Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran kader dalam layanan BKB. 2) faktor pendukung dalam layanan BKB. 3) faktor penghambat dalam layanan BKB dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kader, peserta, ketua BKB, PLKB, kepala kelurahan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan metode. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) peran kader dalam layanan BKB meliputi penanaman nilai-nilai BKB pada peserta dan keberhasilan dalam pelaksanaan BKB baik administrasi ataupun pelaksanaannya; 2) faktor pendukung dalam layanan BKB yaitu sarana dan prasarana, dukungan/kerjasama dari BAPERMAS KB dan PP, anak dan ketersedian peserta, serta kesiapan kader; 3) faktor penghambat dalam layanan BKB yaitu partisipasi kader, partisipasi peserta, waktu pelaksanaan kegiatan, dan anggaran.
Copyrights © 2019