cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
HUMANIS
Published by Universitas Udayana
ISSN : 25285076     EISSN : 2302920X     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ilmiah seperti mengutamakan kebenaran obyektif, kejujuran, tidak memiliki unsur-unsur kecurangan atau plagiat. Penerbitan e-jurnal Humanis ini juga sesuai dengan kebijakan pimpinan Universitas Udayana (Surat Pembantu Rektor I Nomor 1915/UN14 1/DT/2012 tanggal 30 Mei 2012), yang mewajibkan mempublikasikan karya tulis ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa, yang mulai diberlakukan pada wisuda bulan November 2012.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Volume 9. No. 2. November 2014" : 15 Documents clear
INDUSTRI RUMAH TANGGA KONVEKSI PAKAIAN ANAK SEBAGAI BENTUK EKONOMI KREATIF MASYARKAT KAMPUNG PULO KALIBATA KELURAHAN KALIBATA KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN Ibnu Ryan Gumilang
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.654 KB)

Abstract

Clothing is a basic human needs, in addition to food and shelter. One of the central areas of the apparel industry in South Jakarta child is Kampung Pulo, Kampung Pulo Kalibata that initially people's livelihood are growers of fruits and vegetables. Along with the increasing needs of life and the rapid development ofJakarta so many people are selling their land because of unfavorable life as a farmer. The money from selling the land, they used to buy a sewing machine and initiating convection and grow until now which is a form of creative community in maintaining the economic stability of the family. Based on the description above issues examined in this study as follows: thebasic motivation of the community to develop convection, how the activity of convection industrial business, how the business implications of industrial convection. This research was conducted by using qualitative methods, which were analyzed with the theory put forward by David C. Mclelland concept of 'Need ForAchievement'.
SEMIOTIC ANALYSIS OF HJ-STORY.COM I Putu Ari Kastina
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.522 KB)

Abstract

Di era modern ini perkembangan teknologi meningkat dengan pesat. Manusia cenderung untuk menggunakan perangkat yang canggih dan sederhana demi menunjang pekerjaan mereka. Salah satu produk teknologi canggih tersebut adalah telepon pintar seperti BlackBerry yang diproduksi oleh Research in Motion Limited (RIM). Perangkat ini menyediakan berbagai macam fitur pesan singkat yang diantaranya paling populer dikenal dengan BlackBerry Messenger (BBM). BBM didesain sebagai fitur pesan singkat ke satu bahkan ke banyak orang dalam satu waktu dan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan gambar, pesan suara, data bahkan lokasi dalam peta. Salah satu hal yang paling menarik adalah Display Picture atau tampilan gambar pada BBM yang sering kali digunakan pengguna sebagai ajang mengekspresikan perasaan mereka. HJstory. com adalah salah satu situs yang menyediakan berbagai gambar unik dan menarik untuk dipajang sebagai tampilan gambar BBM dikalangan remaja. Gambar-gambarnya dapat mewakilkan perasaan cinta, sedih, rindu, kesal dan lain-lain. Karya tulis ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanda-tanda verbal danvisual dalam gambar HJ-story serta mencari fungsi dan makna tanda-tanda tersebut dengan menggunakan teori dari Peirce dan Leech. Hasil analisis dari keenam data didapatkan bahwa tanda-tanda verbal dan visual pada gambar Hjstory bertujuan untuk mengekspresikan rasa cinta, sayang, sedih, marah, berani, sabar dan lain-lain. Fungsi dan maknanya adalah sebagai fungsi ekspresif untuk menunjukkan perasaan kita yang sebenarnya lewat rangkaian kata maupun gambar dengan cara yg lebih menarik dan atraktif.
ANALYSIS KINDS OF DEIXIS AND THEIR REFERENCES IN THE NOVEL EAT, PRAY, LOVE Made Devi Febiyanti Sridana
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.175 KB)

