cover
Contact Name
faizatul faridy
Contact Email
bunayya@ar-raniry.ac.id
Phone
+6285277724488
Journal Mail Official
bunayya@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, 23111
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 24604437     EISSN : 25493329     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, praktisi, guru, mahasiswa dan masyarakat luas yang memiliki perhatian terhadap bidang pendidikan dan pembelajaran anak usia dini. Redaksi menerima naskah berupa hasil penelitian, studi pustaka, pengamatan atau pendapat atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan bidang-bidang di atas dan belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Redaksi berhak memperbaiki atau mempersingkat tanpa mengubah isi. Artikel dimuat setelah melalui tahap seleksi.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020" : 9 Documents clear
MENDIDIK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI Sukatin, Putri Karmila, Marini, Riskcy Nurul Hidayah Ranti Nursavitri, Saumi Vitri Pratiwi
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.193 KB)

Abstract

Kemandirian (autonomi) harus diperkenalkan kepada anak sedini mungkin. Dengan kemandirian tersebut anak akan terhindar dari sifat ketergantungan pada orang lain, dan yang terpenting adalah menumbuhkan keberanian dan motivasi pada anak untuk terus mengekspresikan pengetahuan-pengetahuan baru. Untuk itu, perlu kiranya kita memahami apa yang dapat mempengaruhi kemandirian anak serta bagaimana upaya yang dapat ditempuh untuk mengembangkan kemandirian anak tersebut.
PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MEMBENTUK ANAK USIA DINI SENANG MEMBACA Atik Latifah Atik Latifah
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.546 KB)

Abstract

Perkembangan pada anak usia dini meliputi enam aspek perkembangan salah satunya adalah aspek bahasa, yang mana bahasa akan mengantarkan anak untuk lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Cara yang baik untuk mengajarkan aspek perkembangan bahsa pada anak adalah dengan mengajarinya membaca, namun pada awalnya anak di perkenalkan dulu macam-macam huruf kemudian mengajarinya cara membaca hingga mereka mampu untuk Menyusun kalimat yang kompleks. dalam pemberian pembelajaran membaca pada anak usia dini yakni dengan memberikan alat permainan edukatif (APE), pada penelitian ini digunakan permainan edukatif yang berbentuk big book, big book sendiri merupakan buku besar yang diisi dengan cerita dan warna yang menarik bagi anak. Yang mana tujuan dari pemberian big book ini adalah untuk merangsang minat membaca pada anak usia dini, pemberian ini dicontohkan terlebih dahulu oleh guru setelah itu diberikan pada anak dan anak juga diberikan kepercayaan untuk membaca yang kemudian nantinya anak akan menceritakan kembali isi cerita dari big book. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan big book memberikan dampak yang positif bagi anak yakni anak mulai tertarik untuk berperan aktif dalam kegiatan membaca.
ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI Sukatin, Qomariyyah Yolanda Horin, Alda Afrilianti Alivia, Rosa Bella
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.837 KB)

Abstract

Pada masa usia anak usia dini anak mengalami masa keemasan (golden age) yang merupakan dimana anak mulai peka dan sensitive untuk menerima rangsangan atau stimulus. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon rangsangan yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motoric, bahasa, social emosional, agama dan moral. Anak dilahirkan belum bersifat sosial untuk mencapai kematangan dalam berhubungan sosial, tentang cara-cara anak menyesuaikan diri dengan orang lain, nroma-norma kelompok, dan tradisi. Sedangkan kecerdasan emosi anak usia dini bertanggung jawab terhadap harga diri, kesadaran diri, kepekaan emosional serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika kepekaan emosiaonal nya tinggi, maka akan mampu memahami berbagai pembagian perasaan yang muncul serta dapat mengenali diri sendiri. Kecerdasan emosional merupakan bentuk kemampuan diri untuk lebih proposional dalam menempatkan diri dilingkungan. Kecerdasan sosial emosional anak dapat dikembangkan dengan cara melakukan permainan, adapun pengaruh perkembangan pada anak terdapat pada teman sebaya, permainan, dan televisi.
IMPLEMENTASI PERMAINAN JUMP COUNT MELALUI ABACUS TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI Ririn Dwi Wiresti, Suyadi
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.458 KB)

