cover
Contact Name
Zulfiah Larisu
Contact Email
s2.admpublik@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
s2.admpublik@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25025589     DOI : -
Jurnal Publica memuat berbagai karya tulis ilmiah dari hasil penelitian dan kajian literatur para mahasiswa, dosen, peneliti dan pemerhati pada masalah-masalah yang berkaitan dengan Kebijakan Publik, Organisasi dan Manajemen, Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Komunikasi dan Pembangunan Sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Publica Vol 7 No 1" : 5 Documents clear
STRATEGI KOMUNIUKASI POLITIK DALAM SISTEM RECRUITMEN KADER PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) WILAYAH SULAWESI TENGGARA Sitti Rahmi; weka widayati; eka suaib
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Publica Vol 7 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.191 KB) | DOI: 10.33772/publica.v1i1.1401

Abstract

ABSTRACTThis study discusses about political communication strategy of Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  on cadre recruitment system and discucces about the recruitment system in PKS that undertaken in 2009 and 2014 which is used to set the candidates, starting from the stage to stage cadre recruitment. Lasswell communication theory is used to explain how communication strategy undertaken by PKS in South East Sulawesi. Lasswell communication strategy, there are several factor that need to considered namely know the audiene, compose the message, establish a method of delivering message and the role of communicator. Recruitment system theory by Barbara Gaddes gives an overview about how the recruitment and cadre applied by PKS in South East Sulawesi. The methods that used in this study is descriptive qualitative to describe the strategies of political communication that undertaken by PKS on its cadre recruitment system. Data collection by interviews and documentation. Interviewing an expert informant who knows about the whole recruitment process in PKS especially in South East Sulawesi. The study result showed that the forming of political communication strategy PKS in it cadre recruitment system devided into two phases namely the recruitment stage of political communication and political communication cadre stage. Each stage used different strategy to determine the character of the communicator, the message content, the message forwarding technique, selection of media and communication targets. There are no difference between cadre recruitment system of PKS in 2009 and 2014. PKS in South East Sulawesi still adopting partisanship system and meritrocratic system, where the pattern and the recruitment mechanism are opened, cadre mechanism is active stelsel system, centralized organization in determining party cadre method. LPPK is an internal agency to selecting cadre who will be nominated in legislative elections.Keywords : PKS, Political communication, political communication strategy and cadre recruitment system.
BUDAYA ORGANISASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA BADAN PENYELENGGARA PELAYANAN PERIZINAN KOTA KENDARI) Senggo Senggo; Abdul Kadir; Muh Nur Yamin
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Publica Vol 7 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.177 KB) | DOI: 10.33772/publica.v1i1.1402

Abstract

ABSTRAKSenggo (G2C1 12 032) ”Budaya Organisasi Dalam Pelayanan Publik (studi) Pada Badan Penyelenggara Pelayanan Perizinan Kota Kendari, dibimbing oleh  Abdul Kadir sebagai ketua komisi pembimbing dan Muh. Nuryamin sebagai anggota komisi pembimbingPenelitian  ini bertujuan: untuk mengetahui dan menganalisis  budaya organisasi dalam pelayanan publik pada Badan Penyelenggara Pelayanan Perizinan Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif. Tehnik  mengumpulan data adalah  wawancara dan  studi dokumen. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) Budaya organisasi dalam pelayanan publik di Badan Penyelenggara Pelayanan Perizinan Kota Kendari, ditinjau dari 5 (lima) dimensi budaya organisasi dalam penelitian ini yaitu:  (a) Inovasi, (b) Perhatian kepada kerincian, (c) Orientasi hasil, (d) Orientasi orang dan (e) Orientasi tim, karena diakui  sebagai nilai-nilai  budaya organisasi  yang menjadi pedoman bersama dalam melaksanakan tugas pelayanan publik yang  memiliki kontribusi terlaksananya dan terwujudnya pelayanan perizinan yang optimal yang menekankan efektivitas, sederhana,  kejelasan, keterbukaan,  dan ketepatan waktu.  (2) Budaya organisasi dalam pelayanan publik pada Badan Penyelenggara Pelayanan Perizinan Kota Kendari,  karena dengan adanya nilai-nilai budaya yang menjadi pedoman bersama bagi pegawai dalam melaksanakan tugas pelayanan perizinan maka pelayanan publik yang menekankan efektivitas,  sederhana,   kejelasan, keterbukaan,  dan ketepatan waktu, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara optimal. Sebaliknya jika nilai budaya organisasi tidak dijadikan sebagai pedoman bersama dalam melaksanakan tugas pelayanan publik maka pelayanan publik yang menekankan efektivitas,  sederhana,   kejelasan, keterbukaan,  dan ketepatan waktu tidak dapat tercapai secara optimal sehingga tujuan Badan Penyelenggara Pelayanan Perizinan Kota Kendari tidak tercapai dengan optimal.Kata Kunci : Budaya Organisasi, Pelayanan Publik dan Perizinan.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERIZINAN DAN PEMBERITAHUAN KEGIATAN MASYARAKAT PADA KEPOLISIAN RESORT (POLRES) KOTA KENDARI Mutiasari Mutiasari; Muh Nur Yamin; Syamsul Alam
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Publica Vol 7 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.708 KB) | DOI: 10.33772/publica.v1i1.1322

