cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2013): DESEMBER" : 7 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR ANTESENDEN YANG MEMPENGARUHI STRATEGI SALURAN DAN KINERJA PASAR Mohammad Tambrin
Neo-Bis Vol 7, No 2 (2013): DESEMBER
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v7i2.523

Abstract

Studi ini bertujuan menguji hubungan antara strategi merek perusahaan, ekuitas merek, strategi saluran, dan kinerja pasar.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model yang menunjukkan hubungan antara strategi merek, ekuitas merek, strategi saluran dan kinerja pasar. Menggunakan hubungan structural equation modelling, sebuah model industri minuman ringan teh botol dikembangkan untuk menggambarkan interaksi ini. Kuesioner digunakan dalam melakukan penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini digambarkan bahwa strategi saluran memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pasar, strategi merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap strategi saluran selain itu, ketika seorang pelanggan mempersepsikan ekuitas merek dengan lebih baik maka, strategi merek mampu mempengaruhi lebih baik tetrhadap ekuitas merek.
PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN MOTOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENERIMAAN KAS PADA CV. RAMAYANA PUTRA MOTOR GRESIK Andi Iswoyo
Neo-Bis Vol 7, No 2 (2013): DESEMBER
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v7i2.519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh penerapan sistem akuntansi penjualan motor terhadap penerimaan kas pada CV. Ramayana Putra Motor Gresik. Objek penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan sistem penjualan motor dan pengaruhnya sistem tersebut terhadap penerimaan kas pada CV. Ramayana Putra Motor Gresik. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan keadaan atau suatu fenomena dimana hasil yang diperoleh berupa data-data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa sistem akuntansi penjualan motor yang dilakukan di CV. Ramayana Putra Motor Gresik kurang sesuai dengan teori. Pada CV. Ramayana Putra Motor Gresik dalam menjalankan sistem penjualan motor secara kredit masih terdapat perangkapan fungsi. Perangkapan tersebut terdapat pada bagian bank yang merangkap sebagai bagian piutang. Sistem dan prosedur penjualan sepeda motor pada CV. Ramayana Putra Motor Gresik sedikit berbeda dengan teori yang penulis kemukakan.
DAMPAK TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Nurjanti Takarini; Ukki Hayudanto Putra
Neo-Bis Vol 7, No 2 (2013): DESEMBER
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v7i2.524

Abstract

Perusahaan perbankan merupakan salah satu industri yang berpartisipasi di pasar modal . Analisis ini untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan rasio. Untuk menilai tingkat kesehatan perbankan digunakan metode CAMELS Bank Indonesia, yang merupakan standar dalam menilai tingkat kesehatan bank. Penelitian ini secara konseptual bertujuan untuk mengetahui dampak CAR , RORA , NPM , ROA dan LDR terhadap perubahan harga saham pada perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampel reprensetatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan . Sampel dalam penelitian ini ada 17 perusahaan perbankan . Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan periode 2007-2009 yang dipublikasikan di media cetak Indonesia ( Info Bank ), Direktori Pasar Modal Indonesia ( ICMD ) dan Bursa Efek Indonesia ( BEI ) . Untuk memenuhi tujuan penelitian , hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa CAR memiliki dampak pada perubahan harga saham pada perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Adapun NPM , ROA dan LDR tidak berdampak pada perubahan harga saham pada perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) .
PENGARUH ETIKA AUDITOR, PENGALAMAN, PENGETAHUAN DAN PERILAKU DISFUNGSIONAL TERHADAP KUALITAS AUDIT Dina Purnamasari; Erna Hernawati
Neo-Bis Vol 7, No 2 (2013): DESEMBER
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v7i2.520

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui pengaruh etika auditor, pengalaman, pengetahuan, dan perilaku disfungsional terhadap kualitas audit. Studi ini dilaksanakan dengan metode survey terhadap lima belas auditor yang bekerja di kantor akuntan publik (KAP) di Jakarta.  Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh etika auditor, pengalaman, pengetahuan, dan perilaku disfungsional terhadap kualitas audit baik secara simultan maupun secara parsial. Hasil Uji menunjukkan bahwa secara simultan variabel etika auditor, pengalaman, pengetahuan, dan perilaku disfungsional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas audit. Namun demikian, secara parsial hasil uji menunjukkan bahwa variabel pengalaman dan perilaku disfungsional pengaruhnya tidak signifikan terhadap kualitas audit. Sementara itu variabel etika auditor dan pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas audit.
STRES KERJA (OCCUPATIONAL STRES) YANG MEMPENGARUHI KINERJA INDIVIDU PADA DINAS KESEHATAN BIDANG PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYAKIT DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (P2P-PL) DI KABUPATEN BANGKALAN Nurleila Jum’ati; Himmayatul Wuswa
Neo-Bis Vol 7, No 2 (2013): DESEMBER
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v7i2.525