Abstract

Setelah pemerintah mengeluarkan himbauan untuk bekerja dari rumah, ibadah dari rumah dan belajar dari rumah, maka semua aktivitas dilakukan dirumah. Hal ini menandakan himbauan untuk sekolah meliburkan siswanya. Ketika siswa berada di rumah maka tentu saja harus tetap diberikan stimulus dengan baik. Permainan Jump Count merupakan permainan yang di rancang oleh peneliti untuk membantu orangtua menstimulus perkembangan kognitif anak secara menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana implementasi permainan Jump Count dengan bantuan abacus tangga jika terapkan dirumah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data ibu yang mempunyai anak usia dini disekitar rumah peneliti. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi permainan ini. Agar hasi penelitian akurat, detail dan kredibel, maka peneliti menggunakan teknik analisis data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Jump Count dapat diterapkan dirumah dengan menyenangkan, agar perkembangan anak terstimulus dengan optimal maka orangtua harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi permainan Jump Count ini. Selain itu penting juga kolaborasi orangtua dengan bunda guru untuk terus memantau perkembangan anak.
PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM Sukatin, Elis Rahmayeni Zulhizni, Siti Tasifah, Nova Triyanti, Dina Auliah, Indah Laila, Siti Patima
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.057 KB)

Abstract

Dalam pandangan islam, anak merupakan salah satu karunia besar Tuhan yang hanya diberikan kepada pasangan-pasangan yang dipercaya untuk mengemban tugas sebagai orang tua. Atas dasar itulah, anak merupakan amanah Tuhan bagi para orang tua.Mereka mendapat tugas untuk mendidik anak-anaknya sebaik mungkin. Pendidikan Islam untuk anak-anak adalah kegiatan penting yang dilakukan oleh setiap orang tua muslim, jika mereka ingin anak-anak mereka menjadi anak-anak shaleh dalam keluarga mereka. Hal ini juga menjadi tujuan penelitian oleh para ahli pendidikan Islam.Pendidikan anak harus mendasar pada Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadist.Pendidikan islam merupakan pendidikan yang digunakan untuk membina manusia dari kecil sampai mati. Karena pendidikan islam merupakan pendidikan seumur hidup.
PERMAINAN SIDEWALK CHALK UNTUK MELATIH PERKEMBANGAN MOTOR KASAR ANAK USIA DINI Mardi Fitri, Suyadi
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.669 KB)

Abstract

Perkembangan motorik kasar pada anak-anak sejauh ini belum mampu meningkatkan keterampilan gerakan, kepercayaan diri dan kerjasama yang baik, sehingga perlu adanya permainan yang tepat untuk melatihnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan keterampilan motorik kasar pada anak usia dini sebelum dan sesudah menerapkan thechame sidewalk chalk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil analisis membuktikan bahwa permainan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan motorik untuk anak-anak, salah satunya adalah melalui permainan sidewalk chalk. Permainan sidewalk chalk ini dapat melibatkan anak-anak secara penuh dengan aturan yang ada, sehingga mengharuskan anak melakukan banyak aktivitas fisik sederhana, seperti merangkak. Aktivitas yang dilakukan melalui game ini membantu anak-anak bergerak aktif. Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan sidewalk chalk motorik kasar anak dapat berkembang dengan baik.
FILSAFAT PENDIDIKAN MARIA MONTESSORI DENGAN TEORI BELAJAR PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN AUD Ani Oktarina, Maemonah
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.813 KB)

