Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran probing prompting berbantuan media audio visual pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan aktivitas siswa, (2) meningkatkan hasil belajar siswa mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan serta (3) mengetahui respon siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah 36 orang. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa meningkat dari 41,21 (cukup aktif) pada siklus I menjadi 52,53 (aktif) pada siklus II, (2) terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan jumlah berturut-turut sebesar 52,78%, 13,57 (cukup baik) dan 16,64 (cukup terampil) pada siklus I menjadi 88,89%, 16,24 (baik) dan 19,31 (terampil) pada siklus II dan (3) siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan media audio visual pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017