Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SD, SMP, SMA, MTs, MA di Desa Semuntul, Rantau Bayur, Banyu Asin menulis artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah sebelum dan sesudah pelatihan diadakan tes awal dan tes akhir.Rata-rata hasil tes awal adalah 5.4  sementara rata-rata tes akhir yaitu 7.6 Hal ini menunjukkan bahwa secara kuantitatif terdapat peningkatan kemampuan guru-guru dalam hal menulis artikel ilmiah  sebesar 2.2. Hasil analisis secara kualitatif juga menunjukan bahwa guru-guru sudah menunjukan kemampuan menulis artikel ilmiah terutama menulis latar belakang walaupun mereka masih lemah pada bagian pembahasan.Hal ini terbukti dari hasil artikel ilmiah yang ditulis sebagai produk dari pelatihan ini.Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah guru-guru SD, SMP, SMA, MTs, MA di Desa Semuntul, Rantau Bayur, Banyu Asin. Dengan demikian, model pelatihan ini dapat digunakan sebagai sarana bagi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016