PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 3 Nomor 1 April 2019

Pembelajaran Keterampilan Sosial Bagi Remaja Autis

Swandari, Dian Ngesti (Unknown)
Mumpuniarti, Mumpuniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2019

Abstract

AbstrakKeterampilan sosial bagi remaja autis diperlukan pembiasaan, agar mereka lebih mampu beradaptasi di masyarakat. Saat remaja adalah saat perkembangan remaja untuk belajar bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat dan mampu menjunjung nilai-nilai masyarakat dalam bertingkah laku di mana hal ini merupakan salah satu tugas perkembangan remaja. Hubungan dengan orang lain dalam masyarakat  diatur dalam suatu tata cara atau kebiasaan baik yang dirangkum dalam suatu tata krama. Dalam pembelajaran  itu perlu pendampingan agar perkembangannya menuju ke arah adaptif. Tujuan penelitian untuk memperoleh performance perilaku sosial melalui pembelajaran keterampilan sosial dengan cara modeling di mana orang tua akan menjadi model dalam menyampaikan materi tata krama.  Melalui cara modeling maka remaja autis akan dapat melihat, mengingat dan menirukan setiap perilaku yang diperagakan oleh orang tua. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan dengan cara merencanakan tindakan, implementasi tindakan dan refleksi tindakan. Hasil penelitian bahwa performance perilaku sosial remaja autis telah sampai pada taraf menirukan perilaku yang dicontohkan oleh orang tua dan melaksanakan dengan pendampingan orang tua. Kata kunci :  modeling, peran orang tua, remaja autis, tata krama

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...