Guru sudah memberikan segala macam cara pada peserta didiknya mencontohkan perilaku-perilaku yang baik seperti disiplin masuk sekolah, berpakaian rapi, rambut rapi, tetapi pada kenyataan masih banyak peserta didik yang belum meneladaninya. Meski siswa yang belum berlaku disiplin di sekolah, masih dijumpai siswa yang berpakaian tidak rapi dan lain-lainnya. Keteladanan guru sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan pribadi peserta didik. Hal ini dapat dimaklumi karena manusia merupakan makhluk yang suka mencontoh, termasuk peserta didik mencontoh pribadi gurunya dalam proses pembentukan pribadinya. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk mengetahui hubungan keteladanan guru terhadap akhlak siswa. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Penelitian mengambil latar MTs Ar-Rofiqy Kabupaten Bogor, penelitian dilaksanakan pada kelas VIII, dengan populasi 188 siswa dan yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap: Mencari frekuensi, Mencari angka dengan rumus Korelasi Product Moment, Mencari besarnya sumbangan (kontribusi) variabel X terhadap Y, dan Uji Signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Keteladanan Guru terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Ar-Rofiqy Kabupaten Bogor. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan koefisien kolerasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019