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia normal untuk berkomunikasi satu sama lain untuk menyampaikan tujuan ketika mereka bertemu. Ada lima komponen utama dalam linguistik mikro yaitu, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik,dan pragmatik. Dalam waktu yang cukup lama, seperti yang dikatakan oleh Yule (1996: 6) bahwa studi bahasa sangat dikuasai oleh kecenderungan untuk menjelaskan bahasa berdasarkan sistem formalnya, yaitu dengan menurunkan sistem yang terdapat dalam matematika dan logika, dan mengabaikan unsur pengguna bahasa.  Pragmatik sebagai tataran linguistik mikro terbaru yang merupakan satu-satunya tataran yang turut memperhitungkanmanusia sebagai pengguna bahasa. Eat, Pray, Love dipilih sebagai data utama dalam penulisan skripsi ini karena terdapat beberapa jenis deixis dalam novel ini yang harus dikaji lebih mendalam. Ada tiga buku yang dijadikan satu dalam novel ini. Buku pertama adalah tentang perjalanan Gilbert di Italia. Buku kedua adalah tentang perjalanan dia di India dan buku ketiga adalah tentang perjalanan terakhirnya di Indonesia. Semua cerita dalam ketiga buku tersebut merupakan cerita tentang kehidupan pribadinya yang berkaitan dengan perceraian dengansuaminya. Dan, di samping itu, novel ini juga sangat menarik karena menceritakan tentang kisah cinta penulis bersama seorang pria Bali Ketut Liyer.
LANGUAGE FUNCTION OF PIDGINIZED ENGLISH USED BY THE TRADERS IN TANAH LOT I Gusti Agung Istri Satyawati
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.381 KB)

Abstract

Judul artikel ini adalah fungsi bahasa dari Pidginized Inggris yang digunakan oleh para pedagang di Tanah Lot.. Artikel ini menganalisa dan membahas tentang fungsi bahasa dan jenis kesalahan yang dibuat oleh para pedagang di Tanah Lot dalam lingkup Pidginized inggris. Data diambil dari bahasa lisan dan tulis dari pedagang di Tanah Lot. Data diklasifikasikan dan dianalisa dengan menggunakan teori dari Mulhausler (1986), Hudson (1980), Holmes (1992) dan Haliday (1973). Berdasarkan analisisa, ada 8 jenis fungsi bahasa yang ditemukan dalam percakapan antara pedagang dan pelanggan asing di Tanah Lot, ada fungsi sapaan, mengundang, menawarkan sesuatu, menjelaskan sesuatu, permohonan, pemintaan maaf, terimakasih dan mengatakan selamat tinggal. Dan ada juga beberapa penyederhanaan dari tata bahasa yang ditemukan.
FIGURATIVE LANGUAGE IN SONG LYRICS OF PARAMORE Ni Wayan Juniartini
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.787 KB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah "Penggunaan Bahasa figuratif di Song Lyric of Paramore album Brand New Eyes". Hal ini bertujuan untuk mengetahui empat jenis bahasa kiasan dan menganalisis sebagai makna. Fungsi bahasa kiasan adalah cara khusus penulis lagu menyampaikan pengalamannya atau imajinasi untuk memberikan perasaan yang fantastis untuk seseorang yang mendengarkan atau membaca lirik lagu ini. Lirik lagu dari Paramore album Brand New Eyes adalah sumber data, telah dikumpulkan dengan men-download lirik sebelum diidentifikasi ke dalam bahasa kiasan. Setelah identifikasi data telah selesai maka dianalisis dengan menerapkan metode kualitatif yang menggambarkan kata-kata yang dianggap sebagai bahasa kiasan berdasarkan teori bahasa kiasan yang diusulkan oleh Knickerbocker dan Willard Reninger ( 1963 ). Dan ada tujuh jenis makna yang diusulkan oleh Leech menganalisis dalam penelitian ini Setelah data telah dianalisis dan dibahas, maka dapat disimpulkan ada empat jenis bahasa kiasan  yang digunakan dalam lirik dari lima lagu mereka : hiperbola, metafora, personifikasi, simile. Selain itu ada tujuh jenis makna yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu: makna konseptual,makna konotatif makna gaya, makna afektif, makna collocative, makna tematik.
PEMANFAATAN TULANG SEBAGAI ARTEFAK DARI SITUS GUA KIDANG BLORA JAWA TENGAH KOLEKSI BALAR YOGYAKARTA Michael Angello Winarko
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.936 KB)

