cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018" : 20 Documents clear
Museum Tsunami sebagai Sumber Belajar IPS di SMP Kota Banda Aceh Fathia Irani; Hariyono Hariyono; Ari Sapto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.542 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10556

Abstract

Aceh Tsunami Museum as something special and strategic as a learning resource in IPS learning has potential locally and relevant with some IPS materials at IPS level. The Tsunami Museum can include information on changes in the natural state due to tsunami events, population activity and population dynamics that occur after the tsunami. The chosen learning approach should be a more portable approach of engaging more students in learning, learning materials and resources drawn from the immediate environment with students (contextual learning). The purpose of this research is to describe deeply the utilization of Tsunami Museum in IPS teaching and learning process at SMP Kota Banda Aceh. This research uses approach and type of qualitative research descriptive. The results showed that the implementation of IPS learning by utilizing the Tsunami Museum as a learning resource has been implemented although not maximal, this is because, the level of competence of teachers to various IPS learning resources. Furthermore, the potential of Tsunami Museum is available to support IPS learning process. Implementation of IPS learning by utilizing the Tsunami Museum is done by the method of visit (study tour).Museum Tsunami Aceh sebagai sesuatu yang khusus dan strategis memiliki potensi sebagai sumber pembelajaran IPS. Museum Tsunami memuat informasi mengenai perubahan keadaan alam akibat kejadian tsunami, aktivitas penduduk serta dinamika kependudukan yang terjadi setelah tsunami. Pendekatan pembelajaran kontekstual memberikan porsi keterlibatan siswa dalam belajar, materi dan sumber belajar diambil dari lingkungan yang dekat dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam pemanfaatan Museum Tsunami  dalam proses belajar mengajar IPS di SMP Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan Museum Tsunami  sebagai sumber belajar sudah dilaksanakan walaupun belum maksimal, tingkat kompetensi guru terhadap berbagai sumber belajar IPS. Selanjutnya, potensi museum Tsunami  tersedia untuk menunjang proses pembelajaran IPS. Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan Museum Tsunami dilakukan dengan metode kunjungan (study tour).
Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV Friska Dwi Yusantika; Imam Suyitno; Furaidah Furaidah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.813 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10544

Abstract

This research aims to determine the effect of audio and audio visual media to listening skills. This research uses quantitative method with experimental type. Data collection methods used were test and questionnaire. The result of this research shows that there is the effect of audio media to listening skills, there is effect of audio visual media to listening skills, there are difference of audio and audio visual media influence to listening skills, and there are cognitive style differences that influence listening skills through the use of audio and audio visual media in students Class IV at SDN Buring Malang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio dan audio visual terhadap kemampuan menyimak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media audio terhadap kemampuan menyimak, terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menyimak, terdapat perbedaan pengaruh media audio dan audio visual terhadap kemampuan menyimak, dan terdapat perbedaan gaya kognitif yang memengaruhi kemampuan menyimak melalui penggunaan media audio dan audio visual pada siswa kelas IV di SDN Buring Malang.
Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Momen Gaya melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dios Sarkity; Lia Yuliati; Arif Hidayat
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.202 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10509

Abstract

The research aims to know the effect of problem based learning on students’ skill in solving torque problems. The research method is Mixed Method with embedded experimental design model. Research subjects consist of 32 students of SMA Negeri 1 Pekanbaru. Data were collected through pretest and posttest using test, questionnaire, and interview. The result of N-Gain score shows that the improvement of students’ skill in solving torque problems is in high category and the result of d-cohen effect size is in strong category. This result shows that problem-based learning can improve students' skill in solving torque problems.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah momen gaya. Metode penelitian ini adalah Mixed Method dengan model embedded experimental design. Subjek penelitian terdiri atas 32 siswa SMA Negeri 1 Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest menggunakan tes, kuesioner, dan wawancara. Hasil perhitungan N-Gain score menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan momen gaya dalam kategori tinggi dan hasil perhitungan d-cohen effect size dalam kategori kuat. Hasil ini menunjukkan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah momen gaya.
Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X Helmi Wicaksono; Roekhan Roekhan; Muakibatul Hasanah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.088 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10526

