cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018" : 26 Documents clear
Persepsi Dosen Program Studi Pendidikan Biologi terhadap Integrasi dan Implementasi Komponen Literasi Saintifik dalam Desain Kurikulum Maulidia, Lailil; Suwono, Hadi; Furaidah, Furaidah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.547 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11507

Abstract

Abstract: This study aims to determine the perception of lecturers of Biology Education Program on the integration of scientific literacy on curriculum design. The data were collected by questionnaire consisting of four dimensions: (1) curriculum component, (2) development of teaching staff, (3) curriculum development and evaluation, and (4) resources. The results show that scientific literature is integrated in the curriculum component but the lecturer considers science as simply the material being taught. In addition training, access to aid, and awards for teachers who undertake scientific literacy learning are lacking. For lecturers, the availability of standard instruments and the regularity of curriculum evaluation also need to be accommodated.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen prodi Pendidikan Biologi mengenai integrasi literasi saintifik pada desain kurikulum. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang terdiri dari empat dimensi yakni (1) komponen kurikulum, (2) pengembangan tenaga pengajar, (3) pengembangan dan evaluasi kurikulum, dan (4) sumber daya. Hasil menunjukkan bahwa literasi saintifik terintegrasi dalam komponen kurikulum namun dosen menganggap sains sekedar materi yang diajarkan. Selain itu, pelatihan, akses bantuan, dan penghargaan bagi pengajar yang melakukan pembelajaran literasi saintifik masih kurang. Bagi dosen, ketersediaan instrumen baku dan keteraturan evaluasi kurikulum juga perlu untuk diakomodasi.
Pengembangan Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS), Keterampilan Proses Sains, dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Hidrokarbon dan Minyak Bumi Amin, Dwi Isnaini; Sigit, Darsono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.547 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11516

Abstract

Abstract: In the Curriculum 2013, there are three aspects of assessment, namely knowledge, skills, and attitudes. The purpose of this development research is to produce and determine the level of content validity of the conceptual understanding assessment instrument on higher order thinking skills (HOTS), science process skills, and attitudes toward science on hydrocarbon and petroleum. This development research was designed with 3D from 4D model which consists of defining, designing, and developing. The results of content validity to assessment instrument by three validators show that 77 of 90 conceptual understanding items are categorized as HOTS with very valid criteria (90.91—100%), 60 science skills processing skills items with very valid criteria (94.70—100%), 55 statements about attitudes toward science with criteria very valid (86,67—100%), and product performance of assessment instrument with criteria very valid (91,67%).Abstrak: Penilaian dalam Kurikulum 2013 mencakup tiga aspek, meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan dan menentukan tingkat validitas isi instrumen asesmen pemahaman konseptual berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS), keterampilan proses sains, dan sikap terhadap sains pada bahan kajian hidrokarbon dan minyak bumi. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan 3D dari model-4D yang terdiri dari defining (membatasi), designing (merancang), dan developing (mengembangkan). Hasil validasi isi instrumen asesmen oleh tiga validator menunjukkan bahwa 77 dari 90 soal pemahaman konseptual terkategori sebagai soal HOTS dengan kriteria sangat valid (90,91—100%), 60 soal keterampilan proses sains dengan kriteria sangat valid (94,70—100%), 55 butir pernyataan sikap terhadap sains dengan kriteria sangat valid (86,67—100%), dan performansi produk instrumen asesmen dengan kriteria sangat valid (91,67%).
Persepsi Dosen Program Studi Pendidikan Biologi terhadap Integrasi dan Implementasi Komponen Literasi Saintifik dalam Desain Kurikulum Lailil Maulidia; Hadi Suwono; Furaidah Furaidah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.507 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11513

Abstract

Abstract: This study aims at determining the perception of Biology Education Program Lecturers on the integration of scientific literacy on curriculum design. The data were collected by questionnaire consisting of four dimensions: (1) curriculum component, (2) development of teaching staff, (3) curriculum development and evaluation, and (4) resources. The results showed that scientific literature is integrated in the curriculum component but the lecturer considers science as simply the material being taught. In addition training, access to assistance, and awards for teachers who undertake scientific literacy learning are lacking. For lecturers, the availability of standard instruments and the regularity of curriculum evaluation also need to be accommodated.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen prodi Pendidikan Biologi mengenai integrasi literasi saintifik pada desain kurikulum. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang terdiri dari empat dimensi yakni (1) komponen kurikulum, (2) pengembangan tenaga pengajar, (3) pengembangan dan evaluasi kurikulum, dan (4) sumber daya. Hasil menunjukkan bahwa literasi saintifik terintegrasi dalam komponen kurikulum namun dosen menganggap sains sekedar materi yang diajarkan. Selain itu, pelatihan, akses bantuan, dan penghargaan bagi pengajar yang melakukan pembelajaran literasi saintifik masih kurang. Bagi dosen, ketersediaan instrumen baku dan keteraturan evaluasi kurikulum juga perlu untuk diakomodasi.
Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Silmy Nauli Izati; Wahyudi Wahyudi; Martin Sugiyarti
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.937 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11508