Abstract

The substance of this research is to discuss about the animal bones used as tools from the site of Kidang Blora Cave as the excavation result of Archaeological Centre of Yogyakarta. The objective of this research is to find out the forms, functions, types of bones, types of animals and their habitats in the past. This research is expected to be able to provide contribution for science development in the field of archaeology, mainly on bone tools as one of the artefacts in archaeological world.
THE TYPES OF MAXIMS OF POLITENESS FOUND IN MOVIE THE GREAT GATSBY I Gusti Ayu Mirah Handayani
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.291 KB)

Abstract

Tulisan ini berjudul “The Types of Maxims of Politeness Found In Movie The Great Gatsby” yang mana tulisan ini membahas penggunaan maxims of politeness oleh karakter-karakter di film. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menemukan tipe-tipe dari maxims of politeness yang digunakan oleh karakter- karakter di film “The Great Gatsby” dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan politeness di film. Data dari tulisan ini adalah library research yang mana sumber data di ambil dari sebuah transkrip di internet. Metoda dari mengoleksi data adalah metoda dokumentasi. Metoda kualitatif digunakan untuk menganalisis tipe-tipe dari maxims of politeness yang ditemukan di film the great gatsby. Data dianalisis berdasarkan teori maxims of politeness oleh Leech (1983),dan teori faktor-faktor politeness dari Holmes (1992) dan Wardhaugh (1986).Hasil dari analisis menunjukkan bahwa ada banyak ekspresi- ekspresi dari maxims of politeness yang ditemukan di film “The Great Gatsby”, yaitu tact maxim, generosity maxim, approbation maxim, agrement maxim, modesty maxim, symphaty maxim. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi maxims of politeness, yaitu kontek situasi, tingkat formalitas, umur, status sosial dan hubungan darah.
KOHESI DAN KOHERENSI WACANA MOTIVASI “MARIO TEGUH GOLDEN WAYS” TENTANG WANITA PADA STASIUN METRO TV Ida Ayu Suryantini Putri
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.005 KB)

Abstract

This study aims in order to analyze and comprehend the cohesion and coherence which is found in the discourse of motivation “Mario Teguh Golden Ways”. The episode of the discourse of motivation “Mario Teguh Golden Ways” thatis used as the data in this study are “Emosi Wanita”, “Wanitaku Penghebatku” and “Wanita itu Maunya Apa”. The data is analyzed using theory of cohesion proposed by Halliday and Hasan and also use the theory of coherence proposed by Harimurti Kridalaksana. Through thesetheories, that can be found the grammatical cohesion, lexical cohesion and also coherency. Grammatical cohesions found from the data arereference, substitution, ellipsis and conjunction. Meanwhile, the lexical cohesions found from the data are repetition, antonym, synonym and collocation. Besides, in these three episodes, that is also found coherence, which are the additive temporalrelationships, that is an additional relationship which relates to time, the relation of the conclusion background, relation of requirement results, comparison relation, implicative relation or description, result-reason relation and result-purposerelation.
CODE SWITCHING IN NOVEL “LOVE ME, SAVE ME” By ROIDAH Ni Putu Desy Kumara Dewi
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.709 KB)

Abstract

Paper ini berjudul “Code Switching in Novel “Love Me,Save Me” oleh Roidah. Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk mengidentifikasi tipe dan fungsi code switching di dalam novel. Teori yang digunakan untuk menganalisis tipe code switchingdiperkenalkan oleh Poplack (dalam Romaine,1986). Sedangkan teori oleh Apple dan Muysken, 1986 digunakan untuk menganalisa fungsi dari code switching. Data yang ditemukan pada studi ini diklasifikasikan dan dianalisis berdasarkan tipe code switching, hasilnya sebagai berikut: tag switching sebanyak 5 contoh, intra sentensial switching sebanyak 2 contoh dan inter sentensial switching sebanyak 12 contoh. Sedangkan fungsicode switching sebai berikut: fungsi referential sebanyak 16 contoh, fungsi metalinguistic sebanyak 8 contoh, fungsi direktif sebanyak 7 contoh, fungsi phatic sebanyak 3 contoh. Fungsi-fungsi lainnya yaitu fungsi expressive dan fungsi poetic tidak ditemukan dalam study ini.
THE ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN PRINTED ADVERTISEMENTS ON VOGUE MAGAZINE AND WOMEN’S WEEKLY MAGAZINE I Nyoman Adi Putera Mahardika
Humanis Volume 9. No. 2. November 2014
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.694 KB)

