cover
Contact Name
santi astawa
Contact Email
santi.astawa@unud.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jik@unud.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer
Published by Universitas Udayana
ISSN : 19795661     EISSN : 2622321X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JIK is a peer-reviewed scientific journal published by Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Science, Udayana University which has been published since 2008. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of computer science. JIK is consistently published two times a year in April and September. This journal covers original article in computer science that has not been published. The article can be research papers, research findings, review articles, analysis and recent applications in computer science.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2: September 2016" : 8 Documents clear
ANALISIS & IMPLEMENTASI ALGORITMA KELELAWAR SEBAGAI FITUR SELEKTOR DALAM KLASIFIKASI DERMATOLOGY Ketut Ardha Chandra; I Made Widiartha; Agus Muliantara
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2: September 2016
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.316 KB)

Abstract

Penyakit kulit merupakan salah satu penyakit yang perlu ditangani secara serius baik dalam pencegahan maupun pengobatan.Di Indonesia, penyakit kulit merupakan penyakit yang menjangkit terbanyak kedua sejumlah 501.280 kasus. Sebagai upaya pencegahan dan pengobatan perlu diketahui klasifikasi penyakit kulit apa yang sedang diderita. Untuk mengetahui klasifikasi penyakit yang tepat perlu diketahui fitur-fitur yang tepat pula. Salah satu jenis penyakit kulit yaitu Erythemato-squamou sangat sulit untuk deteksi karena fitur klinis maupun histopatologis menampilkan  90% fitur serupa. Solusi untuk mengoptimasi kinerja klasifikasi dan memilih fitur yang tepat bisa menggunakan metode bio-inspired salah satunya algoritma kelelawar.Pada penelitian sebelumnya algoritma kelelawar mampu memberikan perfoma yang lebih baik bila dibandingkan dengan algoritma genetika, Particle Swarm Optimization dan Geometric Particle Swarm Optimization. Oleh karena Algoritma Kelelawar memberikan hasil yang baik dalam penelitian komparasi sebelumnya, pada penelitian ini Algoritma Kelelawar digunakan sebagai feature selector untuk membantu proses klasifikasi Dermatology menggunakan Naive Bayes dan Backpropagation dengan harapan akurasi yang dihasilkan klasifier lebih optimal. Penelitian ini menggunakan dua skenario dimana skenario pertama klasifikasi berjalan tanpa menggunakan algoritma kelelawar, dan skenario kedua menggunakan algoritma kelelawar.Hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa dengan menggunakan algoritma kelelawar akurasi klasifikasi Dermatolgy dapat meningkat. Pada klasifier Naive Bayes akurasi meningkat dari 81,81% menjadi 97,27% dan klasifier Backpropagation meningkat dari 61.40% menjadi 92.39% dengan menggunakan variabel yang paling optimal yaitu ?=0,75, ?=1  dan ?=0,25.  Dari kedua klasifier yang digunakan, algoritma kelelawar mampu memberikan hasil yang konsisten sebagai feature selector dengan menghasilkan pemilihan fitur optimal yang sama yaitu fitur : itching, PNL infiltrate, Parakeratosis, Elongation of the rete ridges, Munro microabcess, dan Follicular horn plug.
PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PENERIMA BANTUAN BEDAH RUMAH DENGAN METODE PEMOBOBOTAN I Wayan Supriana
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2: September 2016
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.428 KB)

Abstract

Dalam Penelitian ini keluaran yang dihasilkan berupa rancangan sistem informasi menjadi salah satu alat pendukung keputusan pada penilaian bantuan bedah rumah. Penilaian bantuan bedah rumah yang dilakukan masih konvensional sehingga perlu adanya sistem yang membantu dalam minilai calon pemohon secara obyektif. Terdapat 14 faktor kelayakan yang digunakan untuk menilai calon pemohon pengajuan bantuan bedah rumah. Adapun foktor tersebut adalah luas alas rumah, jenis alas  rumah, jenis tembok rumah, jenis dan kondisi atap rumah, Kondisi fasilitas WC, sumber pencahayaan rumah, air konsumsi rumah tangga, bahan energi untuk memasak, konsumsi jenis makanan dalam  satu minggu, kemampuan beli pakaian baru untuk setiap rumah tangga dalam setahun, kemampuan berobat ke puskesma dalam sebulan, pekerjaan kepala rumah tangga, tingkat pendidikan kepala rumah tangga, tidak memiliki tabungan. Dalam penelitian ini rancangan sistem penilaian bantuan bedah rumah dengan metode pembobotan dapat di lakukan perancangannya, serta proses uji model rancangan memberikan optimalitas dalam penilaian.
RANCANG BANGUN APLIKASI WIRELESS PENETRATION TEST PADA SISTEM OPERASI LINUX Aditya Dwipayana; I Made Oka Widyantara; Ni Made Ary Esta Wirastuti
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2: September 2016
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.082 KB)

