Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

EFEKTIFITAS PEMBERIAN TUGAS BELAJAR MANDIRI MATA KULIAH KELISTRIKAN OTOMOTIF MELALUI BLOG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Dwi Jatmoko (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2018

Abstract

Tingkat efektivitas penggunaan blog dalam mata kuliah kelistrikan otomotif pada mahasiswa semester IV di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UM Purworejo yang diwujudkan dalam empat aspek yaitu, bagaimana pembuatan blog, bagaimana prosedur tugas mandiri, bagaimana waktu pelaksanaan tugas mandiri, dan bagaimana hasil belajar mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UM Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan blog adalah tinggi (efektif) dengan diperoleh mean sebesar 7,98; penggunaan Waktu menggunakan blog adalah tinggi (efektif) dengan diperoleh mean sebesar 3,27; hasil belajar adalah cukup tinggi (cukup efektif) dengan diperoleh mean sebesar 83,27 sedangkan hasil belajar sistem kelistrikan adalah rendah (kurang efektif) dengan diperoleh mean sebesar 77,5; penggunaan media blogeradalah efektif dengan rata-rata seluruh indikator efektivitas penggunaan blog sebesar 108,37.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...