cover
Contact Name
Dr. Susilawati, M.Si
Contact Email
susilawati@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6281268731997
Journal Mail Official
susilawati@lecturer.unri.ac.id
Editorial Address
Laboratorium Prodi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP UNRI Kampus Binawidya Km 12,5 Panam, Pekanbaru Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Published by Universitas Riau
ISSN : 24778575     EISSN : 27215164     DOI : 10.33578/jpk-unri
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti penelitian pengembangan dan penelitian Penerapan pada Pendidikan Menengah, Pendidikan tinggi) dan semua bidang sains. JPK UNRI diterbitkan dibawah Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Riau.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2020): Januari: Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau" : 1 Documents clear
PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI DIGITAL SEKOLAH SISWA DAN GURU Febliza, Asyti; Oktariani, Oktariani
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau Vol. 5 No. 1 (2020): Januari: Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen literasi digital sekolah, guru dan siswa yang berfungsiuntuk mengukur sejauh mana tingkat literasi digital sekolah, guru, dan siswa. Tidak mungkin suatu sekolah dapat mengikuti perkembangan IPTEK jika potensi sekolah tidak memadai dan sumber daya manusianya belum siap. Oleh karena itu, pengembangan instrument literasi digital perlu dibuat agar dapat mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah, guru dan siswa dalam menghadapi era digital di revolusi industri 4.0. Subjek penelitian yaitu 90 responden yang terdiri dari 30 orang guru dan 60 orang siswa di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Angket yang telah dibuat terlebih dahulu divalidasi oleh 2 validator ahli, setelah dinyatakan valid oleh validator ahli selanjutnya angket dilakukan uji terbatas untuk menghitung tingkat validitas dan realiabilitas masing-masing item pertanyaan. Angket menggunakan skala likert dengan 3 kategori pilihan jawaban (sering, jarang, tidak pernah atau ada, sedang direncanakan, tidak, dsb). Berdasarkan hasil dan kesimpulan dapat ditarik kesimpulan yaitu: butir pertanyaan yang dapat dijadikan sebagai alat pengumpul data pada instrumen angket literasi digital sekolah yaitu sebanyak 23 butir pertanyaan, sedangkan butir pertanyaan yang dapat dijadikan sebagai alat pengumpul data pada instrumen angket literasi digital guru 52 butir pertanyaan dan instrumen angket literasi digital siswa sebanyak 31 butir pertanyaan. Berdasarkan kriteria reliabilitas, ketiga angket literasi digital menunjukkan kriteria reliabilitas tinggi dan sangat tinggi dengan tingkat reliabilitas lebih besar dari 0,684.

Page 1 of 1 | Total Record : 1