cover
Contact Name
Dr. Dahmiri, SE., MM
Contact Email
mankeusrl@unja.ac.id
Phone
+6281366180484
Journal Mail Official
mankeusrl@unja.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Jl. Jambi-Muara Bulian Km. 15 Mendalo Darat, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Published by Universitas Jambi
ISSN : 22528636     EISSN : 26859424     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan masyarakat yang terkait dengan hasil penelitian dalam bidang Bidang Manajemen Pemerintahan, Bidang Manajemen Operasional, Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Bidang Manajemen Pemasaran, Bidang Manajemen Keuangan, Bidang Perpajakan, Bidang Akuntansi dan Bidang Kewirausahaan. Tujuan Mankeu adalah menjadi sarana komunikasi ilmiah bagi para peneliti, akademisi dan masyarakat untuk mempublikasikan hasil penelitian.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan" : 8 Documents clear
PENGARUH FAKTOR INTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI Winda Syafitri; dahmiri dahmiri
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v8i1.6930

Abstract

The purpose of this research is to explain the effect of Internal Factors toward student interest in entrepreneurship on Economics and Business Faculty of Jambi University. Sampling techniques used on is Non-Probability Sampling with Convenience Sampling Method. The number of respondents is 100 consumers. Technique analysis for this research use descriptive analysis to describe the research variables and multiple regression analysis to find the effect between research variables using SPSS 20.0. This research revealed the significant effect of Internal Factors on Student Interest in entrepreneurship on Economics and business Faculty of Jambi University.
PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGHARGAAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONEN DI KOTA JAMBI) Muhammad Ridwan; Hengki Erik Sandi
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v8i1.6931

Abstract

Penelitian empiris ini dilakukan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh variabel TQM, interaksi antara TQM dengan sistem penghargaan, dan interaksi antara TQM dengan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial dengan sistem pengukuran kinerja sebagai variabel moderasi pada perusahaan otomotif dan komponen yang ada di kota jambi(2016). Data disebar dan dikumpulkan dengan teknik convenience sampling kepada para responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para staf divisi akuntansi pada perusahaan otomotif dan komponen yang ada di kota jambi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) total quality management secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, (2) interaksi total quality management dengan sistem penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, (3) interaksi total quality management dengan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, dan (4) interaksi total quality management dengan sistem pengukuran kinerja tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial.
ANALISIS PENGELOLAAN PARIWISATA OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN MERANGIN TAHUN 2018 Wahyu Rohayati; Desi Sumanti
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v8i1.6932

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Pariwisata Di Dinas Pariwisata Kabupaten Merangin. Informan penelitian ini adalah sample dari keseluruhan pengunjung setiap minggunya di objek pariwisata. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung melalui penelitian lapangan dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan hasil wawancara dengan pihak Objek dan daya tarik wisata (ODTW) Dinas Kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga dan dengan para pengunjung objek pariwisata.Hasil penelitian menunjukan masih banyak kendala yang dihadapi kabupaten merangin dalam pengelolaan pariwisata, faktor kendala nya adalah sarana dan prasarana yang belum memadai.
PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN KOMUNIKASI WORD-OF-MOUTH DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERAWATAN WAJAH MEREK WARDAH KONSUMEN WANITA KOTA JAMBI Dini Elida Putri; Friska Artaria
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v8i1.6933

Abstract

Keputusan pembelian dilakukan konsumen setiap waktu terkait kebutuhan atau keinginannya.Tugas pemasar ialah untuk melihat beragam faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam tiap tahapan proses keputusan pembelian, sehingga penyusunan strategi pemasaran sesuai dengan segmen pasar yang dituju. Salah satu langkah yang dilakukan pemasar adalah merancang bauran komunikasi perusahaan, dengan penggunaan media dan/ atau merancang pengaruh personal yang dapat timbul dilingkungan pelanggan, yaitu melalui komunikasi word-of-mouth.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis besar pengaruh iklan televisi dan komunikasi word-of-mouth serta signifikansi dari pengaruh kedua variabel tersebut secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk perawatan wajah merek Wardah pada konsumen wanita di kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner skala Likert lima tingkat kepada 100 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan melakukan uji t dan uji F dengan menghasilkan kesimpulan, terdapat pengaruh signifikan dari iklan televisi dan komunikasi word-of-mouth masing-masing sebesar 0,438 dan 0,302 dan secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 14,5% terhadap keputusan pembelian produk perawatan wajah merek Wardah pada konsumen wanita di Kota Jambi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa iklan televisi dan komunikasi word-of-mouth memiliki pengaruh signifikan dalam pembuatan keputusan pembelian produk perawatan wajah oleh konsumen wanita di Kota Jambi.
PENGARUH MOTIVASI DAN SIKAP WIRAUSAHA TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA WANITA DI KOTA JAMBI Revia Setiani; dahmiri dahmiri; Sigit Indrawijaya
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v8i1.6934