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to improve thematic learning outcomes through the implementation of literacy-based project based learning. The research was conducted trough classroom action research consisting of two cycles in fifth grade students of Salatiga 05 Elementary School. The result showed an increase in student activity from 78,13% to 84,38%. The increase in student activity has an impact on the completeness of the thematic learning outcomes shown in the first cycle of 70,6% and increased to 82,35% in the second cycle. Based on the results of these studies it can be concluded that the application of literacy-based project based learning can increase the activities and thematic learning outcomes.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui penerapan project based learning berbasis literasi. Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus pada siswa kelas V SD Negeri Salatiga 05. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari 78,13% menjadi 84,38%. Peningkatan aktivitas siswa tersebut berdampak pada ketuntasan hasil belajar tematik yang ditunjukkan pada siklus I sebesar 70,6% dan meningkat menjadi 82,35% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan project based learning berbasis literasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik.
Analisis Penggunaan Media dalam Pelatihan Pengambilan Keputusan Moral di SMA Endah Kurniawati; Adi Atmoko; Tutut Chusniyah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.37 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11511

Abstract

Abstract: Moral decision-making training involves activities relating to being aware of moral issues, outlining missing values in social life, devising alternative solutions, building goals with moral value, and evaluating moral decisions. This research is a development research using ASSURE model. The result indicate that there differences in value of use of film media, comic media and newspaper media on the implementation of moral decision-making training in high school.Abstrak: Pelatihan pengambilan keputusan moral merupakan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas menyadari permasalahan moral, menguraikan nilai yang hilang dalam kehidupan sosial, menyusun alternatif pemecahan masalah, membangun tujuan yang bermuatan nilai moral, dan mengevaluasi keputusan moral yang diambil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ASSURE. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai pada penggunaan media film, media komik, dan media koran pada pelaksanaan pelatihan pengambilan keputusan moral di SMA.
Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar Setiawan, Debi Adis; Wahjoedi, Wahjoedi; Towaf, Siti Malikhah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.547 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11515

Abstract

Abstract: This research aims at developing interactive multimedia product that is digital 3D book which is entitled “my home town”. This material is one of the content of social studies and it will be used for students at fourth grade elementary school. The effectiveness of this book is feasible and comply with its validity, attractiveness, effectiveness, and practicality. The development of the product used the model developed by Lee & Owens. The assessment of product validity covered one material expert, one media expert, one teacher, twelve students in small group test, and fifty students in field test. Test product has been trialed in SDN Ngembe 1 Beji, Pasuruan. The obtained result shows that the product produced has met the criteria of validity, attractive, effective, and practical so that the product is feaseble to use.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif buku digital 3D tema “Daerah Tempat tinggalku” pada materi IPS untuk kelas IV Sekolah Dasar yang efektivitasnya layak dan memenuhi kriteria kevalidan, kemenarikan, keefektifan, dan kepraktisan. Pengembangan produk menggunakan model yang dikembangkan oleh Lee & Owens. Penilaian kelayakan produk melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru, 12 siswa pada uji kelompok kecil, dan 50 siswa pada uji lapangan. Uji produk dilakukan di SDN Ngembe 1 Beji, Pasuruan. Hasil data yang diperoleh menunjukan produk yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, menarik, efektif, dan praktis sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Model Layanan untuk Mendukung Pembelajaran Transdisipliner Dwi Soca Baskara; Sulton Sulton; Henry Prahedhiono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.466 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11523

Abstract

Abstract: Transdisciplinary approach are present to address today’s learning needs. The needs comes along side with global culture that change rapidly, unpredictable, and discipline that always affected by any other discipline. University as a academic society must provide appropriate learning service. Such provision is in line with the ideals of State University of Malang and the needs of Educational Technology Department. In this study was conducted an analysize of the transdisciplinary learning service model needs. Based on questionaries that have been disseminated, it is known that students of educational technology need a transdisciplinary learning service model. So it will create integrated transdisciplinary learning activities.Abstrak: Pendekatan transdisipliner hadir untuk memenuhi kebutuhan belajar masyarakat kekinian. Perubahan budaya global yang sangat pesat dan tak terduga, serta keilmuan yang tidak dapat berdiri pada posisi parsial merupakan faktor pemicu kebutuhan tersebut. Perguruan tinggi sebagai wujud masyarakat akademik dituntut untuk memberikan layanan pembelajaran yang sesuai. Pemberian layanan tersebut sejalan dengan cita-cita Universitas Negeri Malang dan kebutuhan program studi Teknologi Pendidikan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kebutuhan model layanan pembelajaran transdisipliner. Berdasarkan angket yang disebarkan pada alumni mahasiswa Teknologi Pendidikan diketahui bahwa mahasiswa membutuhkan model layanan pembelajaran transdisipliner yang dapat menciptakan kegiatan belajar lintas disiplin tersistem dan terintegrasi.
Pengenalan Kosa Kata Bahasa Jepang melalui Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Agus Arifin Wijaya; Saida Ulfa; Henry Praherdiono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.021 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11543