Abstract

Stres merupakan suatu respons adaptif terhadap suatu situasi yang dirasakan menantang atau mengancam kesehatan individu, yang merupakan salah satu dampak dari kehidupan modern. Individu dapat merasa stres karena terlalu banyak pekerjaan, ketidakpahaman terhadap pekerjaan, beban informasi yang terlalu berat atau karena mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan melihat faktor stres kerja/occupational stres (individu dan organisasi) dalam mempengaruhi kinerja individu, sekaligus mengetahui stresor yang lebih dominan serta gambaran persepsi staf di Dinas Kesehatan Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan di Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu seluruh staf sebanyak 38 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan program software SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=1,007 + 0,340 X1.1+ 0,407 X1.2, sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan 48,8% variabel kinerja (Y) dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Stresor Individu (X1.1) dan  Stresor Organisasi (X1.2). Sedangkan sisanya 51,2 % variabel kinerja  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Faktor yang dominan berpengaruh adalah stresor organisasi yaitu sebesar 40,7 %.
ANALISIS TATANIAGA BERAS DI KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI Joko Purwono; Sri Sugyaningsih; Adib Priambudi
Neo-Bis Vol 7, No 2 (2013): DESEMBER
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v7i2.521

Abstract

Beras merupakan bahan pangan pokok bagi 95 persen penduduk Indonesia dengan tingkat konsumsi 139 kilogram per kapita per tahun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem tataniaga beras yang meliputi saluran tataniaga, lembaga tataniaga, fungsi tataniaga, struktur pasar dan perilaku pasar. Selain itu, penelitian ini menganalisis sistem tataniaga beras di setiap jenis saluran tataniaga. Hasil dari penelitian ini yaitu saluran tataniaga beras di kabupaten Banyuwangi terdiri dari 12 saluran dan ada enam jenis lembaga tataniaga (Kelompok Tani, Penebas, Penggilingan, Pedagang Besar, Pedagang Pengecer dan Sub Divisi Regional Bulog). Total hasil panen padi Musim Tanam I 2012 sebanyak 272.880 kilogram GKP atau setara 150.084 kilogram beras. Analisis efsiensi tataniaga membuktikan bahwa pada saluran VII mendistribusikan 31.755,50 kilogram beras. Biaya tataniaga tertinggi yaitu 1.512 rupiah per kilogram pada Saluran XII. Nilai marjin tataniaga terbesar juga pada Saluran XII yaitu sebesar 2.721 rupiah per kilogram. Saluran III memiliki nilai farmer’s share 79 persen. Nilai farmer’s share yang lebih tinggi pada suatu saluran dibandingkan dengan saluran tataniaga lainnya menunjukkan saluran tersebut efisien secara operasional.
PERAN KEPERCAYAAN DALAM MENCIPTAKAN KESETIAAN PELANGGAN Lia Nirawati
Neo-Bis Vol 7, No 2 (2013): DESEMBER
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v7i2.522

Abstract

Persepsi pelanggan terhadap kualitas jasa dapat dibentuk dengan layanan jasa yang telah diberikan. Di sini faktor komunikasi juga sangat dibutuhkan dalam menjalankan aktifitas pelayanan, karena dengan adanya komunikasi  bisa memperbaiki kinerja pelayanan yang lebih baik untuk mencapai kepuasan yang baik pula, karyawan juga dituntut melakukan peningkatan kinerja, untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Demikian juga pada perusahaan-perusahaan yang ingin memberikan pelayanan terhadap pelanggan dengan efektif dan efisien Carrefour adalah salah satu supermarket yang tidak dapat dipisahkan dengan perihal kepuasan pelanggan dan kesetiaan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh Persepsi Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan, dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Kesetiaan Pelanggan pada Carrefour. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berada pada Carefour. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan didapatkan bahwa Persepsi Pelanggan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan pada Carrefour, Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Kepercayaan Pelanggan pada Carrefour dan Kepercayaan Pelanggan berpengaruh positif terhadap Kesetiaan Pelanggan pada Carrefour

Page 1 of 1 | Total Record : 7