Abstract

This studywas conducted todetermine and analyze the implementation ofthe licensing policies and notices of community activitiesin Kendari City Police and kornunikasi factors, resources ,disposition, and structure influence the implementation ofthe licensing policies and noticesof community activitiesin Police Kendari. The results showed that the licensing policies and notices masyatakat activitie simple mentedby(a) Providea receiptnotice(b) To coordinatewiththe responsibledelivery ofopinionsin thePublic(c) To coordinatewiththe leadership, the agency/institutionwhich is the goalof deliveringthe opinion(d) Preparesecuringalocationand routethat passed.(e) responsibleforprotectingthe participantsinthe delivery ofpublicopinion(f) responsible fororganizingsecurityandfactorsfactors thatinfluence the implementation ofthe licensingpoliciesandnoticesof community activitiesare: (1) Communication; (2) Resources(3) Disposition; and(4) OrganizationalStructure.Keywords:Implementation ofLicensing PolicyandCommunityEventNotification.
KEPUASAN PELANGGAN ATAS KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA KENDARI Ansar Ansar; Abdul Kadir; Gunawan Gunawan
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Publica Vol 7 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.318 KB) | DOI: 10.33772/publica.v7i1.6605

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah pelanggan PDAM yang berjumlah 18.343 orang. Ukuran sampel penelitian mengacu kepada formula Slovin sebanyak 100 pelanggan yang ditentukan secara acak. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif rata-rata hitung dengan fasilitas SPSS Versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kepuasan pelanggan berada pada kategori tidak puas. Hal ini menunjukkan bahwa perasaan pelanggan menyangkut kenyamanan sebagai akibat dari perbandingan antara kinerja layanan PDAM yang dipersepsikan dalam kaitannya dengan harapannya tergolong tidak puas.  Kata-kata kunci: Kepuasan pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kinerja layanan.
KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA KENDARI Muhammad Junaid; Abdul Kadir; Muhammad Basri
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Publica Vol 7 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.043 KB) | DOI: 10.33772/publica.v7i1.6606

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kinerja aparatur sipil Negara dalam pelayanan kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ditetapkan secara purposive, terdiri dari direktur, dokter, perawat, staff/pegawai dan masyarakat yang sedang rawat inap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif model interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan di mana ketiganya dilakukan secara terintegrasi dengan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kinerja aparatur sipil negara pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari secara umum cukup baik. Hal ini terlihat dari kemampuan pegawai dalam menggunakan fasilitas kerja, mampu mencapai target kerja, mandiri dalam mengerjakan pekerjaan, serta tingkat kehadiran yang tinggi.  Kata-kata Kunci: Kinerja, Pelayanan kesehatan,Target kinerja, Kemandirian.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5