IMANENSI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Islam
Vol 2 No 1 (2014): Imanensi : Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam

MEMAKNAI MANAJEMEN BISNIS ISLAMI SEBAGAI KEHIDUPAN YANG MENGHIDUPI

Amelia Indah Kusdewanti (Universitas Brawijaya)
Rina Hendrawaty (Universitas Wisnuwardhana)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaknai manajemen bisnis Islami yang dijalankan oleh penjual bubur sehingga menghasilkan bisnis yang bukan hanya sebagai kegiatan yang bersifat self interest akan tetapi bisnis sebagai kehidupan yang menghidupi, dan juga memberikan gambaran lingkungan bisnis yang holistik dengan mengintegrasikan unsur spiritual religi-sosial ke dalam bisnis. Penelitian ini menggunakan fenomenologi yang diekstensikan dengan konsep Tauhid Al-Faruqi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen bisnis Islami mendasarkan kegiatannya pada ketaatan, istiqomah, keikhlasan yang disandarkan pada Allah SWT sehingga memunculkan manajemen bisnis Lillahi Ta’ala dengan Tauhid sebagai landasan utamanya, hal ini membuka jalan pembebasan ekonomi Islam yang masih terkurung dalam bayang-bayang ekonomi kapitalis.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal IMANENSI sangat menghargai pikiran-pikiran baru, inovatif, kritis dan menantang utuk memicu lahirnya konsep dan praktik ekonomi yang Islami sesuai maqashid syariah (tujuan syariah) untuk kemaslahatan/kesejahteraan umat serta kemajuan peradaban yang lebih baik. Tujuan dari jurnal IMANENSI ini ...