Penelitian ini berdasarkan permasalahan kurangnya potensi masyarakat dalam penguasaan teknologi. Upaya pemberdayaan yang dilakukan melalui pelaksanaan pelatihan komputer gratis. Tujuan penelitian mengetahui pelaksanaan pelatihan komputer gratis dan faktor pendukung maupun penghambat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles-Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pelatihan komputer gratis di Kampoeng Pintar sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dengan menyediakan program pelatihan komputer gratis yang dapat diikuti oleh semua masyarakat. Tutor merupakan peserta didik yang telah selesai mengikuti pelatihan komputer. Interaksi dalam pelatihan cukup baik. Materi yang diberikan sesuai dengan kurikulum SKKNI (Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah dan praktek. Faktor pendukung adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya teknologi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya fasilitas atau sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pelatihan komputer gratis dan sikap masyarakat yang masih tradisional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018