cover
Contact Name
Laila Meiliyandrie Indah Wardani
Contact Email
biopsikososial@mercubuana.ac.id
Phone
+626287871555035
Journal Mail Official
biopsikososial@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1 Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat Telepon : 021 – 5840816 (hunting) , Extension : 5600 Jakarta
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta
ISSN : 25990470     EISSN : 25984918     DOI : http://doi.org/10.22441/biopsikososial
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Biopsikososial is a scientific journal in the field of psychology published by the Faculty of Psychology, Universitas Mercubuana Jakarta, which aims to be a source of scientific repertoire in the field of psychology with approaches model of biology, psychology, and social aspects that are interrelated and interact with each other to enable research renewal discussions that can generate new ideas in terms of theory and application.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): Vol. 3 No. 2 Oktober 2019" : 6 Documents clear
Studi Komparatif Persepmaledan Siswa Perempuan di SMA Kota Bekasi Karisma Riskinanti; Iyam Elis Lindawati
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 3, No 2 (2019): Vol. 3 No. 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v3i2.9008

Abstract

Perbedaan pandangan tentang bullying membuat siswa berbeda-beda dalam memberikan persepsi tentang bullying. Pengalaman bullying pada siswa baik anak laki-laki maupun perempuan, serta yang dialami secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi persepsi  terhadap  perilaku  bullying.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah terdapat perbedaan persepsi bullying antara siswa laki-laki dan siswa perempuan  di SMA kota Bekasi. Penelitian  ini menggunakan  pendekatan  kuantitatif.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa dan siswi SMA di Kota Bekasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 400 siswa SMA yang duduk dikelas 1 dan kelas 2. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala persepsi perilaku bullying dengan nilai Alpha Crombach sebesar 0.868. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan persepsi pada siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMA kota Bekasi. Pada siswa perempuan memiliki persepsi bullying yang tinggi dibandingkan dengan persepsi bullying pada laki-laki. The Difference  views about bullying make students differ in providing  perceptions  about bullying. Bullying experience  male and female students, as well as those experienced directly or indirectly will affect the perception of bullying behavior. This study aims to determine whether there are differences in perceptions of bullying between male students and famale students in the Bekasi city high school. This study uses a quantitative approach. The method used in this study is comparative method. Subjects in the study were high school students in the city of Bekasi. Sampling technique in this study using cluster sampling technique. The amount of samples in this study was 400 high school students who sit in class one and grade two. Measurement used in this study was a perception scale of bullying behavior with Alpha Crombach  value of 0.868. Data analysis  techniques  in this study used ANOVA  Test. The results of this study indicate that there were differences in perceptions of male students and famale students in the Bekasi city high school. Famale students have a high perception of bullying compared to the perception of bullying for male.
Pengaruh Partisipasi Masyarakat terhadap Pembangunan Karakter Masyarakat di Kabupaten Tambrauw Papua Barat Andi Heru Susanto
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 3, No 2 (2019): Vol. 3 No. 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v3i2.8999

Abstract

In the globalization and the era of Industry 4.0, Indonesia is facing global culture and lifestyle phenomenon which will impact the social, economic and political life caused by the internet and social media. Those issues will be a serious challenge to Indonesians in the future. One effort to face the changing of people’s cultural structure is the society’s participation in formal or informal manner.Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi dan era industry 4.0 dihadapkan oleh fenomena budaya global dan haya hidup (life style) yang akan berdampak pada kehidupan social, ekonomi, dan politik yang disebabkan oleh penggunaan internet dan media social yang tidak sesuai dengan pemanfaatannya. Hal tersebut menjadi tantangan yang serius bagi bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Salah satu upaya untuk menghadapi perubahan struktur budaya di masyarakat yaitu melalui partisipasi masyarakat secara formal maupun non formal.
PERBEDAAN KOMPETENSI SOSIAL PADA REMAJA PRIA DAN REMAJA WANITA Melani Aprianti
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 3, No 2 (2019): Vol. 3 No. 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v3i2.9803

Abstract

The research was conducted aimed at finding out whether there were differences in social competence in young men and young women. The method used in this study is quantitative with the number of respondents amounting to 154 people, consisting of 74 young men and 80 young women. In this study the respondents used were psychology faculture students at the Jakarta Mercubuana University. The measuring instrument used in this study is the social competence scale based on Gresham & Elliot. And the tests carried out in this study based onIndependen Sample  T-Tes obtained sig, 0,000 or less than <0.05. Which means H1 is accepted by H0 rejected. From this explanation, it can be concluded that there is a difference between the adolescent male competency with the social competence of young women.
ESOP sebagai Bonus Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Para Karyawan Budi Kramadibrata
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 3, No 2 (2019): Vol. 3 No. 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v3i2.9000