Abstract

This research aims to media games imajination learning to write poems free to grade X SMA. A model used in this research is model Borg & Gall research. A product produced form games imajination accompanied by teaching guidebook and LKPI. According on the tests conducted to media experts learning literature, expert learning literature, practitioner, and used media product is feasible and can be implemented.Penelitian ini bertujuan mengembangkan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi untuk siswa kelas X SMA. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Borg & Gall. Produk yang dihasilkan berupa media permainan imajinasi yang dilengkapi oleh buku panduan mengajar dan LKPI. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan kepada ahli media pembelajaran sastra, ahli pembelajaran sastra, praktisi, dan pengguna produk menyatakan bahwa produk media layak dan dapat diimplementasikan.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas XI Abdi Maulana Rahman; Budijanto Budijanto; I Nyoman Ruja
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.117 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10493

Abstract

This study aims to determine the increase in student learning outcomes of class XI IPS SMA Negeri 1 Pamukan Barat using STAD type cooperative learning model on the material distribution of flora and fauna in Indonesia. This research is a Classroom Action Research (PTK) which consists of four stages of planning, implementation, observation and reflection. The results showed that by using STAD type learning model can improve student learning outcomes of class XI on the material distribution of flora and fauna in Indonesia. The learning achievement of students seen from the mastery of students' learning on the cycle of student learning completeness reached 91,43%. Penelitian yang dibuat memberikan manfaat untuk mengenal kemajuan dari prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pamukan Barat menerapkan model STAD dengan materi fauna yang ada di Indonesia. Jenis penelitian tidak lain adalah penelitian yang digunakan oleh guru pada umunya yang disebut dengan PTK dan mempunyai empat tahapan. Ujung penelitian menggambarkan dengan mengaplikasikan model STAD maka mampu memajukan skor belajar peserta didik dengan memanfaatkan STAD. Skor belajar yang didapatkan dari hasil observasi dan pengumpulan data ketuntasan belajar siswa siklus dua mencapai 91,43%.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Dengan Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Anisah Anisah; Sumarmi Sumarmi; I Komang Astina
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.39 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10491

Abstract

The purpose of this study is to improve students’ achievement. This study is a classroom action research involving 33 students of Public Senior High School 3 Barabai at Barabai, South Kalimantan. The data were gained from the results of pre liminary, cycle I and cycle II. The result of the study strued that there was an improvement between pre liminary and cycle I. the mean score is 30,31%, but it was not enought to reach the classical criteria. meanwile, there was a better improvement from cycle i to cycle II the mean score was 12,12% it means that the application of problem based learning model combined whit team assisted individualization can improve students learning achivement.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 33 siswa di SMA Negeri 3 Barabai di Barabai, Kalimantan Selatan. Data diperoleh dari hasil pengambilan data awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan antara pra siklus dan siklus I. Skor rata-rata adalah 30,31%, namun tidak cukup untuk memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Rata-rata, ada peningkatan yang lebih baik dari siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata 12,12% artinya penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Strategi Membangun Masyarakat Gemar Belajar Nastiti Novitasari; Endang Sri Redjeki; Zulkarnain Nasution
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.261 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10561

Abstract

The purpose of this research is to know the strategy to building learning community. The method of research is qualitative method of case study type. Technique of collecting data that is by arranging activity plan, observation, and interview. The conclusion of the research is, The strategy used is (1) humanistic approach, (2) participatory approach, (3) collaborative approach, (4) continuation approach and (5) cultural approach. The suggestion given by the researcher is (1) to the manager of Kampung Sinau, it is expected that this research can be a reference for program development and evaluation, (2) to Cemorokandang, this research should be used as evaluation material to support the program.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan untuk membangun masyarakat gemar belajar serta bagaimana implementasinya. Metode penelitian yakni metode kualitatif  jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yakni dengan menyusun rencana kegiatan, observasi,  dan wawancara. Kesimpulan penelitian adalah, Strategi yang digunakan yakni melalui (1) pendekatan kemanusiaan, (2) pendekatan partisipatif, (3) pendekatan kolaboratif, (4) pendekatan berkelanjutan dan (5) pendekatan budaya.  Saran yang diberikan peneliti, yakni (1) kepada pengelola Kampung Sinau diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan acuan untuk melakukan pengembangan program dan untuk evaluasi dan (2) kepada kelurahan Cemorokandang sebaiknya penelitian ini dijadikan bahan evaluasi untuk mendukung berjalannya program.
Analisis Permasalahan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP terkait Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan Mahmudah Mahmudah; Makrina Tindangen; Sonya Lumowa
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.043 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10517

