Di Indonesia masih banyak anak jalanan yang telah mengikuti pendampingan, tetapi tetap kembali ke jalanan. Menurut Wahyuni (2009:174) “pendampingan anak jalanan akan memperoleh keberhasilan apabila mampu mengubah dan menyentuh mindset anak jalanan disamping mementingkan hal yang bersifat hard skill”. Sehingga konsekuensi pendampingan yang ideal harus memiliki konsep perubahan mindset atau pembelajaran transformatif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk buku panduan pembelajaran yang didalamnya memuat model solusi dan panduan pelaksanaan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran transformatif program pendampingan anak jalanan. Metode penelitian ini didesain sebagai penelitian pengembangan, melalui penelitian pendahuluan awal. Validasi produk berdasarkan ahli bidang pendidikan luar sekolah, ahli media pembelajaran, dan pengguna lapangan. Hasil pengembangan produk adalah sebuah buku panduan yang didalamnya memuat model dan panduan pelaksanaan pembelajaran. Pada bab 1, 2, dan 3 berisi model pembelajaran berdasarkan permasalahan yang dianalisis. Pada bab 4 berisi langkah-langkah yang bisa dilaksanakan langsung di lapangan. Analisis terhadap hasil penilaian ahli bidang PLS dan ahli media pembelajaran mengkualifikasikan bahwa buku panduan cukup valid. Tanggapan dari 10 pengguna terbatas dan 20 pengguna luas menyatakan bahwa buku panduan ini memiliki intrepretasi layak digunakan. Penelitian pengembangan ini sementara hanya sampai pada tahap pengujian kelayakan, sehingga disarankan untuk dilakukan penelitian efektivitas produk.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016