Abstract

Algoritma enkripsi adalah pertahanan pertama terhadap serangan jaringan. Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access (WPA) digunakan untuk mengamankan jaringan pada standar 802.11, akan tetapi enkripsi ini memiliki banyak kelemahan. Aplikasi-aplikasi penetrasi berbasis linux seperti aircrack, airodump, aireplay mampu memanfaatkan kelemahan tersebut untuk dapat terkoneksi ke dalam jaringan dan bahkan mencuri data. Sayangnya aplikasi penetrasi berbasis text mengakibatkan kesulitan tersendiri bagi pengguna umum karena harus mengingat format perintah pada setiap aplikasi. Penelitian ini berhasil menyederhanakan penggunaan aplikasi penetrasi berbasis text dengan cara membangun sebuah antarmuka menggunakan QTdesigner serta memberikan review proses penetrasi terhadap keamanan WEP dan WPA menggunakan antar muka yang diusulkan.
SISTEM PENGENALAN KAIN ENDEK KHAS BALI BERDASARKAN FITUR TEKSTUR I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2: September 2016
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.703 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan penelitian pada periode sebelumnya yang telah berhasil melakukan rekonstruksi citra kain Endek berdasarkan fitur tekstur. Dalam penelitian ini telah berhasil dibangun sistem pengenalan citra kain Endek khas Bali. Dalam upaya membangun suatu platform pengembangan sistem perolehan citra warisan budaya seperti citra batik dan lukisan, diperlukan suatu pendekatan yang handal. Dengan memanfaatkan Keyblock yang merupakan generalisasi sistem temu kembali berbasis konten pada domain citra. Codebook dibangun berdasarkan pengelompokan nilai keyblock yang mewakili karakteristik citra pada data, kemudian digunakan untuk proses encoding dan decoding. Proses encoding merupakan upaya untuk merepresentasikan setiap sub area pada citra kain Endek dengan suatu nilai indeks yang sesuai dengan codebook. Citra hasil encoding berubah menjadi bentuk matrik 1-dimensi, bentuk ini merupakan analogi dari keyword pada sistem pencarian informasi berbasis teks. Sebanyak 60 citra kain Endek dilibatkan dalam penelitian ini, dengan 40 citra sebagai citra pelatihan dan 20 citra sebagai citra uji.
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KOPI DI KABUPATEN BULELENG Made Agung Raharja
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2: September 2016
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.214 KB) | DOI: 10.24843/JIK.2016.v09.i02.p01

Abstract

Kabupaten Buleleng yang berada di sebel-ah utara Pulau Bali yang terdiri atas 9Kecamatan, selama ini masyarakat di Bali, khususnya di kabupaten Buleleng dalam menanamsuatu jenis kopi hanya berpatokan dengan menganalisis daerah sekitar. Berdasarkan hasilanalisis dan kajian membuktikan bahwa sebagian besar masyarakat belum mengetahuipengaruh dari suhu, curah hujan, ketinggian dan kondisi tanah terhadap jenis tanaman kopisehingga sering terjadinya tanaman kopi yang ditanam di suatu daerah tertentu tidak tumbuhsubur, mati, dan sering terjadinya gagal panen. Implementasi sistem secara keseluruhandilaksanakan dalam lingkungan program QGIS 2.12.0 yang didesain berbasis GraphicalUserInterface (GUI). Analisis, Perancangan dan Implementasi penelitian ini menggunakanaplikasi QGIS 2.12.0 dan melaui beberapa tahapan yaitu input data baik spasial maupun dataatribut, proses pengolahan yang berupa tabel dan peta. Analisis dan pemetaan terhadapkriteria-kriteria yang tepat yang mempengaruhi persebaran jenis tanaman kopi Arabika danRobusta di Kabupaten Buleleng dapat dilakukan dengan menggunakan QGIS melalui tigatahapan yaitu input data baik data spasial maupun data atribut, proses pengolahan dan prosesoutput yang berupa peta dan tabel. Persebaran tanaman kopi jenis Arabika paling cocokditanam di kecamatan : Busungbiu, Sukasada, Sawan, Kubutambahan dan Tejakula.Persebaran tanaman kopi jenis Robusta paling cocok ditanam di kecamatan : Gerokgak,Seririt, Banjar dan Buleleng.
PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS ANIMASI BAGI GURU-GURU, SEBAGAI PENUNJANG PROSES PENGGUNAAN E-LEARNING DI SEKOLAH Agus Muliantara; I Made Widiartha; I Putu Gede Hendra Suputra
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2: September 2016
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.245 KB)