Abstract

Tulisan ini berusaha menjelaskan pendidikan Islam dari sudut pandang Maria Montessori, yang merupakan tokoh pendidikan anak yang mencurahkan hampir keseluruhan hidupnya untuk anak-anak. Maria Montessori memiliki prinsip dasar mengenai metode montessori ini, yang sangat memfokuskan anak sebagai childern center dan orang dewasa sebagai pembimbing. Menurutnya, suatu fase kehidupan di awal sangat berpengaruh terhadap faserase kehidupan selanjutnya artinya bahwa pengalaman-pengalaman yang dialami oleh seorang anak di awal kehidupannya sangat berpengaruh terhadap kedewasaannya kelak begitu juga perlakuan yang di dapatkan anak sejak kecil akan sangat berpengaruh terhadap perkembang an anak selanjutnya. Kemudiaan sebagai umat Islam, sudah menjadi kewajiban bagi orang tua dan pendidik untuk menanamkan nilai-nilai ke-Islaman pada anak-anaknya. Dan agar nilai-nilai ke-Islaman tersebut dapat terserap dengan sempurna, maka harus diajarkan sejak anak-anak usia dini juga. Rasulullah telah menegaskan tentang tanggung jawab orang tua terhadap anak-anak dalam sabdanya.
ANALISIS PROBLEMATIKA PRILAKU PERKEMBANGAN ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK Anggil Viyantini Kuswanto Na’imah
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.898 KB)

Abstract

Problematika perkembangan anak usia dini yaitu sesuatu hal yang akan mengganggu kehidupan anak, yang timbul karena ketidaksesuaian pada perkembangannya. Tujuan dari penelitian untuk memahami permasalahan anak usia taman kanak-kanak agar dapat meminimalkan kemunculan dan dampak permasalahan tersebut serta mampu memberikan upaya bantuan yang tepat. Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui perkembangan anak usia dini karena pada masa ini, anak berada pada masa emas yang hanya datang sekali dan tidak dapat diulang. Sebagai pendidik dan orang tua wajib untuk melihat tumguh kembang anak sejak dini, dan betapa ruginya orang tua yang tidak peduli akan perkembangan anaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research atau penelitian kepustakaan, dengan alat pengumpul data berupa data primer dan data sekunder seperti observasi buku problematika perkembangan Pendidikan anak usia dini dan data sekunder data penunjang yang relevan dengan penelitian ini, seperti buku, majalah, dokumen dan artikel-artikel jurnal tentang penelitian secara langsung . Teknis analisis penelitian ini berupa Teknik content analysis atau analisis isi. Berdasarkan Hasil kajian menunjukkan bahwa cara menangani problematika prilaku perkembangan anak usia taman-kanak-kanak melalui 5 tahap yaitu 1) Identifikasi kasus dan masalah; 2) Diagnosis; 3) Prognosis; 4) Treatment;dan 5) evaluasi.
PEMIKIRAN BEHAVIORISME DALAM PENDIDIKAN (Study Pendidikan Anak Usia Dini) Siti Maghfhirah, Maemonah
Bunayya Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.701 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami bagaimana teori perkembangan behaviorisme bisa di aplikasikan pada pembelajaran anak usia dini untuk kegunaan nya dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran pada teori ini yaitu melalui filsafat PAUD akan memberikan landasan filosofis bagaimana cara memberi stimulus dan respon yang sesuai dengan kondisi kemampuan dalam diri anak. Jika Pendidikan harus mampu di capai oleh anak, maka segala yang menjadi kebutuhan anak harus di penuhi sesuai arahan yang jelas, tujuan yang relevan pada tahapan usia dan perkembangan anak. Salah satu sebab terjadi nya perubahan tingkah laku maka harus di analisis terlebih dahulu. Dalam perkembangan belajar melalui teori behviorisme, memiliki proses yang paling dasar yaitu sikap, etika, perilaku, serta kebiasaan hidup. Perilaku manusia sangat mempengaruhi pada lingkungan, peranan aksi-reaksi, stimulus-respon, serta hasil dan potensi belajar pada anak. Melalui tahapan tumbuh kembang fisik, kognitif, dan sosial emosional nya, di harapkam anak memiliki perkembangan dan rangsangan yang kuat dalam diri nya. semua di lakukan agar anak memiliki pribadi lebih baik serta memiliki kemampuan generative di kehidupan era-global di masa yang akan datang.

Page 1 of 1 | Total Record : 9