Abstract

Terdapat silang pendapat dari para manajer dan eksekutif perusahaan baik di Indonesia maupun di Luar Negeri mengenai pemberian bonus dengan bentuk  program saham karyawan/employee stock ownership program untuk meningkatkan motivasi dan mendongkrak kinerja karyawan dengan tujuan agar memaksimalkan profit (maximizing company profit). Terlebih bagi karyawan yang sudah mendekati usia pensiun, sering terlihat bahwa mereka lebih mengutamakan kebahagian dan kesejahteraannya dan tidak terlalu mengutamakan peningkatan motivasi dan kinerja. Hal ini dikarenakan untuk mencapai kinerja yang baik, memang diperlukan kerja keras yang ekstra. Mereka sering berpikir lebih ke masa pensiunnya dimana mereka akan mendapat suatu dana pensiun. Penelitian ini mencoba menggali kondisi suatu perusahaan di Indonesia dan kemungkinan2 apa saja yang dapat  meningkatkan motivasi dan kinerja para karyawannya, baik yang masih usia produktif ataupun yang sudah mendekati usia pensiun.There is pros and cons amongst managers and executives around the world including in Indonesia regarding incentives such as ESOPs – Employee Stock Ownership Programs (as an alternative bonus) to boost employees motivation and performance which in turn to achieve company’s target of profit maximization.  Moreover to the near pension employees, often come across that they prioritizing their happiness,  well being and enjoying life without being burdened with company target which is translated to excessive work load. They tend to focus on their pension plans since they will get their pension funds which can be used for vacation or other activities and plans. This research tries to get the feel and condition of the Indonesian company and try to find out whether bonus (or other form of incentives) can boost motivation and performance of all employees (across all ages)
Hubungan antara Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa IIQ Jakarta popi avati; Karisma Riskinanti
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 3, No 2 (2019): Vol. 3 No. 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v3i2.9002

Abstract

Menghafal Al-qur’an tidak dapat disamakan dengan menghafal informasi lain pada umumnya. Penghafal Al-qur’an dituntut untuk mempertahankan Ayat-ayat yang telah mereka hafalkan. Penghafal Al-qur’an yang menggunakan strategi regulasi diri, akan mampu mempertahankan Ayat-ayat yang telah dihafalkan dan terhindar dari perilaku prokrastinasi dalam menghafal. Fokus penelitian ini adalah untuk menguji hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswi IIQ, Jakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 273 mahasiswi penghafal Al-qur’an dengan menggunakan teknik proportionate stritified random sampling. Pearson product moment digunakan untuk menguji hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan (p = 0,00 < 0,05 r = - 0,758) antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswi IIQ, Jakarta.Memorizing Al-qur’an is not as easy as memorizing common information. Hafiz (people who memorizing Al-qur’an) shall be maintaining Ayats (the verses in Al-qur’an) that were memorized by them. Hafiz who use self-regulated learning strategy will be able to maintaining the Ayats and be able to preventing the procrastination behavior. The focus of this study is to examine the relationship between self-regulated learning and academic procrastination among college student at IIQ, Jakarta. The respondents are 273 college student and who became Hafiz with proportionate stritified random sampling tecnique. Pearson product moment were used to examine the relationship among these variables. This study found that there was significantly negative relations (p = 0,00 < 0,05 r = - 0,758) between self-regulated learning and academic procrastination among college student at IIQ, Jakarta.
PENGARUH KREATIVITAS DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU Lamya Hayatina
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 3, No 2 (2019): Vol. 3 No. 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v3i2.9003

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empirik mengenai pengaruh kreativitas dan kedisiplinan terhadap kinerja guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru SMK Manba’ul ‘Ulum Cirebon. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 109 responden guru SMK Manba’ul Ulum Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap kinerja guru SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,708, dan koefisien determinasi (R2) 50,1 %. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 18.981 + 0,791X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,791. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap kinerja guru di SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini (r)  sebesar 0,855. dan koefisien determinasi (R2) 73,2%. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 10.457 + 0,893X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kedisiplinan akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,893. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini (r)  sebesar 0,875. dan koefisien determinasi (R2) 76,6 %. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan persamaan regresi Ŷ = 3.633 + 0,278X1+0,720X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas (X1) dan kedisiplinan (X2) secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru (Y) sebesar 0,998.

Page 1 of 1 | Total Record : 6