Abstract

The problem that is often faced by students is the lack of high-level thinking ability of students especially on the material of human digestive system, causing many students who do not reach the target of graduation so that this research will be related to the problem of high-level thinking ability of junior high school students. The type of this research is quantitative with descriptive approach for data collection using questionnaire and accompanied by unstructured interview. Data analysis techniques with percentages and described. The results showed that 50% of the students were not interested, the digestive system material presented by the teachers 50% of the students were less agree, 33% of the students agreed and 16% of the students strongly agreed, the learning media used by teachers 50% of the students less agree, 33% and 16% of students strongly agreed, a similar case occurred in the use of handouts and evaluation of learning where 66% of students were less amenable and 16% of students agreed, 16% of students strongly agreed. From the results of research can be concluded that the type of device and how to teach teachers that result in the ability to think high level of junior high school students.Permasalahan yang kerap kali dihadapi oleh siswa adalah kurangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP, khususnya pada materi sistem pencernaan manusia sehingga menyebabkan banyak siswa yang tidak mencapai target kelulusan sehingga penelitian ini akan berkaitan dengan permasalahan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif untuk pengumpulan data menggunakan angket dan disertai wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dengan persentase dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% siswa tidak tertarik, materi sistem pencernaan yang disampaikan oleh guru 50% siswa kurang setuju, 33% siswa setuju dan 16% siswa sangat setuju, media pembelajaran yang digunakan oleh guru 50% siswa kurang setuju, 33% siswa setuju dan 16% siswa sangat setuju, hal yang serupa terjadi pada penggunaan handout dan evaluasi pembelajaran dimana 66% siswa kurang setuju dan 16% siswa setuju, 16% siswa sangat setuju. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada jenis perangkat dan cara mengajar guru yang mengakibatkan kurangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP.
Pengembangan Modul Biologi Bermuatan Konsep 6M dan Etika Lingkungan Berbasis Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Siswa SMA Prayoga Rendra Vendiktama; Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar; Endang Suarsini
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.948 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10494

Abstract

The purpose of this research is to know the validity and practicability of biology module that contained 6M concept and environmental ethics based on PjBL model. This research adapts ADDIE model. The validity of module is known from the experts’ validation score, and the practicability is known from the students’ response. The results show that the average validation score that is given by module expert is 3,832 (very valid), matter expert is 3,72 (very valid), and field practitioner is 3,24 (valid). Most of the students give positive response (≥ 70%). Based on that results, it can be concluded that the biology module which is developed is valid and practical, so it can be implemented to the 10th grade student of SMA.Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui kevalidan & kepraktisan modul biologi bermuatan konsep 6M dan etika lingkungan berbasis model PjBL. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian & pengembangan ADDIE. Kevalidan modul diketahui dari skor validasi para ahli, sedangkan kepraktisan diketahui dari respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor validasi ahli modul sebesar 3,832 (sangat valid), ahli materi sebesar 3,72 (sangat valid), dan praktisi lapangan sebesar 3,24 (valid). Sebagian besar siswa memberikan respons positif (≥ 70%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul biologi yang dikembangkan tergolong valid dan praktis sehingga dapat diimplementasikan lebih lanjut kepada siswa kelas X SMA.
Pengaruh Strategi DRTA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jenjang SD, SMP, dan SMA Nur Aisyah Sefrianah; Suyono Suyono; Kusubakti Andajani
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.423 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i2.10527

Abstract

This article aims to describe the influence of DRTA strategies on critical thinking skills of elementary, junior and senior high school students. The method used is a quantitative method with a quasi-experimental research design. The results of the analysis show that (1) the DRTA strategy has significant but insignificant effect on students 'critical thinking skills at elementary level, (2) the DRTA strategy significantly influences the students' critical thinking skills at the junior secondary level, (3) the DRTA strategy significantly influences Significantly to students' critical thinking skills at high school level.Artikel ini bertujuan untuk menegatahui pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD, SMP, dan SMA dalam (1) menganalisis bacaan secara kritis, (2) mengevaluasi bacaan secara kritis, dan (3) mencipta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa (1) strategi DRTA berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada jenjang SD, (2) strategi DRTA berpengaruh secara signifikan secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada jenjang SMP, dan (3) strategi DRTA berpengaruh secara signifikan secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada jenjang SMA.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue