JOURNAL OF CHEMISTRY AND EDUCATION (JCAE)
Vol 1 No 2 (2017): JCAE EDISI DESEMBER 2017

PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING DAN STRATEGI EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA

Devi Paramita (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Yudha Irhasyuarna (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Arif Sholahuddin (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan strategi blended learning dengan strategi ekspositori serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran edmodo. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Martapura yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian didapatkan setelah memberikan perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol serta pengisian angket respon, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisa data menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan strategi ekspositori dan kelas eksperimen yang menggunakan strategi blended learning. Kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. 2) Peserta didik memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran blended learning yang menggunakan media pembelajaran edmodo.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jcae

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil penelitian tentang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kimia serta penelitian kimia yang meliputi kimia analitik, kimia organik, biokimia, kimia anorganik serta kimia ...