Speed : Journal of Special Education
Vol 1 No 2 (2018): SPEED: Journal of Special Education

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI MENGGOSOK GIGI MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III DI SDLB ABCD PGRI KALIPURO BANYUWANGI

Dyah Ayu Yatmi Utami Wardani (IKIP PGRI JEMBER)
Lailil Aflakhul Yaum (IKIP PGRI JEMBER)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi melalui permainan puzzle pada anak tunagrahita sedang kelas III di SDLB ABCD PGRI Kalipuro Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis3 dengan menggunakan 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes dan dokumentasi. Analisa data dilakukan untuk mendeskripsikan perubahan pemberian tindakan melalui permaian puzzle dalam meningkatkan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi pada siswa tuna grahita sedang kelas III. Hasil penelitian tiap sikus mengalami peningkatan. eningkatan dari siklus I ke siklus II rata – rata 45 %, peningkatan siklus I ke siklus III rata – rata 97,2 % dan peningkatan siklus II ke III rata – rata 19,73 %. Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi pada siswa tuna grahita sedang kelas III yang ditunjukkan dari hasil penelitian yaitu siklus II > siklus I. Dan setelah diberi program pengayaan pada siklus III didapatkan peningkatan signifikan siklus III > Siklus II > siklus I.Terdapat peningkatan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi siswa tuna grahita sedang melalui permaian puzzle. Pembelajaran program pengembangan diri lebih mudah dan menyenangkan melalui permainan. Kemampuan pengembangan diri menggosok gigi pada siswa kelas III SDLB ABCD PGRI Kalipuro mengalami peningkatan melalui pemberian permainan puzzle sebagai media pembelajaran program pengembangan diri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...