Abstract

This study aims to analyze the influence of motivation and attitudes of entrepreneurs to the decision of women entrepreneurship in the city of Jambi. The population in this study were women aged 15 years and over with the number 213.096 with 100 respondents. This type of research includes ex post facto research. This research is a correlational descriptive research. Data collection techniques used for primary data obtained from the distribution of questionnaires while for secondary data obtained from various library materials. Analyzer used in this research are, data quality test consist of test of validity and reliability test, multiple linear regression analysis, t test, f test and coefficient of determination test. The overall analysis was calculated using SPSS ver 15 program. The results showed that motivation variable (X1) had a significant effect partially on entrepreneurship decision. As for the entrepreneurial attitude variable (X2) had a significant effect partially on the decision of entrepreneurship. Motivation (X1) and entrepreneurship attitude (X2) had significant effect simultaneously to woman entrepreneurship decision in Jambi city. 
ANALISIS RASIO UNTUK MENGUKUR KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DI KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2011-2013 Coriyati Coriyati
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v8i1.6935

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pengelolaan keuangan pemerintah daerah berdasarkan analisis rasio keuangan pada APBD Kabupaten Sarolangun dan untuk mengetahui perkembangan pendapatan APBD Kabupaten Sarolangun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode analisis rasio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio kemandirian selama tiga tahun anggaran adalah rendah sekali dengan rata-rata 4,26 persen, rasio efektivitas selama tiga tahun anggaran adalah sangat efektiv dengan rata-rata 102,2 persen, rata-rata rasio aktivitas selama tiga tahun anggaran pada belanja operasi sebesar 66,77 persen dan pada belanja modal sebesar 27,12 persen, rasio pengelolaan belanja mengalami surplus anggaran setiap tahunnya dan memiliki rata-rata sebesar 104,85 persen, serta pada rasio pertumbuhan PAD memiliki rata-rata pertumbuhan sebesar 0,13 persen dan Pendapatan memiliki rata-rata pertumbuhan sebesar 7,45 persen, sedangkan rasio belanja operasi memiliki rata-rata pertumbuhan sebesar 6,46 persen dan rasio belanja modal memiliki rata-rata pertumbuhan sebesar 2,99 persen. Adapun perkembangan pendapatan APBD Kabupten Sarolangun mengalami peningkatan setiap tahunnya.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN PAUH KABUPATEN SAROLANGUN Arbet Irawan Nasution
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v8i1.6936

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif.Kuisioner digunakan untuk mendapatkan informasi pokok pelitian dengan 99 orang responden.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kecamatan pauh terhadap masyarakat dan untuk menganalisis kualitas pelayanan pemerintah kecamatan pauh.Kondisi tanggapan responden dari berberapa pertanyaan tersebut tentunya sudah dapat dijadikan tolak ukur yang obyektif bahwa kualitas pelayanan pada kantor camat pauh sudah baik, hal tersebut dilihat dari berbagai tanggapan responden terhadap pernyataan – pernyataan yang menyatakan bahwa setuju dengan hal tersebut, meskipun masih terdapat kekurangan – kekurang yang perlu untuk di evaluasi sebagai kerangka acuan dalam rangka memperbaiki indikator – indikator pelayanan yang telah diterapkan di kantor kecamatan pauh Kabupaten Sarolangun.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan-kebijakan terutama di kualitas pelayanan Kantor Camat Pauh Kabupaten Sarolangun
ANALISIS DIMENSI BALANCE SCORECARD DARI PERSPEKTIF KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT GUDANG GARAM, TBK DAN PT BENTOEL INTERNATIONAL INVESTAMA, TBK ) Friska Artaria Sitanggang; Dini Elida Putri; Erny Melina
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v8i1.6937

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui gambaran PT Gudang Garam, Tbk dan PT Bentoel International Investama, Tbk. Jika ditinjau dari konsep Balanced Scorecard dalam perspektif keuangan, yakni dimensi pelanggan, dimensi proses bisnis internal, dimensi sumber daya manusia, dan dimensi keuangan.Setelah melakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa historikal penjualan yang mewakili dimensi pelanggan menggambar tren meningkat selama periode tahun penelitian 2013-2018, artinya perusahaan mampu memenuhi kebutuhan dan  selera pelanggan sehingga penjualan dapat terus meningkat selama periode tahun penelitian. Rata-rata angka ratio perputaran aktiva serta current ratio yang mewakili dimensi proses bisnis internal pada objek penelitian masing-masing yakni pada PT Gudang Garam, Tbk masing-masing 1,2 kali dan 184,1% sedangkan PT Bentoel International Investama, Tbk masing-masing 1,4 kali dan 172%. Dari dimensi sumber daya manusia, diproksikan dengan angka rasio rata-rata Return on Equity (ROE) PT Gudang Garam, Tbk dan PT Bentoel International Investama, Tbk masing-masing 16.8% dan -60,7%. Sementara dari dimensi keuangan, diwakili oleh rasio solvablitas yakni Debt to Asset Ratio (DAR) rata-rata dari PT Gudang Garam, Tbk dan PT Bentoel International Investama, Tbk masing-masing 39,0% dan 72,8%. Dari kedua objek penelitian, PT Gudang Garam, Tbk memiliki struktur modal optimal, dikarenakan dengan komposisi struktur modal yang dimiliki, perusahaan ini memiliki kemampulabaan positif yang ditunjukkan oleh perolehan angka rasio ROE yakni selama periode tahun penelitian 2013-2018.  

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 04 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (In Progres) Vol. 14 No. 03 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 14 No. 01 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 13 No. 05 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Edisi Khusus) Vol. 13 No. 04 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 13 No. 03 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 13 No. 02 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 13 No. 01 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 03 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 01 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 04 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 03 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 01 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 03 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 3 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 3 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 3 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 2 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 1 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 3 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 3 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 2 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 3 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 3 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan More Issue