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sedang berkembang di Indonesia. Banyak sekali penelitian mengenai TIK dilaksanakan seperti misalnya multi objective optimization untuk optimalisasi pakan lele, Algoritma Artificial Bee Collony dan K-Harmonic Means untuk proses klusterisasi data, Particle Swarm Optimization untuk penentuan kluster optimal. Banyak hasil-hasil penelitian yang sudah dipublikasikan, namun hal tersebut masih di lingkup pendidikan tinggi. Berbeda dengan di pendidikan menengah yang penggunaan TIK belum maksimal. Proses pembelajaran berbasis komputer seperti penggunaan slide power point sebagai media presentasi sedang gencar diadakan di sekolah-sekolah, baik itu SMA maupun SMP. Namun penggunaan power point tersebut belum cukup membuat siswa makin tertarik pada mata pelajaran yang diajarkan. Karena sejatinya penggunaan media TIK tidak hanya sekedar menggunakan Komputer, Power point dan proyektor. Materi pelajaran yang digunakan masih bersifat statis, yang masih dominan terdiri atas gambar dan teks. Meskipun e-learning sangat populer, namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh media riset di Amerika menunjukkan bahwa (i)68% karyawan menolak mengikuti pelatihan menggunakan e-learning. 50%-80% peserta e-learning tidak mengikuti kursus hingga tuntas. (ii) Setelah 10 menit, peserta e-learning kehilangan konsentrasi sebesar 35% (iii)Setelah 25 menit, peserta e-learning kehilangan konsenstrasi sebesar 75%. Berdasarkan hasil riset tersebut, tantangan yang dihadapi adalah bagaimana mendesain pembelajaan e-learning yang menarik? Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah (a) E-learnning tidak menjadikan proses pembelajaran bersifat pasif, (b) E-learning justru memberikan ruang untuk interatifitas (c)Pemahaman e-learning yang baik adalah e-learning dengan konten multimedia yang kompleks perlu ditinjau ulang Dari model pembelajaran menggunakan metode Training of Trainer software Articulate Storyline, didapatkan hasil yang cukup baik yaitu ditandai dengan antusiasme dari peserta meskipun masih perlu ditingkatkan terutama bagi guru-guru senior karena keterbatasan guru dalam hal mengoperasikan komputer.
PERANCANGAN APLIKASI KEUANGAN MAHASISWA BERBASIS MOBILE I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2: September 2016
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.544 KB)

Abstract

Mahasiswa merupakan seorang individu peralihan dari masa remaja ke dewasa. Sehingga mahasiswa masih belum stabil tingkat emosi dalam hal manajemen. Termasuk untuk mengatur keuangan. Untuk mengatur keuangan diperlukan perencanaan yang detail sehingga uang yang didapat dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Mahasiswa memerlukan alat bantu yang dapat membantu dalam hal perencanaan keuangan mereka.  Saat ini memasuki era mobile, sehingga dibutuhkan aplikasi yang bersifat mobile. Untuk merancang aplikasi ini terlebih dahulu dilakukan identifikasi kebutuhan informasi. Dari hasil analisa, diidentifikasikan bahwa mahasiswa memerlukan aplikasi sederhana yang memiliki fasilitas pencatatan anggaran, pemasukan, dan pengeluaran. Untuk mengimplementasikan aplikasi, penyusun menggunakan perangkat lunak Eclipse. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah xml dan Java. Perancangan Struktur Database dilakukan dengan menggunakan SQLite. Aplikasi dalam penelitian ini diberi nama Keuanganku. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan antara lain adalah aplikasi Keuanganku merupakan aplikasi perencanaan keuangan mahasiswa yang dapat memudahkan mahasiswa untuk membuat perencanaan keuangan dengan aplikasi sederhana meliputi, pencatatan anggaran, pemasukan, dan pengeluaran. Aplikasi Keuanganku dapat dirancang dan diimplementasikan dengan basis Android.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM KONTROL LAMPU DENGAN SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) I Made Satriya Wibawa; I Ketut Putra
Jurnal Ilmu Komputer Vol 9 No 2: September 2016
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.488 KB)

Abstract

Telah dibuat sebuah sistem kontrol lampu dengan SMS (Short Message Service)berbasis komputer. Sistem ini menggunakan ponsel Siemens C35i sebagai modem untukpenerimaan SMS yang terhubung dengan komputer melalui port serial. SMS yang diterimadiolah oleh program kontrol lampu yang dibuat dengan memanfaatkan software Borland Delphi7.0. Program kontrol lampu akan mengaktifkan pin-pin data pada port paralel komputer, yangsemula tidak ada tegangan keluaran, setelah diaktifkan akan menghasilkan tegangan keluaransebesar 5 Volt untuk menjalankan rangkaian pengontrol lampu. Sistem ini mempunyai tiga carapengontrolan yaitu dengan SMS, dengan timer dan secara manual. Kontrol lampu ini bisadikontrol kapan saja tidak terbatas waktu dan dari mana saja tidak terbatas tempat asalkantempat tersebut masih dalam jangkauan jaringan komunikasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8