selanjutnya, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teknik analisis data yaitu, mereduksi data, menyajikan data hingga menyimpulkan data. Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan hasil penelitian tentang tindak tutur ekspresif dalam percakapan nonformal siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu yang melibatkan atas enam pembagian yaitu berterima kasih, memberi selamat, meminta maaf, menyalahkan, memuji dan berbelasungkawa. Kata kunci : tindak tutur, tindak tutur ekspresif, bentuk, fungsi  
PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA SMP NEGERI 3 SOJOL PARAMIDA, SITTI
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.655 KB)

Abstract

ABSTRAK - Permasalahan penelitian yakni (1) bagaimana penerapan model kotekstual dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sojol, (2) bagaimana hasil penerapan model kontekstual dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sojol. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan penerapan model kontekstual dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi kelas VIII A SMP Negeri 3 SojolPenelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sojol yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, evaluasi dan dokumentasi. Data hasil evaluasi dianalisis dengan menggunakan rumus mean/rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam menulis karangan eksposisi melalui penerapan model kontekstual adalah 75,97. Rata-rata tersebut apabila dimasukan dalam interval penilaian menunjukkan bahwa penerapan model kontekstual dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sojol berdasarkan pada empat aspek penilaian yaitu kesesuaian isi, kelengkapan struktur, diksi/pilihan kata, serta ejaan dan tanda baca adalah baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kontekstual yang diterapkan oleh guru di SMP Negeri 3 Sojol berhasil.Kata Kunci: Penerapan Model Kontekstual , Menulis Karangan Eksposisi
KEMAMPUAN BERCERAMAH SISWA KELAS XI MA MUHAMMADIYAH PALU MASRI, MASRI
BAHASA DAN SASTRA Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : BAHASA DAN SASTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.819 KB)

Abstract

ABSTRAK- Permasalahan dalam Penelitian ini adalah bagaima kemampuan berceramah siswa kelas XI MA Muhammadiyah Palu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berceramah siswa kelas XI MA Muhammadiyah Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sekolah MA Muhammadiyah Palu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penelitian tes, nontes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan evaluasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan skor yang didapatkan terhadap aspek indikator penilaian berceramah, Jumlah jawaban yang benar dihitung dengan menggunakan rumus, Penilaian menulis skor masing-masing dalam daftar tabel, Peserta didik yang dinyatakan tuntas secara individu jika memperoleh nilai 70 sesuai ketuntasan KKM. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berceramah siswa kelas XI MA Muhammadiyah Palu tahun ajaran 2018/2019 berkategori cukup baik dengan nilai rerata 78 lebih besar dari nilai KKM yang telah ditetapkan yakni 70. Adapun uraian masing-masing hasil rerata aspek penilain adalah pada aspek penguasaan materi mendapatkan nilai rerata sebesar 80, pada aspek gestur mendapatkan nilai rerata sebesar 80, pada aspek volume mendapatkan nilai rerata sebesar 82, pada aspek ekspresi mendapatkan nilai rerata sebesar 74, dan pada aspek intonasi mendapatkan nilai rerata sebesar 78. Jika dilihat dari aspek ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% yakni jumlah siswa yang tuntas adalah 24 peserta didik karena tidak ada peserta didik yang memiliki nilai kurang dari 70. Kata Kunci: Berceramah

Page 1 of 1 | Total Record : 10