Perkembangan literasi pada anak berkaitan erat dengan kemampuan membaca dan menulis pada anak.Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya praktek pembelajaran literasi atau pembelajaran membaca danmenulis di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang konvensional. Pembelajaran membaca dan menulis dudukrapi di atas meja seperti praktek literasi di SD, SLTP dan SMU yang seharusnya pembelajaran membaca danmenulis pada anak usia dini dilakukan dengan bermain. Prinsip belajar seraya bermain atau bermain serayabelajar tidak boleh hilang pada pembelajaran di PAUD, khususnya pada pembelajaran literasi. Penelitian inimenggunakan penelitian kualitatif yang bersifat pospositivistik. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiridengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara secara mendalam, studi dokumentasi dan triangulasi.Penelitian ini meliputi program pengembangan kemampuan literasi, hambatan yang dihadapi guru dalammelaksanakan program dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Sumber data penelitian dipilih secarapurposive. Data penelitian melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis datamenggunakan thematic analysis yaitu mencari tema-tema yang muncul dalam data penelitian. Hasil penelitianmenunjukan : (1) program pengembangan kemampuan literasi anak meliputi perencanaan programpengembangan kemampuan literasi, proses pelaksanaan program, penggunaan bahan ajar, media pembelajarandan fasilitas pendukung program, (2) hambatan yang dihadapi guru meliputi hambatan dalam perencanaan danhambatan dalam pelaksanaan, (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ada. Secara garis besarhasil penelitian menunjukan program pengembangan kemampan literasi di TK Negeri Centeh dilakukan denganbaik yaitu belajar membaca menulis atau mengenal huruf dan kata dengan bermain seperti bermain kartu,bermain arisan, bermain sedotan, bermain kubus, bermain kotak rahasia, berburu kata dan menempel huruf.Tidak ada hambatan yang berarti dalam perencanaan ataupun pelaksanaan program ini karena ada upaya untukmengatasi hambatan yang ada.
Copyrights © 2017