Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
Vol 2 No 2 (2013)

PENANGANAN PENYANDANG CACAT MELALUI PELATIHAN MENJAHIT DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SEMARANG

Sholikhah, Khimayatus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2013

Abstract

Upaya masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan sosial penyandang cacat salah satunya yaitu penanganan penyandang cacat di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Semarang. Tujuan penelitian mengetahui penanganan dan proses pembelajaran pada pelatihan menjahit bagi penyandang cacat di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah ketua yayasan, pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik pada pelatihan menjahit. Keabsahan data dilakukan dengan tehnik triangulasi sumber. Analisis data diperoleh melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan penyandang cacat di YPAC Semarang meliputi: rehabilitasi medis, pendidikan, sosial, dan vokasional. Tujuan pembelajaran pelatihan menjahit di YPAC Semarang adalah peserta didik dapat terampil dalam menjahit. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama 3 tahun. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum lokal. Materi yang diberikan yaitu materi menjahit tingkat dasar dan terampil. Media yang digunakan meliputi: buku ajar, majalah mode, white board, peralatan dan bahan menjahit. Metode yang digunakan yaitu demonstrasi dan diskusi. Pendekatan pembelajarannya menggunakan pendekatan partisipatif. Evaluasi dilakukan melalui unjuk kerja dan ujian praktik. Kendala yang dihadapi yaitu adanya peserta didik yang malas dan cepat bosan. Cara mengatasi kendala yaitu pendidik selalu memotivasi dan mendampingi peserta didik.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jnfc

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the ...