Abstract

Di dalam iklan banyak digunakan bahasa figuratif dengan terdapat makna tersirat yang dapat diungkapkan dengan cara mengetahui jenis bahasa figuratifnya terlebih dahulu. Tulisan ini mengklasifikasikan jenis-jenis bahasa figuratif yang terkandung di dalam iklan-iklan yang terdapat dalam Majalah Vogue dan Women’s Weekly. Juga menjelaskan fungsi dari setiap bahasa figuratif yang terdapat dalam iklan-iklan tersebut

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 28 No 4 (2024) Vol 28 No 3 (2024) Vol 28 No 2 (2024) Vol 28 No 1 (2024) Vol 27 No 4 (2023) Vol 27 No 3 (2023) Vol 27 No 2 (2023) Vol 27 No 1 (2023) Vol 26 No 4 (2022) Vol 26 No 3 (2022) Vol 26 No 2 (2022) Vol 26 No 1 (2022) Vol 25 No 4 (2021) Vol 25 No 3 (2021) Vol 25 No 2 (2021) Vol 25 No 1 (2021) Vol 24 No 4 (2020) Vol 24 No 3 (2020) Vol 24 No 2 (2020) Vol 24 No 1 (2020) Vol 23 No 4 (2019) Vol 23 No 3 (2019) Vol 23 No 2 (2019) Vol 23 No 1 (2019) Vol 22 No 4 (2018) Vol 22 No 3 (2018) Vol 22 No 2 (2018) Vol 22 No 1 (2018) Vol 21 No 1 (2017) Vol 20 No 1 (2017) Vol 19 No 1 (2017) Vol 18 No 1 (2017) Vol 17 No 3 (2016) Volume 17. No. 2. Nopember 2016 Volume 17. No. 1. Oktober 2016 Volume 16. No. 3. September 2016 Volume 16. No. 2. Agustus 2016 Volume 16. No. 1. Juli 2016 Volume 15. No.3. Juni 2016 Volume 15. No.2. Mei 2016 Volume 15. No.1. April 2016 Volume 14. No.3. Maret 2016 Volume 14. No.2. Pebruari 2016 Volume 14. No.1. Januari 2016 Volume 13. No.3. Desember 2015 Volume 13. No.2. Nopember 2015 Volume 13. No.1. Oktober 2015 Volume 12. No.3. September 2015 Volume 12. No.2. Agustus 2015 Volume 12. No.1. Juli 2015 Volume 11. No3. Juni 2015 Volume 11. No2. Mei 2015 Volume 11. No 1. April 2015 Volume 10. No 3. Maret 2015 Volume 10. No 2. Februari 2015 Volume 10. No 1. Januari 2015 Volume 9. No. 3. Desember 2014 Volume 9. No. 2. November 2014 Volume 9. No. 1. Oktober 2014 Volume 8. No. 3. September 2014 Volume 8. No. 2. Agustus 2014 Volume 8. No. 1. Juli 2014 Volume 7. No. 3. Juni 2014 Volume 7. No. 2. Mei 2014 Volume 7. No. 1. April 2014 Volume 6. No. 3. Maret 2014 Volume 6. No. 2. Februari 2014 Volume 6. No. 1. Januari 2014 Volume 5. No. 3. Desember 2013 Volume 5. No. 2. November 2013 Volume 5. No. 1. Oktober 2013 Volume 4. No. 3. September 2013 Volume 4. No. 2. Agustus 2013 Volume 4. No. 1. Juli 2013 Volume 3. No. 3. Juni 2013 Volume 3. No. 2. Mei 2013 Volume 3. No. 1. April 2013 Volume 2. No. 3. Maret 2013 Volume 2. No. 2. Pebruari 2013 Volume 2. No. 1. Januari 2013 Volume 1. No. 2. Desember 2012 Volume 1. No. 1. November 2012 More Issue