Abstract

Abstract: The rapid development of technology and has entered into various community groups one of them is smartphone. As a communication and information tool, smartphones have now turned functionality into a medium that can be used in the learning process. Learning using a smartphone should be able to increase knowledge and become a new way of learning reference. The problem that arises is the limited time students have to learn japanese as the second language used when working in Japan country. The development model used is Lee & Owens development model. The result of this development model is a valid media.Abstrak: Perkembangan teknologi yang cepat dan telah memasuki ke berbagai golongan masyarakat salah satunya adalah smartphone. Sebagai sebuah alat komunikasi dan informasi, smartphone kini telah beralih fungsi menjadi media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menggunakan smartphone haruslah dapat meningkatkan pengetahuan dan menjadi referensi cara belajar baru. Permasalahan yang muncul adalah keterbatasan waktu yang dimiliki siswa untuk mempelajari bahasa Jepang sebagai bahasa kedua yang digunakan saat bekerja di negara Jepang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee & Owens. Hasil model pengembangan ini berupa media yang valid.
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Amalia Martha Santosa; Sisworo Sisworo; Dwiyana Dwiyana
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.436 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11539

Abstract

Abstract: The research purpose is to describe guided inquiry learning to improve students’ conceptual understanding and procedural fluency in trigonometry of X graders of senior high school. The research method used was Classroom Action Research. The research subjects were 34 students of X graders of MIPA 1 SMAN 7 Malang. Guided inquiry learning results were obtained through stimulation, problem identification, data collection, data processing, verification, and conclusion. The research can improve students’ conceptual understanding and procedural fluency which are indicated by students’score greater than or equal to 75 or 76% and average percentage improvement of final cycle test score based on conceptual understanding and procedural fluency indicator.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural siswa materi trigonometri kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu 34 siswa kelas X MIPA 1 SMAN 7 Malang. Hasil penelitian pembelajaran inkuiri terbimbing melalui langkah-langkah pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural ditunjukkan dengan siswa mendapatkan skor lebih dari atau sama dengan  yaitu sebesar 76% dan peningkatan persentase rata-rata skor tes akhir siklus berdasarkan indikator pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural. 
Media Virtual Reality Tata Surya untuk Meningkatkan Kemampuan Retensi Abdussalam Abdussalam; Sulthoni Sulthoni; Munzil Munzil
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.675 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i9.11527

Abstract

Abstract: This paper aims at improving the retention of learners with the use of virtual reality based learning media for solar system topic. The research method used was the 4D Development Model. The results of research were virtual reality reality (VRTS) media products validated by media experts, materials and field application and tested by individuals, small groups, large groups and field trial. The validity test results concluded VRTS media is very valid. The results of trials on aspects of attractiveness and practicality was considered very interesting and practical. The results of product effectiveness concluded that the VRTS media can increase the retention of learners with the average score of the experimental class 79,2 and the control class 62,3 and also the percentage of concept comprehension which reaches 100% in experiment class and 77,3% in control class.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan retensi peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran berbasis virtual reality pada topik tata surya. Metode penelitian yang digunakan yakni Model Pengembangan 4D. Hasil penelitian berupa produk media virtual reality tata surya (VRTS) yang divalidasi oleh ahli media, materi dan penerapan lapangan serta diuji coba perorangan, kelompok kecil, kelompok besar dan lapangan. Hasil uji validitas menyimpulkan media VRTS sangat valid. Hasil uji coba pada aspek kemenarikan dan kepraktisan menghasilkan kriteria sangat menarik dan praktis. Hasil uji efektivitas produk ini dapat diambil keputusan bahwa media VRTS dapat meningkatkan retensi peserta didik dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,2 dan untuk kelas kontrol 62,3 dan juga persentase pemahaman konsep mencapai 100% pada kelas eksperimen dan 77,3% pada kelas kontrol.

Page 1 of 3 | Total Record : 26


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue