cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020" : 20 Documents clear
Using Instagram in Teaching Writing for University Freshmen Rosyida Asma’ul Husna; Mirjam Anugerahwati; Furaidah Furaidah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14058

Abstract

Abstract: This study aimed at elaborating the use of Instagram in teaching writing for university freshmen. This current study contained a reflection from a lecturer who had used Instagram to improve students’ writing skill through process-genre based approach. The data were taken from a reflective daily journal. Further, the journal specifically informed what worked well and what did not from the use of Instagram for writing skill improvement. The result showed that Instagram could significantly improve students’ writing skill, especially to help them find that writing was part of social activities and create a good composition that had been perfectly finalized.Abstrak: Penelitian ini membahas tentang penggunaan Instagram dalam pengajaran writing skill (keterampilan menulis) pada mahasiswa tahun pertama. Penelitian tersebut berisi tentang sebuah refleksi dari seorang pengajar yang telah menggunakan Instagram sebagai media pendukung pembelajaran writing skill melalui pendekatan proses-genre. Data penelitian berasal dari jurnal harian yang sekaligus digunakan untuk mencatat serangkaian kegiatan yang dilalui pada proses pengajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram mampu meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa sehingga mereka menyadari bahwa menulis merupakan bagian daripada kegiatan sosial serta, serta membantu mereka untuk bisa membuat sebuah karangan atau tulisan yang sempurna.   
Kemampuan Memecahkan Masalah Rangkaian Arus Searah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Penilaian Formatif Ari Hindriyani; Sentot Kusairi; Lia Yuliati
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14003

Abstract

Abstract: This study was aimed at identifying the ability and direct current circuit through problem based learning with formative assessment. The research design used in this study was mixed method with embedded experimental design. The research subjects were the odd semester students of XII MIPA at MAN Kota Pasuruan in the academic year of 2019/2020 with direct current circuit material. The subjects were selected using purposing sampling technique. The data were analyzed using quantitative method with Descriptive Statistical Test, Normality Test and Effect Size Test, and using qualitative method. The results of paired t-test showed a significance indicating that Problem Based Learning with Formative Assessment gave better. The results of the N-gain score was in the medium category. The Effect size gave a strong influence. The data shows that Problem Based Learning with Formative Assessment gave a positive impact on the problem solving mastery of Direct Current Circuit.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan dan rangkaian listrik arus searah pada pembelajaran berbasis masalah disertai asesmen formatif. Rancangan Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MAN Kota Pasuruan kelas XII-MIPA Tahun Pelajaran 2019/2020 pada materi rangkaian arus searah. Pemilihan subjek dengan teknik Purposive sampling. Penelitian dilakukan secara kuantitaif dengan Uji statistic Deskriptif, Uji Normalitas, dan Uji effect size. Hasil penelitian menunjukan kemampuan memecahkan masalah Rangkaian Arus Searah dengan hasil yang lebih baik serta memberikan pengaruh yang kuat. Hal ini menunujukan bahwa Pembelajaran Berbasis  Masalah Disertai Penilaian Formatif memberikan dampak yang positif terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Rangkaian Arus Searah.
Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek untuk Siswa Kelas XI Tince Taela Margirita Nenoliu; Dawud Dawud; Endah Tri Priyatni
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14039

Abstract

Abstract:  Documentary film is one type of film in the form of actual, creative reports based on reality. Documentary films are films made based on facts not fiction or imagination so that documentaries portray the problems of real human life. Documentary film is used as a medium that is used as a reference for students in writing short stories, because documentaries tell stories about history and real life that occur in students' daily lives. The development of teaching materials starts from conventional to innovative that can help the learning process itself, especially for teachers to help students in the learning process to become interested and fun with a variety of diverse themes. Basically, the material compiled includes knowledge and skills and contains information, facts, concepts and learning objectives. Teaching material that has been compiled shows how to write short stories using documentary films as a source of inspiration. Abstrak:  Film dokumenter merupakan salah satu jenis film berupa laporan aktual yang kreatif berdasarkan kenyataan. Film dokumenter merupakan film yang dibuat berdasarkan fakta bukan fiksi atau hasil imajinasi sehingga film dokumenter menggambarkan permasalahan kehidupan manusia yang nyata. Film dokumenter digunakan sebagai media yang dijadikan acuan siswa dalam menulis cerpen karena film dokumenter bercerita tentang sejarah dan kehidupan nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa. Pengembangan bahan ajar berawal dari konvesional menuju inovatif yang dapat membantu proses pembelajaran itu sendiri, terutama bagi guru untuk membantu siswa dalam proses belajar agar menjadi tertarik dan menyenangkan dengan berbagai tema yang beragam. Pada dasarnya, bahan yang disusun mencakup pengetahuan maupun keterampilan dan berisi informasi, fakta, konsep serta tujuan pembelajaran. Bahan ajar yang telah disusun menampilkan cara menulis cerpen dengan menggunakan film dokumenter sebagai sumber inspirasi.
Platform Online Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19 Dewi Surani; Jaka Wijaya Kusuma; Nugrahini Kusumawati
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14057

Abstract

Abstract: During the Covid-19 pandemic, lecturers and students were forced to adapt to the online lecture process by utilizing various online platforms. The purpose of this study is to explore the use of online platforms in online lectures during the Covid 19 pandemic, its strengths and weaknesses, constraints and solutions. The data were collected using a survey method by giving a questionnaire to 64 lecturer participants from all over Indonesia who were randomly selected. The results showed that lecturers were more likely to use familiar, familiar and easy-to-use platforms such as WhatsApp, followed by other platforms such as Zoom, Google Classroom while still carrying out technical implementation such as face-to-face learning such as lecture schedules on schedule, attendance attendance, fixed material referring to the RPS, evaluation of material with varied assignments and still seeking solutions to existing problems or constraints. The advantages of using online platforms include supporting the delivery of material in an attractive manner, smooth interaction, while the disadvantages are less interactive, less fluent lecture communication and tends to be one-way, wasteful of quotas, inadequate internet access, less than optimal understanding of material, and level of participation. low student. The use of online platforms in lectures during the Covid-19 pandemic requires both infrastructure and non-structural readiness to optimize the online lecture process during the Covid-19 pandemic.Abstrak: Pada masa pandemi Covid-19 dosen dan mahasiswa dipaksa untuk beradaptasi dengan proses perkuliahan online dengan memanfaatkan berbagai platform online. Tujuan penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan platform online di perkuliahan online pada masa pandemi covid 19, kelebihan dan kekurangnya, kendala serta solusinya. Data diambil dengan metode survei dengan memberikan angket kuesioner kepada 64 partisipan dosen di seluruh wilayah Indonesia yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukan bahwa dosen lebih cenderung menggunakan paltform yang sudah familiar dikenal dan mudah digunakan seperti WhatsApp, diikuti platform lainnya, seperti  Zoom, Google Classroom dengan tetap melakukan teknis pelaksanaan seperti dalam pembelajaran tatap muka seperti jadwal pelaksanan perkuliahan sesuai jadwal, adanya absensi kehadiran, materi tetap mengacu ke RPS, evaluasi materi dengan penugasan yang variatif dan tetap mengupayakan solusi terhadap masalah atau kendala yang ada. Kelebihan pemanfaatan platform online, yaitu mendukung penyampaian materi dengan menarik, interaksi yang lancar, sementara kekurangannya ialah kurang interaktif, komunikasi perkuliahan kurang lancar dan cenderung satu arah, boros kuota, akses internet yang kurang memadai, pemahaman materi yang kurang maksimal, dan tingkat partisipasi mahasiswa yang rendah. Pemanfaatan platform online dalam perkuliahan di masa pandemi Covid-19 membutuhkan kesiapan baik infrastruktur maupun nonstruktur guna mengoptimalkan proses perkuliahan online selama pandemi Covid-19.
Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Saraya Faridah; Ery Tri Djatmika; Sugeng Utaya
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14059

Abstract

Abstract: This study aims to study teacher competencies in managing learning, teacher professional strategies and learning in improving education quality. Descriptive research method with qualitative research. Data collection techniques are carried out through interviews, observation, and documentation studies. Based on the results of the study concluded from professional competence and pedagogical knowledge the teacher shows: (1) competencies needed by teachers in learning in preparing lesson plans, preparation of syllabus, planning media and learning resources accompanied by learning in accordance with the instructions provided, but there are some teachers who teach not make learning planning; (2) the teacher's professional strategy in implementing learning, namely: mastering the material, structure, and concepts of the lessons being taught. This is done by reviewing the material before completion, adjusting the material with the media/learning resources; (3) learning evaluation given by the teacher in accordance with predetermined learning objectives, namely regulating the character value of students, Assessing the ability to understand concepts, the value of student skills and attitude values in the learning process. Evaluations are carried out after each subject matter of the lesson.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan pembelajaran dan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kompetensi professional dan pengetahuan pedagogik guru menunjukkan (1) kompetensi yang dimiliki guru dalam merencanakan pembelajaran dalam menyusun RPP, penyusunan silabus, merencanakan media dan sumber pembelajaran serta merencanakan evaluasi pembelajaran sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan, tetapi ada beberapa guru mengajar tidak membuat perencanaan pembelajaran; (2) strategi profesional guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yaitu menguasai materi, struktur, dan konsep mata pelajaran yang diajarkan. Hal itu dilakukan dengan review materi sebelum melanjutkan, menyesuaikan materi dengan media/ sumber belajar; (3) evaluasi pembelajaran yang diberikan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, yaitu mencakup nilai karakter siswa, penilaian kemampuan memahami konsep, nilai keterampilan siswa dan nilai sikap dalam proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan setiap selesai satu materi pokok bahasan pelajaran.
Ritual Nyadran Dam Bagong sebagai Wujud Pelestarian Budaya Lokal dan Sumber Belajar IPS SD Kelas IV Siti Zullaikah Multina Putri; Budi Eko Soetjipto; Ery Tri Djatmika
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14035

Abstract

Abstract: The Dam Bagong traditional ritual or better known as the Nyadran tradition at Dam Bagong. The traditional ceremony is one part of the customs that exist in the community, namely the form of the implementation of traditional ceremonies in which there is a high cultural value and a lot of inspiration for the cultural wealth of the region that can add to the diversity of national culture. (I) Describe the Meaning of the implementation of the Bagad Dam Nyadran Ritual, Trenggalek Regency; (II) analysis of the Bagad Nyadran Dam Ritual values as a form of preservation of the Trenggalek local culture; (III) analysis of the values available in the Nyadran Dam Bagong tradition which can be used as a cultural preservation of Trenggalek. The approach used in this study is the ethnographic approach. The location of this research is located in Trenggalek Regency, East Java Province. The location of Bagong Dam is located in the village of Trenggalek. Then on the evening of the first Suro an art event is held as a form of celebration of joy and entertainment for the surrounding community and visitors, usually a shadow puppet show and jaranan dance or turonggoyakso dance next to the tomb of the Adipati Minak Sopal and witnessed by the Trenggalek community and residents outside Trenggalek.Abstrak: Ritual adat Dam Bagong atau lebih dikenal dengan Tradisi Nyadran di Dam Bagong. Upacara adat merupakan salah satu bagian dari adat istiadat yang ada pada masyarakat yaitu wujud pelaksanaan upacara adat yang didalamnya terdapat nilai budaya yang tinggi dan banyak inspirasi bagi kekayaan budaya daerah yang dapat menambah keanekaragaman budaya nasional. (I) Mendeskripsikan makna pelaksanaan ritual Bendungan Bagad Nyadran kabupaten Trenggalek; (II) analisis nilai ritual Bendungan Bagad Nyadran sebagai bentuk pelestarian budaya lokal Trenggalek; (III) analisis nilai-nilai yang tersedia di tradisi Nyadran Dam Bagong yang dapat digunakan sebagai pelestarian budaya Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi. Lokasi penelitian ini terletak di Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur. Lokasi Bendungan Bagong terletak di desa Trenggalek. Kemudian pada malam Suro pertama diadakan acara kesenian sebagai bentuk perayaan keceriaan dan hiburan bagi masyarakat sekitar dan pengunjung, biasanya pertunjukan wayang kulit dan tari jaranan atau tari turonggoyakso di samping makam Adipati Minak Sopal dan disaksikan oleh masyarakat Trenggalek dan warga luar Trenggalek.
Novice and Experienced EFL Teachers: Which Professional Development Programs Matters for Our Classroom? Shandra Nitalinawati
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14005

Abstract

Abstract: This study aimed at exploring the perceptions of EFL novice and experienced teachers on the impact of professional development programs to their teaching practice. The design of this study is a descriptive study by using in-depth interviews for gaining the data. The result of this study revealed that novice and experienced teachers have different needs in developing their professionalism. This differences then lead to different preferences of development programs which really fulfill their needs and influence their teaching practice. Meanwhile, both teachers agree that the time permission is the most important factor of a successful development programs for teachers.Abstrak: Penelitian ini menyelidiki persepsi guru Bahasa Inggris pemula dan guru berpengalaman dalam dampak kegiatan pengembangan keprofesian terhadap kegiatan pembelajaran mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara mendalam dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris pemula dan berpengalaman memiliki kebutuhan yang berbeda dalam mengembangkan profesionalisme mereka. Perbedaan ini kemudian mengarah pada perbedaan pilihan kegiatan pengembangan keprofesian.
Korelasi Pengetahuan Metakognitif dan Kemampuan Problem Solving Siswa pada Topik Larutan Penyangga dengan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning dan Verifikasi Ahmad Gilang Indra Salam; Effendy Effendy; Nazriati Nazriati
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.13977

Abstract

Abstract: This study aims to determine the correlation of metacognitive knowledge and problem solving abilities of students who are taught with the Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) and Verification learning model on buffer solution material. This study uses a test instrument at the end of learning. The research sample was conducted in two research classes at SMAN 1 Karangrejo Tulungagung. The test instrument used consisted of 2 types of tests with the topic of buffer solution material in the category of metacognitive knowledge and problem solving abilities with instrument reliability values with Cronbach alpha of 0.779 and 0.728 with high categories. Pearson product-moment correlation test resul1ts in research data indicate a strong correlation between metacognitive knowledge and problem solving ability with (rcount = +0954) with the most influential metacognitive component, conditional knowledge (rcount = +0.802).Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi pengetahuan metakognitif dan kemampuan problem solving siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan verifikasi pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan instrumen tes di akhir pembelajaran. Sampel penelitiannya dilakukan pada dua kelas penelitian di SMAN 1 Karangrejo Tulungagung. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari dua jenis tes dengan topik materi larutan penyangga dalam kategori pengetahuan metakognitif dan kemampuan problem solving dengan nilai reliabilitas instrumen dengan cronbach alpha 0,779 dan 0,728 dengan kategori tinggi. Hasil uji Pearson product-moment correlation pada data penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara pengetahuan metakognitif dan kemampuan problem solving dengan (rhitung=+0.954) dengan komponen metakognitif yang paling berpengaruh yaitu pengetahuan kondisional (rhitung=+0.802).
Penerapan Model Induktif Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Angelina C. O. R. Lake; Muakibatul Hasanah; Furaidah Furaidah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14060

Abstract

Abstract: This research aimed to increase the beginning reading skills of first grade students of SD Inpres 2 Oepura Kupang by using inductive model of picture words. The student achievement was measured by using reading test and observation. The results showed that the use of the inductive model of picture words could increase the beginning reading skills of the studentsAbstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan model induktif kata bergambar siswa kelas I SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Oepura 2 Kupang-NTT. Peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa melalui model induktif kata bergambar diukur menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model induktif kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.
Internalisasi Pendidikan Ekonomi pada Kelompok Petani Semangka Margo Tani: Studi Kasus Pada Kelompok Petani Semangka Ika Nur Khomariyah; Sunaryanto Sunaryanto; Cipto Wardoyo
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i9.14049

Abstract

Abstract: A qualitative descriptive study was used for the process of internalizing palawija farmers to watermelon farmers in Wotgalih village, Yosowilangun sub-district, Lumajang regency. Based on the existing phenomena, the impact arising from the internalization process can be seen from the realm of economic education, especially non-formal education. Data and data sources were collected based on observations and interviews with several informants who lived in the Wotgalih Yosowilangun area. The results of the analysis of data collected from the management and members of the Margo Tani group are twofold: first, the process of internalization of palawija farmers and watermelon farmers together through three things, namely learning while working, learning by word of mouth and learning while practicing. The difference is among the three of them on palawija farmers, that is, palawija farmers' profession is obtained from generation to generation from the family. Unlike the farming of watermelons obtained through these three things without having to pay personal expenses. Second, the Impact of Internalization of Economic Education in the "Margo Tani" Watermelon Farmer Group in the village of Wotgalih brought the price of rent and the selling price of land to rise. The income of the watermelon farmers has increased and is living a prosperous life and the local village is well-built and neat.Abstrak: Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk proses internalisasi petani palawija ke petani semangka yang ada di desa Wotgalih kecamatan Yosowilangun kabupaten Lumajang. Berdasarkan fenomena yang ada, dampak yang muncul akibat proses internalisasi dapat dilihat dari ranah pendidikan ekonomi, khususnya pendidikan non formal. Data dan sumber data dikumpulkan berdasarkan observasi dan wawancara terhadap beberapa informan yang tinggal di wilayah Wotgalih Yosowilangun. Hasil analisis data yang terkumpul dari pengurus dan anggota kelompok Margo Tani ada dua, yaitu proses internalisasi terhadap petani palawija dan petani semangka sama-sama melalui tiga hal yaitu belajar sambil bekerja, belajar dari mulut ke mulut dan belajar sambil praktik. Bedanya adalah diantara ketiganya pada petani palawija yaitu pofesi petani palawija ada yang diperoleh secara turun temurun dari pihak keluarga. Berbeda dengan bertani buah semangka yang diperoleh melalui tiga hal tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya pribadi. Kedua, Dampak Internalisasi Pendidikan Ekonomi Pada Kelompok Petani Semangka “Margo Tani” di desa Wotgalih membawa harga sewa dan nilai jual lahan tanah naik. Pendapatan masyarakat petani semangka meningkat dan hidup sejahtera dan desa setempat terbangun serta tertata rapi.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue